Begini Cara Menggunakan Camscanner Untuk Scan Dokumen di Android

Cara Menggunakan Camscanner -- Di jaman yang serba canggih, kini sudah banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk scan dokumen di hp Android misalnya saja Camscanner. Aplikasi Camscanner merupakan aplikasi yang digunakan untuk scan dokumen dengan sangat mudah. Bayangkan saja, jika Anda melamar kerja lalu semua persyaratan harus Anda scan dalam bentuk pdf namun Anda tidak mempunyai alat scan maka Camscanner adalah solusinya. Cara menggunakan aplikasi camscanner terbilang sangat mudah. Anda akan bisa mempelajarinya di bawah nanti. Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi SW Maps.

Cara Menggunakan Aplikasi Camscanner

Agar bisa menggunakan Camscanner maka Anda hanya harus bermodalkan kamera di Hp Android. Tapi ingat, ini bukan secara default Anda harus menggunakan kamera hp layaknya mau foto selfie. Namun Anda harus membuka kamera hp Anda langsung dari aplikasi Camscanner. Dengan begitu maka scan dokumen penting Anda misalnya ijazah, transkrip, dan CV mudah sekali dilakukan dan disimpan di folder penyimpanan hp Anda.

Ketika Anda berhasil menggunakan Camscanner di Android maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan misalnya mudah untuk konversi dokumen ke dalam bentuk format pdf. Mengingat format PDF ini sangat banyak disyaratkan oleh perusahaan yang mencari pekerja. Oleh karena itu simak tata cara menggunakan Camscanner seperti berikut ini.

Cara Menggunakan Camscanner di Hp Android

Untuk langkah cara menggunakan Camscanner adalah sebagai berikut di hp Android Anda. Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Find Now.
  • Download dan pasang aplikasi Camscanner dari Play Store di hp Anda.
  • Jalankan aplikasi Camscanner. Silahkan Anda daftar akun dan masuk ke dalam aplikasinya.
  • Apabila Anda mendaftar maka bisa kolaborasi / membagikannya kepada teman. Di sini Anda akan memperoleh penawaran khusus bagi siswa & guru memakai email .edu sehingga Anda memperoleh penyimpanan cloud sebesar 400M gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir jika dokumen hilang.
  • Untuk scan dokumen dengan Camscanner maka silahkan tap ikon kamera.
  • Anda akan melihat dua opsi di sana yaitu batch dan single mode. Catatan: batch mode digunakan untuk mengambil gambar dokumen lebih dari satu secara urut. Sedangkan Single Mode digunakan untuk mengambil 1 dokumen gambar saja.
  • Selain mode tersebut, Anda harus tahu bahwa ada 3 jenis data yang bisa diambil yakni dokumen biasa, id card dan barcode.
  • Ketika objek gambar sudah pas, ketuk tanda centang agar masuk ke tahap berikutnya. Saran saja supaya hasil scan maksimal maka posisikan hp sejajar di atas dokumen yang hendak discan.
  • Tidak hanya itu, Anda harus pastikan bahwa kamera harus tetap fokus dan mendapatkan cahaya yang pas.
  • Berikutnya, atur rotasi dan area yang mau Anda potong. Pastikan pula motongnya tepat ditepi gambar.
  • Terakhir, Anda bisa mengatur warna kontras misalnya Auto, Original, Lighten, Gray Mode, Magic Color, dan Hitam Putih. Cukup pilih yang terbaik dan jelas. Kemudian, pindai semua teks agar bisa disalin, tetapi fitur ini hanya untuk versi premium.
  • Ketika sudah selesai ketuk tanda centang saja.
  • Lantas kalau Anda mau konvert ke PDF, carilah folder dan dokumen tersebut kemudian ketuk ikon PDF. Anda harus tunggu beberapa detik saja.
Catatan: Saat Anda merubah dokumen yang sudah discan ke format PDF langsung dari Camscanner maka hasilnya tidak begitu rapi. Tidak hanya itu, hasil scan juga tidak professional karena ada tulisan Scanned by Camscanner. Jadi pertimbangkan.

Sekian penjelasan kami mengenai cara menggunakan Camscanner. Semoga paparan ini bisa Anda pahami dengan tepat. Baca juga: Cara Menggunakan Biugo.