27 Tips dan Trik iOS 11 Agar Mudah Dikendalikan [Lengkap]

Tips dan Trik iOS 11 -- Sistem operasi mobile Apple iOS 11 memperkenalkan puluhan fitur baru dengan pilihan yang jauh lebih sesuai untuk menyesuaikan pengalaman dengan kebutuhan Anda. Tapi mengupdate ke versi baru bisa jadi kegelisahan. Admin di sini akan menjelaskan mengenai cara membuat penyesuaian lebih mudah dengan beberapa tips dan trik iOS 11 yang berguna.


Tips dan Trik iOS 11

Silahkan simak ulasan admin berikut ini mengenai cara menggunakan iOS 11 agar lebih mudah diakses. Baca satu demi satu ulasan dan review iOS 11 yang sangat istimewa ini. Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

iOS 11 Tips dan Trik: Maksimalkan Semua Fitur Baru iOS 11

Berikut ini adalah daftar cara untuk memaksimalkan semua fitur baru di iOS 11. Anda bisa menyimak satu demi satu dan bahkan Anda bisa langsung mempraktekkannya.

Hemat Ruang Penyimpanan dengan Format Kamera Baru

Untuk menghemat penyimpanan, Anda dapat menyimpan foto Anda di bawah HEIF (High Efficiency Image Format) dan HEVC (High Efficiency Video Coding) dengan membuka Pengaturan> Kamera> Format dan periksa High Efficiency. Untuk foto, HEIF menawarkan dua kali kompresi keefektifan JPEG dan masih bisa dibagi. Untuk video, rekaman Anda akan menggunakan HEVC untuk video 4K resolusi tinggi yang dipotret iPhone. Di bawah kedua format tersebut, Anda dapat membebaskan penyimpanan tanpa mengorbankan kualitas foto dan video Anda. Gambar Anda secara otomatis disimpan sebagai HEIC dan film sebagai file HEVC .mov. Tetapi jika Anda memilih untuk tetap menggunakan pilihan format kamera Paling Kompatibel, gambar Anda akan disimpan sebagai file JPG dan film sebagai file h.264 .mov.

Menggunakan Apple Pay Cash Card

Dengan Apple Pay Cash Card, Anda dapat mengirim transaksi antara Anda dan keluarga atau teman melalui iMessage. Fitur ini dapat dibuka di dalam jendela iMessage secara manual melalui App Drawer, namun juga akan muncul melalui saran QuickType berdasarkan konteks percakapan. Dengan mengetuk ikon Apple Pay, Anda dapat mengatur jumlah dolar yang Anda minta atau bayar. Setelah menyetujuinya dengan Touch ID, atau Face ID saat Anda mendapatkan iPhone X, uang tiba di kartu tunai Anda langsung di aplikasi Wallet. Fitur ini saat ini tidak tersedia di iOS 11, namun akan dirilis di update musim panas nanti.

Cara Menggunakan Aplikasi File

Dengan aplikasi File, Anda memiliki satu lokasi untuk menjelajah, mengatur, dan mencari file yang tersimpan di iCloud Drive, iPad, Mac, dan cloud service pihak ketiga seperti Google Drive. Antarmuka menyerupai Finder di Mac, dan memungkinkan Anda mengatur file Anda di berbagai folder dan subfolder agar mudah diakses di perangkat Apple Anda. Di aplikasi, Anda memiliki pilihan untuk membuat folder, memberi nama, dan kemudian menambahkan apapun yang Anda inginkan dari dokumen ke foto. Anda juga dapat mengurutkannya menurut nama, tanggal, ukuran, dan tag untuk organisasi tambahan. Fitur lainnya termasuk menandai dan berbagi PDF atau gambar yang tersimpan dalam folder.

Cara Mengakses Notifikasi

Di iOS 11, pusat notifikasi dan layar kunci telah menyatu. Anda harus menggesek layar pemberitahuan lain setelah membuka kunci ponsel Anda, cukup gesek ke bawah untuk menampilkan layar kunci Anda, dan semua notifikasi Anda akan terlihat terpisah setiap hari. Anda dapat menghapus atau melihatnya dengan menggesekkan notifikasi ke kiri, dan Anda juga dapat membuka masing-masing dengan menggesek sepenuhnya ke kanan. Mengetuk dan menahan melalui Touch 3D akan membiarkan Anda berinteraksi dengan notifikasi, seperti mengirim balasan ke iMessage. Di pusat notifikasi baru ini, Anda dapat mengakses kamera dengan menggesek ke kiri, dan tampilan Today dengan menggesek ke kanan (seperti layar kunci).

