Persamaan dan Perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus

Persamaan dan Perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus -- Pada acara tahunannya bulan ini, Apple akan mengenalkan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. iPhone X adalah smartphone andalan Apple yang baru, dengan tampilan OLED Edge-to-edge yang didesain ulang secara radikal dan sistem kamera depan TrueDepth dengan pengenalan wajah Face ID menjadikan iPhone X salah satu iPhone terkeren milik Apple. Namun untuk memilikinya, harga dari iPhone X juga lebih mahal pada kisaran $999 dan bahkan lebih tinggi.
Persamaan dan Perbedaan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus
iPhone 8 dan iPhone 8 Plus adalah penerus alami dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Perangkatnya tidak berbeda secara dramatis. Harganya mulai dari $699 dan berbagi banyak perbaikan seperti chip A11 Bionic yang lebih cepat dan pengisian nirkabel yang lebih cepat mengisi baterai.

Jika Anda memiliki iPhone 7 Plus, atau hendak mempertimbangkan untuk membelinya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana kinerja smartphone ini yang hanya berusia setahun kemudian naik ke iPhone 8 Plus. Oleh karena itu, Admin telah membuat daftar fitur dan spesifikasi dari iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus agar lebih jelas. Baca juga: Persamaan dan Perbedaan iPhone X dengan Galaxy Note 8.

Persamaan Fitur dan Spesifikasi iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus

Berikut adalah kesamaan fitur yang dimiliki oleh iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli iPhone produk Apple.
  1. Touch ID: Baik iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki tombol Home dengan otentikasi sidik jari Touch ID.
  2. Kamera Depan: Kamera yang menghadap ke depan adalah sensor 7 megapiksel dengan aperture ƒ / 2.2, Retina Flash, dan perekaman video HD 1080p di iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus. Mode Portrait yang menghadap ke depan dan Animoji tidak didukung.
  3. Water Resistance: Baik iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki ketahanan splash, water, dan dusting IP67.
  4. Memori: Kedua model tersebut diyakini memiliki RAM 3GB.
  5. Battery Life: Baik iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki masa pakai baterai yang sama, menurut pengujian Apple:
    1. Bicara: Sampai 21 jam
    2. Internet: Sampai 13 jam
    3. Pemutaran Video: Hingga 14 jam
    4. Pemutaran Audio: Hingga 60 jam
  6. Kedua model tersebut memiliki konektor Lightning namun tidak ada jack headphone 3.5mm.
  7. Kedua model tersebut juga mendukung LTE Advanced, VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, dan panggilan Wi-Fi.
Itulah persamaan fitur iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus. Lantas adakah perbedaan fitur yang mencolok di iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus? Berikut adalah ulasannya.

Kemiripan Fitur dan Spesifikasi iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus

Dibawah ini adalah kemiripan fitur yang diusung oleh iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus. Anda bisa melihat dengan jelas kemiripan spesifikasi dari iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus dibawah ini.

Display

Baik iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki display LCD 5,5 inci yang disebut Retina HD Displays dengan resolusi 1920 × 1080. Hampir semua spesifikasi teknologi display lainnya identik, termasuk rasio kontras 1300:1, dukungan 3D Touch, Wide Color (P3), dan bright brightness 625 cd / m2.

Satu-satunya perbedaan adalah iPhone 8 Plus yang memiliki layar True Tone, yang secara otomatis menyesuaikan warna dan intensitas layar agar sesuai dengan suhu warna cahaya di lingkungan sekitarnya.

Jika Anda berdiri di ruangan yang remang-remang dengan lampu pijar, misalnya layar akan tampak lebih hangat dan kuning. Jika Anda berdiri di luar pada hari yang mendung, layar akan tampak lebih dingin dan lebih biru.

Kamera Belakang

Baik iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus memiliki kamera belakang beresolusi 12 megapiksel yang terdiri dari lensa tele dengan aperture ƒ / 2.8 dan lensa sudut lebar dengan aperture ƒ / 1.8. iPhone 8 Plus memiliki dukungan beta Portrait Lighting. Namun di atas kertas, semua spesifikasi kamera belakang lainnya identik.

