Tuesday, February 13, 2018

Cara Mengirim Uang di WhatsApp Pada Android dan iOS



Cara Mengirim Uang di WhatsApp Pada Android dan iOS -- Ini adalah beberapa berita yang sangat bagus. WhatsApp telah menyederhanakan sistem pembayaran dengan memasukkan UPI atau Unified Payment Interface dengan kliennya untuk pengguna di India. Kemungkinan besar akan segera rilis publik bahkan di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Fitur WhatsApp payment

Sekarang, mengirim dan menerima uang sesederhana mengirim pesan di WhatsApp. Namun, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan fitur ini dan menyiapkannya. WhatsApp mulai meluncurkan fitur ini beberapa minggu lalu dengan menggunakan aplikasi beta, meskipun obrolan untuk fitur ini sudah cukup lama. Ini akan membuat lebih banyak pengguna di Android dan juga iOS dalam beberapa hari mendatang. Baca juga: 2 Cara Download dan Install WhatsApp di Blackberry Z10 dan Z30.

Namun, seperti halnya fitur baru dan menarik lainnya, WhatsApp juga tidak membuat hal seperti ini menjadi mudah. Bahkan jika Anda mendapatkan versi terbaru dari aplikasi ini, seseorang harus memulai layanan agar Anda dapat membuatnya berhasil. Beginilah cara Anda mengatur WhatsApp Payments dan mengirim uang menggunakan WhatsApp.

Cara Mengatur / Set up WhatsApp Payments

Bahkan sebelum kita mulai sampai pada titik di mana Anda bisa menyiapkan UPI di WhatsApp Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi ini. Fitur pembayaran baru hanya tersedia di WhatsApp Messenger Version 2.18.48. Saat ini, Anda harus sudah mendownloadnya di build beta pada perangkat Android atau iOS Anda.

Di sinilah keadaan menjadi sedikit rumit. Bahkan jika Anda mendapatkan versi terbaru, Anda tidak akan melihat opsi pembayaran di WhatsApp Anda. Untuk mengaktifkan ini, mintalah seseorang yang telah mengaktifkan fitur ini di akun mereka untuk melakukan transfer. Maka dengan begitu, fitur WhatsApp Payment juga akan muncul di ponsel Anda.

Setelah Anda mengaktifkan opsi ini, ikuti langkah di bawah ini untuk mendaftarkan telepon Anda dengan WhatsApp Payments.

CATATAN: Agar fitur Payment di WhatsApp ini berfungsi, Anda harus memiliki akun atau ID UPI yang berfungsi.

Langkah 1: Buka WhatsApp dan arahkan ke pengaturan. Dari pilihan yang diberikan, pilih Settings untuk melanjutkan.

setting whatsapp payment

Langkah 2: Dari daftar opsi berikutnya, pilih Pembayaran / Payment. Di sinilah Anda perlu menyiapkan akun UPI Anda dan menautkannya dengan WhatsApp.

Langkah 3: Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memverifikasi nomor telepon Anda, ketuk ACCEPT AND CONTINUE untuk melanjutkan. Pada layar berikutnya, verifikasi nomor Anda dan jika semuanya benar, ketuk VERIFY VIA SMS

Tahap ini akan membuka antarmuka UPI dari mana Anda bisa menautkan akun yang ada dengan WhatsApp.

CATATAN: Karena UPI adalah aplikasi terlindungi, tidak memungkinkan orang mengambil tangkapan layar dan karenanya, admin tidak dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana transfer uang dilakukan. Baca juga: Fitur Terbaru WhatsApp: Tap To Reply, Tap To Block, dan Masih Banyak Lagi.

Apa itu UPI di WhatsApp?

UPI atau Unified Payment Interface adalah sistem pembayaran yang memungkinkan transfer uang antara dua rekening bank menggunakan smartphone. Anggap saja sebagai email ID unik untuk pembayaran, yang aman dan gratis digunakan. Sebelum UPI, nomor rekening / nomor ponsel dan beberapa jenis kode wajib dilakukan untuk melakukan transfer uang.

Anda tidak perlu mengingat kode IFSC atau bahkan nomor rekening untuk menyelesaikan transfer uang menggunakan UPI. UPI bergantung pada @ -addresses yang mudah diingat dan tidak terkait dengan aplikasi bank tertentu manapun. Anda dapat memiliki lebih dari satu alamat UPI yang terhubung ke rekening bank yang sama.

Pengguna hanya dapat menggunakan aplikasi berkemampuan UPI untuk mentransfer jumlah berapapun dengan menggunakan daftar kontaknya. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menambahkan penerima manfaat ke akun perbankan online Anda karena Anda hanya memerlukan alamat pembayaran virtual unik, yang dapat dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi yang mendukung UPI.

Cara Mengirim Uang di WhatsApp Android dan iOS

Setelah Anda melalui setup awal, mengirim uang melalui WhatsApp sangat mudah. Ini seperti mengirim pesan teks. Begini cara melakukannya.

Cara Mengirim Uang di WhatsApp Pada Android dan iOS

Langkah 1: Pilih orang yang ingin Anda kirimi uang. Buka obrolan yang ada atau obrolan baru. Pilih ikon penjepit kertas di bagian bawah layar dan ketuk pilihan Pembayaran.

Langkah 2: Masukkan jumlah uang yang diinginkan yang akan Anda kirim. Untuk menguji, coba transfer 1 rupiah menggunakan WhatsApp Payments.

Setelah uang berhasil dikirim, Anda akan mendapatkan notifikasi teks, bersama dengan dua tanda centang biru jika pengguna telah mengaktifkannya.

CATATAN: Karena UPI adalah aplikasi terlindungi, tidak memungkinkan orang mengambil tangkapan layar dan karenanya admin tidak dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana transfer uang dilakukan.

Mungkinkah Menggunakan WhatsApp Blockchain?

WhatsApp Payments adalah fitur yang brilian, namun hanya terbatas pada pengguna di India karena UPI memerlukan autentikasi Aadhaar untuk bekerja. Untuk mereplikasi fitur ini untuk negara lain, WhatsApp dapat mencoba PayPal atau bahkan menggunakan mata uang Crypto untuk hal ini. Karena WhatsApp sudah memiliki sarana untuk melakukannya dan ini juga mendukung enkripsi end-to-end. 

Saat ini kita hanya bisa menebak bagaimana fitur ini akan datang ke negara lain. Hal-hal akan menjadi jelas saat Anda semua sudah dapat melakukan transfer uang dengan WhatsApp.

Sekian penjelasan admin mengenai Cara Mengirim Uang di WhatsApp Pada Android dan iOS. Semoga Anda berhasil dan segera datang fitur WhatsApp Payment di Indonesia. Kita tunggu saja. Terimakasih. Baca juga: Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business.

Berkomentarlah sesuai dengan etika
EmoticonEmoticon