13 Tips dan Trik Berguna Xiaomi Mi A1

13 Tips dan Trik Berguna Xiaomi Mi A1 -- Baru-baru ini Xiaomi memperkenalkan smartphone berbasis Android One pertamanya yaitu Xiaomi Mi A1. Selain menjalankan Android murni, ponsel ini mengemas spesifikasi kompetitif dan pengaturan dual camera di bagian belakang. Xiaomi Mi A1 memiliki bodi yang ramping dan hadir dengan beberapa fitur menarik.

Tips dan Trik Berguna Xiaomi Mi A1

Jika Anda telah menggunakan MIUI yang menjalankan smartphone Xiaomi di masa lalu, Anda pasti bertanya-tanya apa yang baru yang dapat Anda lakukan dengan perangkat android stok ini. Berikut adalah beberapa tips dan trik Xiaomi Mi A1 yang berguna untuk Anda. Baca juga: Masalah Xiaomi Mi A1: Cara Melacak Hp Xiaomi Mi A1 yang Hilang.

Tips dan Trik Berguna Xiaomi Mi A1

Berikut adalah beberapa tips dan trik berguna untuk memaksimalkan Xiaomi Mi A1 Anda. Jangan sampai ada yang terlewat ya...

1. Nonaktifkan Google Now Page

Banyak dari Anda mungkin merasa agak menjengkelkan jika memiliki halaman Google Now ekstra di sebelah kiri layar utama, sebuah fitur peluncur Google. Meski fitur ini cukup membantu, namun jika Anda tidak suka, Xiaomi Mi A1 memungkinkan Anda untuk menonaktifkan halaman ini dengan baik. Untuk melakukannya, cukup tekan lebih lama bagian home page -> klik pada Settings -> disable tab 'Show Google App'.

2. Putar Home Screen

Anda mungkin menggunakan ponsel Android sejak lama dan memutar home screen mungkin sesuatu yang Anda inginkan. Jangan khawatir, Xiaomi Mi A1 dapat membantu Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, sekali lagi tekan lama home page -> klik pada tab Settings -> enable 'Allow Homescreen rotation'.

3. Gerakan Kamera

Anda juga dapat dengan cepat menyalakan kamera Xiaomi Mi A1 dengan menekan tombol power dua kali. Namun, Anda perlu mengaktifkan gesture terlebih dulu. Untuk melakukannya, buka Setelan -> Gesture -> aktifkan tab 'Jump to Camera'. Sekarang klik tombol Power dua kali dan Anda akan diarahkan ke kamera.

4. Mode Stereo

Salah satu fitur utama Xiaomi Mi A1 adalah dual kamera belakang. Ini adalah satu-satunya ponsel di bawah 20k yang menawarkan zoom optik 2X. Dan dengan bantuan sensor ekstra, Anda juga bisa mengabadikan DSLR seperti efek Bokeh (atau tembakan dengan latar belakang buram). Untuk menggunakan mode stereo, cukup buka aplikasi kamera dan klik ikon di tengah (atas). Anda harus menempatkan subjek gambar dalam jarak 2 meter sebelum Anda menyentuh shutter.

5. Pemicu Audio

Selain panorama, beautify, pilihan grup selfie di aplikasi kamera, ada satu pilihan lagi di aplikasi kamera yang disukai yaitu opsi Audio. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda dapat menangkap gambar hanya dengan suara Anda atau bahkan dengan menjentikkan jari Anda.

6. Aktifkan Watermark Dual Camera

Setelah OnePlus 5, Xiaomi juga mulai menaruh minat pada sedikit penyempurnaan. Salah satu pilihan tersebut adalah memberikan watermark pada gambar yang diambil oleh dual camera ponsel. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi kamera -> klik tombol 'Opsi' -> aktifkan opsi 'Dual camera watermark'.

7. Face Unlock

Ya, fitur face unlock yang dianggap eksklusif untuk ponsel high-end hadir di Xiaomi Mi A1 juga. Untuk mengaktifkan fitur ini, klik Settings -> masuk ke Security -> klik opsi Smart Lock -> dan aktifkan 'Trusted Face'. Tunjukkan wajah Anda di kamera depan beberapa kali dan Anda selesai.

8. Gesek untuk Pemberitahuan

Salah satu fitur paling akhir dari Xiaomi Mi A1 adalah menggunakan pemindai sidik jari untuk menurunkan notification shade. Untuk mengaktifkan gesture ini, buka Setelan -> Gesture -> aktifkan tab 'Swipe to Notification. Sekarang lihat semua notifikasi Anda dengan hanya menggesekkan pemindai sidik jari.

9. Junk Cleanup

Stok Android ini memberi Anda pilihan untuk membersihkan cache, file sampah, dan Aplikasi usang Anda. Untuk membersihkan penyimpanan Anda, pergi ke Settings -> Storage -> Klik pada tiga titik yang ada di pojok kanan atas -> klik 'Storage Cleanup' -> klik 'Clean Junk'.

10. Gunakan Shortcut Ikon

Trik lain untuk menggunakan ponsel lebih efisien adalah shortcut ikonnya, yang meniru atau bekerja mirip dengan sentuhan 3D pada iPhone (setidaknya di layar awal).


Anda dapat mengakses beberapa pilihan aplikasi yang berguna dari shortcut itu sendiri tanpa membuka aplikasi terlebih dahulu.

11. Screen Pinning

Fitur Xiaomi Mi A1 ini memungkinkan Anda menjepit layar ke aplikasi. Fitur 'Ask for PIN' menghalangi teman terkenal Anda untuk mengintip ponsel Anda saat Anda bepergian. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Settings -> Security -> Screen Pinning -> matikan tab 'Screen Pinning'.

12. Mono Audio

Xiaomi Mi A1 juga hadir dengan fitur peningkatan audio inbuilt yang memastikan Anda tidak pernah kehilangan kata, catatan atau suara sekalipun sulit untuk didengar. Aktifkan fitur ini hanya dengan Settings -> Accessibility -> matikan tab 'Mono Audio'.

13. Mi Remote

Xiaomi Mi A1 memiliki tradisi untuk mengeluarkan fitur maksimal di telepon yang murah. Salah satu fitur tersebut adalah Infrared Blaster yang digunakan untuk mengendalikan sebagian besar perangkat elektronik seperti TV, AC, Projector dll menggunakan remote inframerah. Untuk menggunakan Mi Remote, masuk ke 'Mi Remote app' -> klik tombol 'Add Remote' -> klik pada perangkat yang ingin Anda tambahkan -> pilih operator -> Operate (On / Off) produk Anda melalui telepon Anda.

Tips dan Trik Bermanfaat Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 tidak seperti perangkat lain dan trik ini akan berguna bagi mereka yang belum pernah mencoba stok ponsel android di masa lalu. Jadi pastikan Anda belajar semua tips dan trik bermanfaat Xiaomi Mi A1 ini.

Demikianlah paparan admin mengenai tips dan trik berguna Xiaomi Mi A1. Semoga bermanfaat untuk Anda. Baca juga: Masalah Xiaomi Redmi 4A dan Solusinya.