Namun, Apple mengatakan bahwa kamera belakang iPhone 8 Plus telah dikembangkan dengan sensor yang lebih besar, lebih cepat, filter warna baru, dan piksel yang lebih dalam.

Ukuran dan Berat

iPhone 8 Plus hanya sedikit lebih berat pada 7,13 ons, dibandingkan dengan 6,63 ons untuk iPhone 7 Plus. iPhone 8 Plus juga sedikit lebih tebal 0.2mm dari iPhone 7 Plus, jadi beberapa kasus yang sangat ketat mungkin tidak sesuai. Baca juga: Tips dan Trik Menggunakan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Perbedaan Fitur dan Spesifikasi iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus

Daftar perbedaan fitur dan spesifikasi iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus bisa Anda nikmati dibawah ini.

Desain Bergaya Kaca

iPhone 8 Plus memiliki desain baru yang didukung kaca, bersamaan dengan warna yang sama, jajaran aluminium 7000 Series dan kaca depan seperti iPhone 7 Plus. Apple mengatakan kaca belakang adalah kaca terkuat di smartphone manapun, dengan lapisan penguatan 50 persen lebih dalam.

Performa

iPhone 8 Plus memiliki chip A11 Bionic terbaru dari Apple. Ini memiliki dua core kinerja yang 25 persen lebih cepat, dan empat core efisiensi tinggi yang 70 persen lebih cepat, daripada chip A10 di iPhone 7 Plus. Chip A11 juga memiliki mesin saraf dan copopolessor gerak M11 yang lebih kuat dari M10.

Pengisian Nirkabel/Wireless Charging

iPhone 8 Plus mendukung pengisian nirkabel berdasarkan standar Qi. Perangkat dapat mengisi daya dengan ditempatkan pada bantalan pengisian induktif, seperti alas AirPower yang akan datang dari Apple atau pilihan pihak ketiga dari pembuat aksesori seperti Mophie, Belkin, dan Incipio.

Pengisian Cepat/Fast Charging

iPhone 8 Plus adalah "perangkat berkemampuan cepat", yang berarti perangkat dapat diisi hingga 50 persen masa pakai baterai dalam 30 menit menggunakan Adaptor Daya USB-C 29W, 61W, atau 87W USB, yang dijual terpisah dan disertakan dengan 12-inch MacBook dan 2016 atau yang lebih baru MacBook Pro model.

Pilihan Warna Lebih Sedikit

iPhone 8 Plus hadir dalam warna Silver yang dilapisi dengan kaca, Space Grey, dan warna Emas yang baru, sementara iPhone 7 Plus tetap tersedia dalam rupa Black, Gold, Jet Black, Rose Gold, dan Silver yang didukung aluminium.

Bluetooth dan Video

iPhone 8 Plus memiliki Bluetooth 5.0, sedangkan iPhone 7 Plus memiliki Bluetooth 4.2. iPhone 8 Plus memiliki rekaman video 4K hingga 60 FPS, sedangkan iPhone 7 Plus memiliki perekaman video 4K pada 30 FPS.

Kesimpulan

Fitur baru dari iPhone 8 Plus mencakup desain baru yang didukung kaca, layar True Tone, chip A11 Bionic lebih cepat, pengisian daya nirkabel, pengisian cepat, perekaman video 4K hingga 60 FPS, dan Bluetooth 5.0.

Semua fitur tersebut membuat iPhone 8 Plus menjadi upgrade yang cukup besar dari iPhone 7 Plus, yang mungkin mengapa Apple melewatkannya untuk menyebutnya sebagai iPhone 7s Plus. Bersamaan dengan iPhone X, ini adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah mulai bisa dipesan secara pre-order sejak 15 September yang lalu dengan zona waktu pasific times. Dan kehadiran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini juga dengan jumlah yang terbatas di toko-toko dimana negara-negara pilihan yang menjadi tempat peluncuran dari dua iPhone terbaru dari Apple.

iPhone 8 Plus dibanderol harga mulai dari $799, yang harganya $30 lebih mahal daripada harga iPhone 7 Plus saat diluncurkan. iPhone 7 Plus kini dibanderol mulai dari $669. Sekian dulu informasi admin mengenai persamaan dan perbandingan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus. Semoga bermanfaat. Baca juga: 27 Tips dan Trik iOS 11.