Cara Mengatasi Hp Kena Air Baterai Tanam dan Cara Memperbaikinya

Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Terendam Air -- Kami hari ini datang dengan solusi ketika hp Anda yang sekarang menggunakan baterai tanam namun tercebur atau terendam air. Hp dengan baterai tanam Non Removable sekarang sudah berkembang dimana-mana namun saat baterai tanam tersebut terendam air atau kehujanan maka akan sangat sulit jika Anda mau mengatasinya. Hal ini karena baterai tanam mempunyai pengikat dengan casing hp Anda. Lantas apa yang harus dilakukan jika baterai tanam terendam air namun kita belum sempat membawanya ke servis centre? Baca juga: Cara Cek Garansi Hp Xiaomi.

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Perlu Anda ketahui bahwa ketika benda-benda elektronik semacam TV, Komputer, HP dan lain sebagainya ketika bersentuhan dengan air maka akan terjadi korsleting. Arus pendek yang terjadi semacam ini jelas akan merusak baterai tanam pada hp Anda. Oleh karena itu, kami akan sedikit berbagi sedikit tips mengatasi beterai tanam yang terendam air seperti penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Hp Baterai Tanam Kena Air

Saat ini sudah banyak Hp keluaran baru yang belum mempunyai sertifikat anti air tetapi sudah menggunakan jenis baterai Non removable yang maksudnya baterai hp tersebut dibuat semi permanen di balik casing penutup komponen agar tidak mudah dilepas dan pasang oleh pemiliknya.

Untuk pengguna yang mempunyai Hp bertipe baterai Removable / bisa dilepas pasang, mungkin Anda bisa cepat mengamankan HP Anda dengan sesegera mungkin melepas baterai ketika Hp Anda baru saja tercebur / terendam ke dalam air. Baca juga: Cara Membuka 2 Aplikasi Bersamaan di Hp OPPO F9.

Dengan begitu maka dapat diminimalisir terjadinya korsleting yang dapat kapan saja terjadi karena air yang meresap dan menghubungkan kaki-kaki komponen di ruang mesin HP kemudian mengakibatkan arus pendek.

Kali ini kami akan berbagi cara bagaimana mengatasi hp baterai tanam yang baru saja tercebur ke dalam air, misalnya pas hp masuk mesin cuci, tercebur bak mandi dan atau hp kehujanan di jalan. Penjelasannya ada di bawah ini.

Langkah Cara Mengatasi Baterai Hp Tanam Kena Air

Adapun cara mengatasi Hp kena air baterai tanam ialah sebagai berikut ini.
  • Pertama, silahkan lap keseluruhan bodi hp Anda yang baru saja tercebur air.
  • Jika hp Anda masih menyala maka segera matikan. Jangan pernah mengaktifkannya jika Anda belum yakin bahwa air yang ada di dalam hp Anda sudah benar-benar kering. Ini bisa mengakibatkan korsleting jika masih ada.
  • Ketika hp Anda sudah mati, berusahalah untuk mencopot casing hp bagian belakang. Hal ini meskipun baterai tanam yang dipakai, kebanyakan hp baterai tanam masih bisa dilepas bagian casing belakangnya.
  • Kemudian, panaskan dan angin-anginkan bagian belakang hp Anda dengan menggunakan hair-dryer atau lainnya, apabila Anda tidak punya maka Anda dapat mengeringkannya dengan melalui paparan sinar matahari. Lama atau tidaknya melakukan pemanasan ini tergantung pada kondisi air yang dimungkinkan masuk ke dalam hp, silahkan Anda lakukan terus menerus dengan menghembuskan angin serta panas agar air yang ada di dalam hp segera menguap.
  • Jika casing hp belakang ternyata susah dibuka maka segera posisikan hp Anda tegak dalam posisi yang tidak dapat diubah, tujuannya agar air dapat merambat dalam satu titik saja dan akhirnya dapat keluar melalui lubang atau celah pada bodi Hp.
  • Kibas-kibaskan Hp Anda dalam kondisi tegak lurus dalam satu arah agar air cepat menuju satu titik dan keluar.
  • Jika Anda tidak punya hair dryer maka Anda bisa menanam hp ke dalam beras lalu diamkan kurang lebih 1 jam saja.
  • Anda sangat disarankan agar tetap memposisikan hp dalam keadaan mati bilamana air masih belum menguap dengan sempurna.
  • Jika sudah dirasa kering, sambil berdoa segeralah nyalakan hp Anda.
  • Ketika hp sudah aktif kembali tanpa masalah maka segera cas saja baterai hp Anda.
  • Nah, dari sini ketika baterai mengisi dengan baik maka baterai sudah aman dan bisa digunakan kembali.
Catatan: Bagi Anda yang telah mahir dalam membongkar Hp maka Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan kondisi air yang masuk ke dalam ruang hardware.

Kelemahan dan kekurangan cara ini tentunya hanya mengandung unsur coba-coba karena Anda masih tidak tahu apakah air di dalam hp sudah hilang betul atau masih ada, karena tutorial ini hanya berdasarkan pengalaman sendiri.

Walaupun begitu, cara diatas sangat tokcer dalam mengatasi dan menjadi pertolongan pertama pada kejadian HP kemasukan air agar tidak terjadi korsleting yang pada akhirnya dapat menyebabkan Hp matot (mati total).

Sekian paparan kami untuk melakukan pertolongan pertama pada kondisi HP baterai Non removable yang kemasukan air. Semoga berguna. Baca juga: Cara Mengatasi Layar Hitam di OPPO F11 Pro.