11 Fitur Baru iOS 11 Yang Patut Dicoba

Fitur Baru iOS 11, Fitur Terbaru iOS 11 -- Minggu ini menandai kedatangan resmi iOS 11, dan sistem operasi terbaru Apple menawarkan beberapa tips dan trik iOS 11 yang harus Anda coba. Berikut adalah beberapa fitur baru iOS 11 yang terbaik yang bisa Anda maksimalkan.

11 Fitur Baru iOS 11

Untuk memulai, apakah Anda sudah memiliki iPhone 8 atau iPhone X terbaru, atau cukup instal perangkat lunak baru saat perangkat meminta Anda melakukannya. Selain model iPhone yang baru saja diumumkan, banyak ponsel dan tablet lawas akan dapat men-download iOS 11. Jika perangkat Anda saat ini menjalankan iOS 10 misalnya Anda memiliki iPhone 5s atau yang lebih baru, iPad generasi ke 5 atau yang lebih baru Kemudian, iPad mini 2 atau yang lebih baru, atau iPod Touch generasi keenam atau yang lebih baru. Anda dapat menginstal sistem operasi yang baru, yaitu iOS 11. Namun, jika Anda memiliki iPhone 5, iPhone 5c, atau iPad generasi keempat 2012, Anda kurang beruntung; perangkat tersebut tidak memenuhi syarat untuk upgrade iOS 11. Baca juga: Persamaan dan Perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus.

Daftar Fitur Terbaru iOS 11 di iPhone 8 dan iPhone X

Berikut adalah daftar 11 Fitur terbaru dari iOS 11 yang bisa Anda maksimalkan agar iPhone, iPad dan iPod Touch Anda bisa bekerja dengan mulus tanpa gangguan. Ingat, setiap update sistem operasi terbaru tentu akan memberikan sedikit penyesuaian terhadap kinerja perangkat. Misalnya saja, masalah baterai yang cepat habis di iOS 11 ataupun masalah lainnya. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba daftar fitur baru iOS 11 berikut ini.

Sesuaikan Control Center

Gesek ke atas dari bagian bawah layar dan Anda akan melihat bahwa Control Center memiliki tampilan bersih dan baru. Untuk mengonfigurasi opsi mana yang muncul di panel ini, buka Pengaturan lalu Control Center. Di sini, Anda bisa menentukan tombol mana yang harus disembunyikan dan mana yang ingin Anda lihat. Di antara paket tersebut, Anda akan melihat beberapa tombol baru, termasuk opsi untuk Screen Recording. Fitur ini memungkinkan Anda merekam aktivitas di telepon Anda sebagai video yang memungkinkan Anda memecahkan masalah, merekam tutorial, atau mempertahankan kemenangan dalam game Anda dan menyimpannya ke perangkat Anda.

Lakukan lebih banyak dengan Live Photos

Pada tahun 2015, iOS 9 memberi fitur Live Photos, klip animasi yang dibentuk dengan merekam cuplikan singkat video sebelum dan sesudah mengambil foto. iOS 11 mengambil fitur ini dan memungkinkan Anda menyesuaikannya. Buka Live Photos di aplikasi Foto, gesek ke atas, dan Anda akan melihat opsi pengeditan baru: Terapkan Loop untuk membuat klip berulang-ulang kali, Bounce untuk membuatnya diputar maju dan mundur dan maju lagi, dan Long Exposure untuk memampatkannya menjadi bingkai tunggal, menciptakan efek dari paparan yang panjang. Pilihan pemrosesan video ini mirip dengan yang ada di Instagram, namun Anda bisa mendapatkannya tanpa harus mengeposkan konten Anda ke media sosial.


Berkendara dengan Aman

Mode Do Not Disturb While Driving di iOS telah ada untuk sementara waktu. Sekarang, iOS 11 akan otomatis menerapkannya saat Anda berada di mobil Anda. Ini berarti, ketika Anda berada di kemudi, telepon Anda akan membungkam pemberitahuan dan merespons teks atas nama Anda sehingga Anda dapat berkonsentrasi di jalan. Untuk mencobanya, masuklah ke mobil dan mulailah bergerak. Jika Anda ingin mengaktifkannya secara manual, atau untuk men-tweak balasan otomatis SMS Anda, Anda dapat menyesuaikannya di Settings, di bawah pilihan Do Not Disturb.


Bermain dengan Kenyataan yang Disempurnakan

Berkat platform ARKit yang baru untuk pengembang, iOS 11 memiliki kekuatan realitas ekstra tambahan, yang berarti dapat mendukung beragam aplikasi AR. Anda harus menunggu gelombang pertama aplikasi pihak ketiga, namun Anda dapat menguji setidaknya satu opsi AR sekarang juga. Buka Maps, pergilah ke kota yang mendukung fitur Flyover, dan tekan tombol Flyover. Ketika Anda mulai berjalan di sekitar ruangan, Anda akan bergerak di sekitar kota itu, melihatnya dari atas seperti bangunan asli yang bertenaga AR.