Cara Mengetik Ke Siri

Dengan iOS 11, Anda sekarang dapat mengetikkan pertanyaan atau perintah Anda ke Siri. Buka Pengaturan> Umum> Aksesibilitas> Siri dan toggle on Type to Siri. Setelah mengetuk Selesai, Siri akan menarik hasilnya untuk Anda secara otomatis. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan suara dengan "Control With Ring Switch" yang akan memberi sinyal bagi Siri untuk menampilkan teks namun tidak dapat berbicara bila pendengaran Anda tidak aktif - namun tetap terdengar bunyi bip saat dihubungi.

Cara Menyesuaikan Control Center di iOS 11

Control Center di iOS 11 telah didesain ulang sepenuhnya dan sekarang lebih dapat disesuaikan. Untuk menyesuaikan Control Center, masuk ke Settings> Control Center> Customize Controls. Ketuk tanda tambah di bagian "More Control" untuk menambahkan item yang ingin Anda sertakan. Anda juga dapat mengatur ulang pesanan yang muncul dengan menekan simbol di sebelah kanan dan menyeret kontrol ke tempat yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan sentuhan 3D untuk mengatur kontrol seperti suara, kecerahan, dan senter.

Cara Mudah Mengaktifkan Low Power Mode di iOS 11

Modus daya rendah bukanlah hal yang baru untuk iOS 11 - keduanya tidak memiliki baterai rendah - namun di masa lalu, menyalakannya mengharuskan Anda untuk pergi ke Setelan dan mengetuk tab Low Power Mode. Sekarang, Anda dapat menambahkannya ke Control Center yang disesuaikan dan dengan mudah menyalakan atau mematikannya dengan mengetuk ikon baterai rendah.

Cara Merekam Layar iOS 11

Di masa lalu, aktivitas perekaman layar di iPhone Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga. Sekarang, Anda bisa menyaring catatan langsung melalui fitur built-in. Anda harus menambahkannya ke Control Center dengan membuka Settings> Control Center> Customize Controls. Setelah ditambahkan, tarik Control Center dan ketuk ikon rekam layar yang akan berubah menjadi merah untuk menunjukkan situasinya - Anda juga akan melihat spanduk biru saat Anda keluar dari Control Center dan mulai menggunakan ponsel Anda untuk memberi isyarat bahwa rekaman sudah dimulai. Untuk merekam audio juga, ikon rekam akan memberi Anda pilihan melalui sentuhan 3D untuk menghidupkan mikrofon. Setelah selesai, Anda dapat menekan spanduk atau ikon di Control Center untuk berhenti merekam. Video secara otomatis akan disimpan ke Camera Roll Anda.

Cara Scan Document di iOS 11

Aplikasi Note di iOS 11 sekarang memiliki fitur untuk memindai dokumen Anda. Untuk memindai dokumen, klik tanda tambah di bagian bawah layar dan tekan "Scan Documents." Kamera akan mengambil foto dokumen dan menambahkannya ke catatan Anda. Anda juga bisa mengedit skema warna dengan opsi seperti hitam putih, warna, dan grayscale. Baca juga: Cara Download Aplikasi Vidmate Versi Lama.

Cara Mengaktifkan Do Not Disturb While Driving di iOS 11

Dalam upaya untuk mengurangi kecelakaan mobil yang disebabkan oleh pengemudi yang terganggu dan meningkatkan keamanan di jalan, "do not disturb while driving" akan muncul begitu iPhone merasakan percepatan kendaraan. Ini akan menonaktifkan semua pesan teks, panggilan telepon, dan pemberitahuan, dan ada pilihan untuk merespons pesan teks dengan balasan otomatis yang memberi tahu teman dan keluarga bahwa Anda saat ini berada di belakang kemudi. Anda dapat beralih antara mengubahnya secara manual - yang juga dapat ditambahkan ke Control Center agar mudah diakses - atau secara otomatis saat terhubung ke Bluetooth di mobil Anda. Jika Anda ingin membuka kunci perangkat saat mengemudi, Anda harus menekan opsi yang bertuliskan "I'm Not Driving" untuk mendapatkan akses ke telepon Anda.

Cara Menjawab Panggilan Otomatis di iOS 11

Di bawah Aksesibilitas> Call Audio Routing, Anda dapat memilih "Auto-Answer Calls" untuk menjawab panggilan telepon secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Setelah menyalakan fitur ini, Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah waktu yang ingin Anda lewati sebelum panggilan dijawab.

