Cara Menggunakan VPN di PC Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menggunakan VPN di PC -- Teknologi VPN (virtual private network) memungkinkan komputer menggunakan koneksi internet publik bergabung dengan jaringan pribadi melalui "tunnel" aman antara mesin dan jaringan tersebut. VPN melindungi data agar tidak dilihat atau dirusak oleh sesuatu yang buruk. Dua kasus penggunaan yang paling umum adalah layanan VPN konsumen yang memungkinkan individu untuk berselancar secara pribadi dari rumah atau pengaturan publik, dan solusi berorientasi bisnis yang memungkinkan karyawan terhubung dengan aman ke jaringan perusahaan dari jarak jauh. Baca juga: Psiphon Pro Tidak Bisa Konek, Ini Cara Mengatasinya.

Cara Menggunakan VPN di Android

Untuk sebagian besar, koneksi VPN ditangani oleh perangkat lunak khusus seperti banyak layanan VPN konsumen yang telah admin tinjau, atau oleh perangkat lunak generik pihak ketiga seperti klien OpenVPN atau Cisco AnyConnect.

Opsi lain yang umumnya didukung oleh sebagian besar VPN adalah menggunakan klien VPN bawaan Microsoft. Ini berguna ketika beberapa VPN tidak menyediakan klien mereka sendiri atau jika Anda ingin menggunakan protokol VPN tidak didukung oleh klien VPN Anda seperti IKEv2.

Kelemahan untuk menggunakan klien built-in adalah Anda harus memilih server tertentu untuk digunakan sebagai lawan untuk melompat di antara lokasi yang berbeda dengan cara yang Anda bisa dengan layanan VPN komersial. Di sisi lain, sebagian besar VPN yang disediakan perusahaan akan menawarkan sejumlah server terbatas yang dapat Anda hubungkan, yang memanfaatkan ideal klien ini.

Cara Menggunakan VPN di PC Windows 10

Langkah 1: Klik pada bilah pencarian Cortana atau tombol pada taskbar dan ketik vpn.

Langkah 2: Pilih paling atas Change virtual private networks (VPN). Atau, buka aplikasi Settings dan buka Network & Internet > VPN. Baca juga: Cara Setting Anonytun.

Langkah 3: Di bagian atas layar VPN di aplikasi Settings, klik Add a VPN connection.

Langkah 4: Di layar yang muncul, masukkan detail untuk koneksi VPN Anda. Di bawah "VPN provider" klik pada menu drop-down, dan pilih Windows (built-in). Ini juga akan mengubah "VPN type" menjadi Automatic, dan "Type of sign-in info" ke User name and password.

Langkah 5: Selanjutnya, isi "Connection name" dan "Server name or address." Ini bervariasi berdasarkan penyedia VPN Anda — apakah itu layanan pihak ketiga atau perusahaan. Untuk contoh ini, kami menggunakan Acevpn, layanan VPN tanpa klien yang mendukung berbagai jenis koneksi seperti IKEv2, L2TP, dan PPTP.

Langkah 6: Gulir ke bawah layar ini dan Anda akan melihat tempat untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk VPN-lagi disediakan oleh layanan VPN Anda. Setelah informasi dimasukkan, klik Simpan, dan tutup aplikasi Pengaturan.

Langkah 7: Klik ikon Wi-Fi di sistem tray pada bilah taskbar Anda, dan pilih koneksi VPN yang baru Anda buat, yang seharusnya berada tepat di bagian atas daftar. Ini secara otomatis akan mulai terhubung, dan jika semua berjalan dengan baik proses koneksi harus terjadi relatif cepat.

Proses di atas berfungsi untuk jenis koneksi VPN yang lebih mudah seperti PPTP dan L2TP, tetapi jika Anda ingin menggunakan IKEv2 yang memerlukan menginstal sertifikat root dari penyedia VPN Anda. Perlu diingat bahwa tidak semua layanan mendukung IKEv2 jadi penggunaan metode ini sangat bergantung pada penyedia layanan VPN atau perusahaan Anda.

Apa pun caranya, inilah cara kerjanya di Windows 10.

Pertama, download sertifikat IKEv2 penyedia VPN ke desktop Anda atau tempat lain yang nyaman. Selanjutnya, klik dua kali pada file sertifikat dan peringatan keamanan muncul. Klik Open.

Di jendela berikutnya yang terbuka klik install certificate ...

Sekarang kita telah tiba di Certificate Import Wizard. Pilih tombol radio Local Machine dan klik Next.

Pada layar berikutnya pastikan untuk memilih tombol radio berlabel Place all certificates in the following store, dan klik Browse ...

Jendela yang lebih kecil terbuka dengan folder tree. Pilih Trusted Root Certification Authorities dan kemudian klik OK. Sekarang kembali ke jendela Certificate Import Wizard. Dari sini klik Next.

