Bagaimana Cara Upload Video di Instagram Lebih Dari 60 Detik / 1 Menit?

Cara Upload Video di Instagram Lebih Dari 60 Detik / 1 Menit -- Instagram dirancang sebagai platform lintas perangkat. Instagram dirancang bagi Anda untuk memotret dan mengedit semua yang ada di telepon Anda. Namun, banyak produsen video dan pengiklan ingin membuat konten asli dengan pengaturan kamera tradisional dan edit video. Hal ini memungkinkan mereka untuk menangkap rekaman terbaik, mengendalikan audio, dan bahkan menambahkan grafis.

Cara Upload Video di Instagram Lebih Dari 60 Detik / 1 Menit

Instagram baru saja melakukan pembaruan besar pada aplikasi seluler mereka. Pengguna sekarang dapat mengeposkan video dari 3 hingga 60 detik / 1 menit, dan bahkan mengedit beberapa klip di ponsel mereka. Tutorial ini dirancang bagi pengguna yang ingin memindahkan video lengkap dari galeri ke Instagram. Untuk mengunggah ke Instagram, file video harus ada di telepon Anda. Baca juga: Tidak Bisa Menambahkan Lokasi di IG, Begini Solusinya.

Sebagai editor, Anda perlu mengekspor video Anda, lalu kompres untuk perangkat mobile Anda. Akhirnya, Anda akan mengirim file mobile terkompresi ke telepon Anda dan kemudian mengunggahnya ke Instagram. Itu mungkin terdengar rumit, tapi sangat mudah dilakukan.

Cara Upload Video Lebih dari 60 Detik / 1 Menit di Instagram Mudah

Ada beberapa trik upload video di instagram lebih dari 1 menit yang dapat Anda ikuti sesuai dengan penjelasan di bawah ini. Tolong pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan semua hal di bawah ini untuk memposting video lebih dari 1 menit di instagram.

Aspek Rasio Video Instagram

Instagram akan memungkinkan Anda untuk menampilkan video Anda dengan rasio layar lebar 16: 9 atau dengan rasio 1: 1 persegi. Jadi, apa artinya itu?

Bagi Anda yang berpengalaman bekerja dengan Instagram, Anda mungkin ingat bahwa ukuran kanvas itu seluas 640 x 640. Sementara yang berlaku untuk seluler, Instagram sekarang dapat dilihat dari desktop dengan ukuran maksimal 1080 x 1080. Aturan yang bagus di instagram adalah selalu menggunakan setidaknya ukuran 1080. Instagram secara otomatis akan mengubah rekaman untuk Anda, jadi sebaiknya maksimalkan ukurannya untuk mendapatkan tampilan terbaik. Mari kita asumsikan Anda bekerja dengan rekaman HD 1080. Itu berarti Instagram bisa menampilkan video di 16: 9 (1920 x 1080) atau 1: 1 (1080 x 1080). Pada kenyataannya, Instagram secara otomatis akan menyesuaikan ukuran video untuk jenis perangkat. Video 1920 x 1080 akan diputar di desktop pada 1080 x 680 dan di telepon sekitar 648 x 365.

Video Instagram 16:9

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, aspek rasio 16: 9 bertindak sebagai video tradisional. Ini memungkinkan Anda memasukkan lebih banyak informasi secara lebar. Anda bisa mencapainya dengan mengunggah video 1920 x 1080 biasa. Kelemahan dari 16: 9 adalah bahwa Anda tidak akan mengambil ruang ritel berharga sebanyak di telepon pengguna. Jika Anda membuat iklan, Anda ingin mengambil sebanyak mungkin ruang layar. Itu sebabnya iklan cenderung menggunakan rasio 1: 1.

Video Instagram 1:1

Aspek rasio 1: 1 jauh lebih tinggi, tapi menghasilkan banyak detail dari sisi-sisinya. Format ini lebih disukai karena memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak teks terbaca di layar. Ini bagus untuk video yang mencoba untuk mendidik Anda tentang suatu topik.

Pikirkan semua video resep memasak cepat yang Anda lihat. Rasio aspek 1: 1 memberi Anda lebih banyak ruang untuk menuliskan langkah dan resep. Rasio 1: 1 dicapai dengan mengunggah file proyek 1080 x 1080.

Begitu Anda memutuskan rasio mana yang sesuai dengan proyek Anda, Anda akan tahu ukuran kanvas yang harus Anda siapkan di postingan instagram Anda.

Edit Video Instagram Anda Lebih dari 1 Menit

Langkah pertama untuk mengedit video untuk Instagram adalah menyiapkan urutan Anda. Pastikan produk akhir Anda di bawah 60 detik, karena itu adalah waktu maksimal yang diizinkan oleh Instagram.
  • Untuk 16: 9 - edit video Anda secara normal seperti 1920 x 1080.
  • Untuk 1: 1 - atur urutan Anda ke 1080 x 1080.
Catatan: Rasio 1:1 akan memberi Anda kanvas persegi yang sempurna. Jika Anda menggunakan rekaman 1920 x 1080, pastikan untuk menonton keseluruhan klip dan pastikan semua yang Anda butuhkan tetap ada dalam bingkai.

Sebagai video 16: 9 biasa masih 1920 x 1080, langkah-langkah berikut akan berfokus pada pembuatan video 1: 1 pada 1080 x 1080.

1. Adobe Premier Pro
Untuk mengeditnya:
  • Klik Sequence > Sequence Settings.
  • Ganti video frame size ke 1080 x 1080 (1:1) / pilih 1920 x 1080 (16:9).
  • Klik Ok.
Berikutnya silahkan Anda edit video Anda secara normal. Anda bisa menambahkan teks, transisi dan grapic.