Cara Mengaktifkan Persistent Banners di iOS 11

Tidak seperti pemberitahuan banner sementara yang hilang secara otomatis, sekarang Anda memiliki pilihan untuk memasang spanduk yang persisten. Pemberitahuan akan tetap berada di bagian atas layar sampai Anda siap untuk sampai ke sana, atau Anda dapat menggeseknya untuk mengabaikannya. Namun, itu akan hilang jika Anda keluar dari aplikasi, tekan tombol home, atau aktifkan Siri. Untuk mengubah pengaturan banner Anda, buka Settings> Notifications> Messages, toggle on Show sebagai Banner dan tekan Persistent.

Cara Edit dan Menyimpan Foto Hasil Screenshot di iOS 11

Setelah mengambil tangkapan layar, Anda akan melihatnya muncul sebagai thumbnail di pojok kiri bawah layar Anda. Mengetuk foto membawa Anda ke menu pilihan untuk dibagikan melalui pesan teks, email, atau media sosial. Anda juga bisa menandai screenshot dengan berbagai macam alat pewarnaan yang berbeda. Mereka tidak akan lagi menyimpan secara otomatis ke gulungan kamera Anda, namun mengklik thumbnail memberi Anda pilihan untuk menyimpan tangkapan layar atau menghapusnya. Jika Anda tidak menyentuh thumbnail, foto akan tersimpan secara otomatis ke album foto Anda.

Cara Menghapus atau Mematikan Offload Apps di iOS 11

Fitur Offload menghapus aplikasi yang hampir tidak Anda gunakan saat penyimpanan rendah, namun tetap menyimpan semua data dan dokumen pada perangkat Anda. Anda akan melihat aplikasi yang dihapus sebagai ikon abu-abu di layar awal, dan Anda dapat memasangnya kembali dengan hanya mengetuk ikonnya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini sehingga bisa berfungsi secara otomatis di latar belakang dengan membuka Pengaturan> Umum> iTunes & App Store dan mengaktifkan Offload Unused Apps, atau memilih untuk menggunakannya pada aplikasi individual.

Cara Zoom In dan Zoom Out Maps dengan Satu Tangan di iOS 11

Tidak hanya menggunakan dua jari, kini Anda dapat memperbesar dengan mengetuk dua kali dan menekan aplikasi Apple Maps. Jika Anda memegang perangkat dengan satu tangan, gunakan jempol Anda untuk meluncur ke atas atau ke bawah di layar yang akan memperkecil tampilan Anda di peta. Aplikasi ini juga mencakup peta dalam ruangan untuk tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan atau bandara, dan untuk di luar rumah Anda sekarang akan memiliki panduan jalur untuk menunjukkan jalur mana yang seharusnya Anda masuk saat mengemudi - yang membantu Anda menghindari kehilangan jalan keluar Anda.

Cara Membersihkan Penyimpanan

Jika Anda ingin membersihkan penyimpanan Anda untuk memberi ruang bagi lebih banyak data, Penyimpanan iPhone yang dicapai melalui Setelan> Umum> Penyimpanan iPhone - memberi Anda rekomendasi untuk menyingkirkan hal-hal seperti foto yang baru dihapus atau percakapan teks lama Anda. Untuk teks, Anda juga dapat mengaktifkan penghapusan otomatis untuk menghapus pesan dan lampiran yang dikirim dan diterima lebih dari satu tahun yang lalu.

Cara Menyalakan Emergency SOS di iOS 11

Meskipun Emergency SOS sudah diaktifkan pada iPhone Anda, Anda juga dapat mengaktifkan fitur "Auto Call". Ini akan memanggil layanan darurat saat Anda menekan tombol daya dengan cepat lima kali. Ini juga akan menonaktifkan Touch ID sementara sampai Anda memasukkan kode akses. Ini tidak akan segera segera diputar, namun memberi Anda pilihan untuk dihubungi. Anda dapat menemukannya di bawah pengaturan Anda saat mengetuk tab Emergency SOS.

Cara Mematikan Perangkat Tanpa Tombol Power di iOS 11

Tidak hanya menahan tombol daya untuk mematikan perangkat Anda, buka Settings> General> Shut Down juga akan mematikan perangkat. Anda akan diminta untuk menekan "Slide to power off" dan perangkat Anda akan mati. Jika tombol daya Anda rusak, Anda dapat menghidupkan kembali perangkat ini dengan menghubungkannya ke komputer atau pengisi daya menggunakan kabel Lightning.

Cara Membuat PDF di Safari

Saat menggunakan browser web Safari, ketuk ikon share di bagian bawah layar Anda dan pilih opsi "Markup as PDF". Anda dapat menambahkan anotasi ke PDF dan mengirimkannya melalui email dan teks, atau menyimpannya ke Drive iCloud Anda.