Bagian yang sulit sudah berakhir. Pada layar berikutnya klik Finish dan kemudian OK di jendela yang lebih kecil. Baca juga: Cara Menggunakan Turbo VPN.

Setelah sertifikat terpasang, Anda dapat menyiapkan VPN IKEv2 menggunakan petunjuk langkah demi langkah yang sama di atas. Pastikan Anda memilih IKEv2 di bawah “VPN type,” lalu gunakan nama server, alamat, nama pengguna dan kata sandi yang disediakan oleh penyedia layanan Anda.

Setelah terhubung ke VPN, periksa apakah VPN Anda berfungsi dengan mengunjungi IPleak.net. Anda harus melihat alamat IP, dan server DNS yang berbeda dari negara non-VPN Anda. Jika Anda tidak begitu maka ada sejumlah penyebab potensial yang tidak dapat kita masuki di sini. Taruhan terbaik Anda adalah memeriksa dengan departemen IP perusahaan Anda atau layanan dukungan dari VPN Anda.

Namun, satu perbaikan mudah dan umum untuk masalah IKEv2 adalah klik kanan pada ikon Wi-Fi atau ethernet Anda di sistem tray, dan pilih Open Network and Sharing Center dari menu konteks. Ketika Control Panel terbuka klik Change adapter settings di sisi kiri, lalu klik kanan nama koneksi VPN Anda dan masuk ke Properties> Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)> Properties> Advanced ...> IP Settings. Centang "Use default gateway on remote network" dan klik OK. Tutup semua jendela dan coba IP Leak lagi.

Cara Menggunakan VPN di PC Windows 7

Langkah 1: Klik tombol Start. Di bilah pencarian, ketikkan vpn lalu pilih Set up a virtual private network (VPN) connection.

Langkah 2: Masukkan alamat IP atau nama domain dari server yang ingin Anda hubungkan. Jika Anda terhubung ke jaringan kerja, administrator TI Anda dapat memberikan alamat terbaik.

Langkah 3: Jika Anda ingin mengatur koneksi, tetapi tidak terhubung, pilih Don’t connect now; jika tidak, biarkan kosong dan klik Next. Baca juga: Cara Mengganti VPN Android.

Langkah 4: Pada layar berikutnya, Anda dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, atau membiarkannya kosong. Anda akan diminta untuk melakukannya lagi pada koneksi yang sebenarnya. Klik Connect.

Langkah 5: Untuk terhubung, klik logo jaringan Windows di bagian kanan bawah layar Anda; lalu pilih Connect di bawah "VPN Connection."

Langkah 6: Pada kotak "Connect VPN Connection", masukkan domain yang sesuai dan kredensial login Anda; lalu klik Connect.

Langkah 7: Jika Anda tidak dapat terhubung, masalahnya mungkin karena konfigurasi server. (Ada berbagai jenis VPN.) Periksa dengan administrator jaringan Anda untuk melihat jenis apa yang sedang digunakan — seperti PPTP — kemudian, pada layar "Connect VPN Connection", pilih Properties.

Langkah 8: Navigasi ke tab Security dan pilih "VPN type" spesifik dari daftar drop-down. Anda mungkin juga harus membatalkan pilihan Include Windows logon domain di bawah tab Option. Kemudian klik OK dan Connect.

Dibutuhkan sedikit kerja keras memang, tetapi menyiapkan VPN menggunakan klien bawaan Windows relatif cepat, dan sebagai pengguna, ini adalah keterampilan yang bermanfaat untuk dimiliki.

Sekian penjelasan admin terkait bagaimana cara menggunakan VPN di PC tanpa aplikasi. Meski sebenarnya, Anda bisa menggunakan emulator android seperti MEMU, Bluestacks, dan Nox App Player untuk download aplikasi VPN Android seperti turbo VPN, VPN Private, Opera VPN, VPN Master, Hotspot Shield, Super VPN, dan masih banyak lagi untuk membantu Anda menerobos situs yang diblokir lewat PC. Jika aplikasi VPN tersebut sudah Anda download maka Anda tinggal menjalankannya dan menghubungkannya. Selanjutnya Anda bisa membuka situs-situs yang Anda mau.

Mungkin kebanyakan dari Anda kebingungan karena Safe Search Google tidak bisa dimatikan dan aktif secara permanen makanya mencari cara menggunakan VPN di PC atau cara menggunakan VPN di Android. Daripada begitu, mending pakai saja ekstensi semacam Browsec jika di Chrome atau Anonymous jika memakai Opera dan Firefox untuk membantu Anda. Ingat, ini hanya sekedar saran saja bukan untuk diikuti. Sekian. Baca juga: Aplikasi VPN Terbaik di Android Untuk Main Mobile Legends.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Pencuri Artikel Banci