Mintalah Siri untuk Memasukkan Musik Favorit Anda

Siri dari versi iOS 11 hadir dengan beberapa fasilitas tambahan: Asisten tersebut menawarkan suara yang terdengar lebih alami dan membuat rekomendasi berita dan situs web berdasarkan aktivitas masa lalu Anda. Selain itu, Siri sekarang bisa memasang beberapa lagu untukmu. Katakan saja, "Mainkan sesuatu yang saya suka," dan asisten digital akan mengurus sisanya. Agar bisa berhasil, Anda harus menjadi anggota klub musik Apple yang dibayar.


Ketik dengan Satu Tangan

Pada keyboard defaultnya, iOS 11 menawarkan mode satu tangan yang memudahkan mengetik saat Anda hanya memiliki satu tangan. Ini pada dasarnya memampatkan keyboard dan menggesernya ke sisi kiri atau kanan layar. Untuk menerapkannya, tekan dan tahan tombol emoji pada keyboard, lalu geserkan jari Anda ke tata letak kiri atau kanan, mana saja yang Anda inginkan. Untuk kembali normal, akses menu pop-up yang sama lagi.

Jelajahi File Tersimpan Anda

Jika ponsel Anda menjalankan iOS 10, perangkat ini sudah memiliki fitur iCloud Drive. Itu mendapat upgrade dengan iOS 11, dalam bentuk aplikasi File khusus. File membuat semua folder Anda tersedia untuk pencarian. Anda dapat melihat-lihat melalui iCloud, penyimpanan lokal perangkat Anda, dan bahkan penyimpanan pihak ketiga seperti Dropbox dan Google Drive. Untuk meluncurkan aplikasi, ketuk ikon Files.

Surfing App Store yang Didesain Ulang

Dengan hadirnya iOS 11, Apple membenahi App Store. Tata letaknya lebih sederhana, Game memiliki tab sendiri, dan algoritmanya harus melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk mengarahkan Anda menuju aplikasi keren terbaru. Di komputer desktop, App Store di dalam iTunes juga telah ditingkatkan agar sesuai. Untuk melihat perubahan ini, buka dan buka App Store di ponsel atau tablet Anda.


Tambahkan Aplikasi ke Dok iPad

Instal iOS 11 di iPad, dan Anda mendapatkan dok baru di bagian bawah layar, yang lebih mirip dengan dok pada komputer Apple yang menjalankan macOS. Dengan kata lain, Anda dapat menambahkan aplikasi: Cukup ketuk dan tahan ikon dan tarik ke bawah untuk menjadikannya bagian dari dok. Untuk meluncurkan salah satu aplikasi ini, sentuh ikonnya di dok. Untuk membukanya dalam mode windowed, di mana satu jendela muncul di atas yang lain, sentuh dan seret ikon ke tengah layar. Untuk melihat aplikasi itu dalam mode Split View, yang hanya mencakup sebagian layar (aplikasi lain dapat menutupi bagian layar lainnya), ketuk ikon dan seret ke kiri atau kanan layar.


Drag-and-Drop pada iPad

Drag-and-drop adalah fitur lain yang dibawa iOS 11 ke tablet. Ini bekerja persis seperti kedengarannya: Di Tampilan Split, ketuk dan tahan beberapa teks yang disorot, atau gambar, atau file, lalu seret ke aplikasi di sisi lain layar. Anda harus bisa menggunakan drag-and-drop di semua aplikasi Apple-dan, begitu pengembang menambahkan fungsinya, banyak judul pihak ketiga juga.


Catatlah dengan Apple Pensil

Jika Anda memiliki iPad Pro dan Pensil Apple, iOS 11 menyediakan beberapa fungsi ekstra. Untuk mulai mengambil catatan yang dapat dicari, misalnya, Anda tidak perlu membuka kunci tablet Anda-cukup ketuk Pencil di layar kunci. Selain itu, fitur baru yang disebut Instant Markup sekarang memungkinkan Anda segera membuat catatan PDF atau tangkapan layar dengan mengetuknya dengan Pensil. Akhirnya, Mail sekarang mendukung gambar dalam pesan, jadi email Anda bisa memasukkan doodle lucu atau catatan informatif dan ilustrasi.

Demikianlah penjelasan mengenai Fitur iOS 11 yang Wajib Anda coba. Jangan sampai Anda belum mengetahui Fitur-Fitur yang diusung iOS 11 untuk Anda. Sekian dan terimakasih. Baca juga: Tips dan Trik Memaksimalkan dan Menggunakan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.