Bagaimana Cara Mengatasi 502 Bad Gateway?

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway -- Bagi Anda yang sedang daftar SNMPTN tahun ini pasti menemukan masalah 502 bad gateway. Hal ini merupakan penyebab utama kenapa SNMPTN 2019 tidak bisa dibuka. Lantas apa arti dari 502 bad gateway? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui arti kata 502 bad gateway. Jika Anda tahu caranya maka Anda bisa belajar mengenai cara mengatasi server penuh SNMPTN. Di sini admin akan berfokus pada cara mengatasi bad gateway. Baca juga: Cara Menggunakan Netcut.

Langkah Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

Jadi untuk Anda yang benar-benar mulai jengah dengan keadaan terus menerus menemukan pesan 502 bad gateway maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Teruslah membaca agar solusi yang akan diberikan di sini bisa mengatasi 502 bad gateway yang Anda rasakan.

Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

Admin akan beberkan sedikit penjelasan mengenai cara mengatasi 502 bad gateway. Untuk itu, baca hingga dengan akhir artikel ini agar Anda bisa menemukan solusi yang paling tepat. Perlu Anda ingat bahwa Error 502 Bad Gateway adalah salah satu error yang seringkali ditemui di platform WordPress, Blogspot, ataupun di website yang lain. Dampak dari error 502 bad gateway sangat tidak enak karena bisa menurunkan jumlah visitor yang signifikan. Baca juga: Cara Menggunakan VPN di PC.

Secara umum, error bad gateway disebabkan oleh masalah pada server yang kelebihan beban, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat disebabkan oleh masalah dari sisi website lainnya. Tidak hanya itu, masalah 502 bad gateway juga disebabkan karena adanya bug di dalam script PHP, contohnya plugin / tema yang tidak kompatibel, cache browser yang bermasalah, error di perangkat router / jaringan, CDN (Content Delivery Network) dan ataupun masalah yang berkaitan dengan sistem nama domain (DNS).

Perlu diingat bahwa hal terpenting dalam mengatasi error 502 Bad Gateway ialah Anda tidak perlu panik dan khawatir, hal ini karena 502 bad gateway sering menerpa website besar dan yang sudah terkenal misalnya Google, Facebook, Twitter, Youtube dan yang lain. Untuk mengatasi 502 bad gateway hanya butuh beberapa menit saja. Inilah cara mengatasi 502 Bad Gateway.

Langkah Cara Mengatasi 502 Bad Gateway

Inilah cara agar bisa mengatasi 502 bad gateway.
  • Reload laman karena biasanya server kelebihan beban. Kita logika saja, peserta yang daftar SNMPTN itu datang dari seluruh Indonesia jelas yang akses satu website itu jumlahnya jutaan orang dalam satu waktu. Hal ini yang akan menyebabkan server menjadi down dan kelebihan beban. Oleh karena itu tekan F5 pada keyboard atau reload laman Anda untuk mengatasi 502 bad gateway.
  • Hapus cache browser. Menghapus cache di browser adalah salah satu cara paling mudah yang kedua untuk mengatas 502 Bad Gateway karena browser saat ini seringkali menyimpan file dari website yang sering Anda kunjungi lewat PC/Laptop. Dari pada terus menumpuk dan menyebabkan 502 bad gateway maka ada baiknya Anda hapus.
  • Restart Perangkat Jaringan Anda. Ini kadangkala juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi 502 bad gateway karena kesalahan perangkat jaringan selalu dapat diatasi dengan restart perangkat dan menghubungkan kembali.
  • Kesalahan DNS. Biasanya jika Anda salah memasukkan IP dalam sistem nama domain Anda maka Anda akan mendapatkan 502 bad gateway. Penyebabnya bisa karena perpindahan dari provider hosting lama ke provider hosting baru sehingga name server biasanya berubah. Solusinya ialah dengan menunggu 24 jam proses propagasi domain.
  • Cek layanan hosting. Sering munculnya error 502 bad gateway disebabkan karena masalah web hosting yang Anda gunakan. Biasanya, karena website terlalu banyak menggunakan query. Oleh karena itu disarankan untuk ganti layanan VPS.
  • Cek Plugin dan Template.
  • Matikan CDN sementara waktu.
Sekian dahulu penjelasan admin mengenai cara mengatasi 502 bad gateway. Semoga saja informasi ini berguna untuk Anda yang sedang mencari cara mengatasi bad gateway. Jangan lupa sering mampir dan dapatkan informasi terbaru dari situs ini. Baca juga: Cara Menghapus Windows.old di Windows 7, 8, dan 10.