Cara Mengganti Track Musik dengan Air Pods

Dengan iOS 11, Anda dapat melompat ke trek berikutnya dengan mengetuk dua kali pada earpiece AirPod dan ketuk dua kali pada yang lain untuk kembali ke trek sebelumnya. Anda bahkan dapat menyesuaikan earpiece yang sesuai dengan trek berikutnya atau sebelumnya. Buka Pengaturan> Bluetooth, ketuk AirPods Anda dari daftar perangkat, dan toggle on pada "Automatic Ear Detection."

Cara Mengaktifkan Keyboard Satu Tangan di iOS 11

Ini adalah salah satu tips dan trik iOS 11 yang paling penting jika Anda mulai mengetik satu tangan. Jika Anda ingin mengetik menggunakan satu tangan, iOS 11 memungkinkan Anda beralih di antara mode keyboard. Beralih ke keyboard satu tangan dengan menekan ikon globe atau emoji dan pilih keyboard tangan kanan atau kiri dari menu. Ini akan menggores keyboard ke satu sisi layar, sehingga memudahkan untuk mencapai semua tombol saat mengetik.

Cara Tap dan Drag Aplikasi di Home Screen iOS 11

Dengan App Store yang baru saja dirancang ulang di iOS 11, Anda mungkin mendapati diri Anda mendownload lebih banyak aplikasi daripada yang bisa dilacak di layar utama. Anda dapat memindahkan beberapa aplikasi sekaligus dengan menekan satu aplikasi dan mengetuk aplikasi tambahan yang ingin Anda pindahkan untuk membuat tumpukan. Anda dapat memindahkannya dengan bebas ke layar utama atau menambahkannya ke folder.

Cara Menggunakan Fitur Live Photo Terbaru di iOS 11

Fitur baru untuk Live Photos termasuk Loop, yang berulang kali memutar Live Photo; Bounce, yang mengambil start terbaik dan poin akhir untuk memainkan Live Photo maju dan sebaliknya; dan Long Exposure, yang memadukan semua frame Live Photo bersama-sama. Ketiga fitur ini dapat diakses dengan menggesekkan Live Photo, dan menemukan efek kamera di galeri ponsel Anda. Anda juga dapat mengubah foto default Live Photo saat dalam mode edit dengan menggulir melalui bingkai. Setelah memilih frame yang tepat yang ingin Anda gunakan sebagai foto preview, klik Make Key Photo.

Cara Berpindah Antar Filter Kamera di iOS 11

Selain bisa merubah tata letak grid yang menutupi keseluruhan layar, filter kamera dalam format tampilan slider sekarang, memungkinkan Anda beralih di antara keduanya saat masih dalam mode kamera biasa.

Cara Scan QR Code di iOS 11

Fitur ini sudah diaktifkan setelah mendownload iOS 11, namun Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya dengan membuka Pengaturan> Kamera. Anda dapat terhubung ke Wi-Fi dengan memindai kode QR pada router, menggunakannya untuk menambahkan kontak, memperluas iklan, dan banyak lagi.

Cara Menyembunyikan Foto di iOS 11

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menyembunyikan foto di iPhone atau iPad Anda, Anda akan senang mengetahui bahwa pilihannya masih ada di iOS 11. Jika ada foto yang tidak Anda inginkan untuk dilihat orang di perangkat Anda, Anda dapat pilih opsi "Hide" untuk memindahkannya dari gulungan kamera ke album baru berjudul "Hidden." Begitu berada di album ini, Anda tidak akan melihatnya lagi di gulungan kamera biasa Anda.

Cara Menggunakan Smart Invert di iOS 11

Tidak ada fitur "Dark Mode" yang sebenarnya, namun iOS 11 memiliki opsi "Smart Invert". Anda dapat mengaksesnya dengan membuka Pengaturan> Umum> Aksesibilitas> Tampilan Akomodasi> Balikkan Warna dan Toggling pada "Smart Invert." Ini akan membalikkan warna kecuali pada gambar, media, dan beberapa aplikasi yang sudah menggunakan warna gelap.

Bagi pengguna iPad, iOS 11 mengemas fitur baru seperti multitasking bersamaan dengan drag and drop.

Sekian penjelasan mengenai tips dan trik iOS 11 agar mudah dikendalikan. Semoga saja Anda kian mahir dalam memaksimalkan iOS 11 Anda. Baca juga: Perbandingan Fitur Terbaik iPhone X dengan Galaxy Note 8.