Jika Anda sudah selesai melakukan editing video:
  • Export hasil.
  • Buka Adobe Media Encoder dan impor file yang baru saja Anda buat.
  • Buka Preset Browser.
  • Apply 1080p untuk perangkat Anda. (Apple, Android dan Mobile).
  • Kompres file video. 
Itulah sedikit tahapan untuk salah satu aplikasi untuk edit video instagram Anda.

2. Final Cut Pro
Untuk edit video lebih dari 1 menit di instagram berikut langkah-langkahnya:
  1. Window> Properti Proyek (Command + J)..
  2. Di Window Inspector, klik Modify Settings.
  3. Ubah Video Properties Format menjadi Custom.
  4. Ubah Resolusi menjadi 1080 x 1080 (1: 1) / Tinggalkan pada 1920 x 1080 untuk (16: 9).
Berikutnya, edit video Anda secara normal. Silahkan Anda tambahkan teks, transisi dan graphic.

Setelah selesai mengedit, Anda memiliki beberapa opsi dengan Final Cut Pro X. Anda dapat Berbagi ke Perangkat Apple atau Kirim ke Kompresor. Dalam kasus ini, menggunakan Kompresor terlalu banyak karena kita hanya menggunakan file video di ponsel. Konon, Anda tetap bisa menggunakan Compressor jika mau.

Bagikan ke Perangkat Apple:
  1. File > Share > Apple Devices 1080p (Setting Apple ini juga akan bekerja pada sistem Android Terbaru.
  2. Klik bagikan jika sudah benar.
Nah itu adalah 2 cara edit video instagram agar lebih pas saat diupload ke instagram lebih dari 1 menit. Berikut tahapan berikutnya yang harus Anda lalui sebelum upload video di instagram lebih dari 60 detik / 1 menit.

Kirim / Transfer Ke Mobile Anda

Tidak masalah jika Anda menggunakan rasio 16: 9 atau 1: 1, video mobile terkompresi akhir akan 1920 x 1080 - ini tidak akan menjadi masalah. Saat mengupload ke Instagram, Anda akan memilih crop settings. Lebih lanjut tentang itu nanti.

Sekarang setelah Anda memiliki file video Instagram yang dikompres di mobile, Anda perlu mentransfer file ke Cloud Anda. Bagi pengguna Mac / iPhone, cara terbaik adalah menggunakan Apple AirDrop. Untuk Mac / Android atau PC / Mobile Anda bisa menggunakan program seperti Google Drive atau Dropbox. Sebagai pengguna Mac / Android, secara pribadi lebih suka menggunakan Google Drive karena lebih cepat.

Google Drive

Google Drive bekerja untuk Mac dan PC dan akan mentransfer file ke ponsel iPhone dan Android. Anda memerlukan akun Google Drive di komputer dan Aplikasi Google Drive di ponsel Anda.

Cara Upload Video di Instagram Lebih dari 1 Menit Lewat Google Drive

Berikut caranya:
  1. Masuk ke akun Google Anda dan buka Google Drive.
  2. Seret dan lepaskan file video Instagram yang dikompres.
  3. Buka Aplikasi Google Drive di ponsel Anda.
  4. Download file video Instagram yang dikompres ke telepon Anda.
  5. Buka aplikasi Foto / Galeri di telepon Anda.
  6. Verifikasi file ditransfer sepenuhnya.
Jika Anda sudah mengambil file video yang sudah di download dari Google Drive maka Anda siap untuk upload video ke instagram.
  1. Buka Aplikasi Instagram.
  2. Buka ikon kamera.
  3. Pergi ke Galeri Ponsel.
  4. Pilih video Anda.
Aspek rasio video instagram default yaitu 1: 1. Inilah satu-satunya langkah yang sesuai dengan jenis video yang Anda buat.

Aspek Rasio 1: 1

Ingat bagaimana file video 1080 x 1080 1: 1 Anda dikompres ke video 1920 x 1080? Instagram secara otomatis akan memotong kelebihan bilah hitam di samping, dan Anda akan memiliki video persegi yang sempurna untuk dibagikan.
  1. Sentuh panah biru.
  2. Tambahkan filter jika Anda mau, ganti gambar sampul, dan / atau nonaktifkan video.
  3. Sentuh panah biru.
  4. Tambahkan keterangan, hashtag, lokasi, atau kirim sebagai pesan Langsung
  5. Ketuk tanda centang, dan Anda selesai.
Lanjut ke rasio lainnya.

Aspek Rasio 16: 9

Instagram default gambar dan video ke 1: 1. Jika Anda ingin rasio aspek 16: 9, Anda perlu menyesuaikan hasil upload Anda menjadi:
  1. Ketuk tombol Crop untuk mengubah ke 16: 9.
  2. Sentuh panah biru.
  3. Tambahkan filter jika Anda mau, ganti gambar sampul, dan / atau nonaktifkan video
  4. Sentuh panah biru.
  5. Tambahkan keterangan, hashtag, lokasi, atau kirim sebagai pesan Langsung.
  6. Ketuk tanda centang, dan Anda selesai.
Selesai. Demikianlah paparan admin mengenai Bagaimana Cara Upload Video di Instagram Lebih Dari 60 Detik / 1 Menit? Intinya, Anda harus menyesuaikan aspek rasio video Anda terlebih dahulu. Lalu kemudian Anda upload video Anda ke instagram. Jika ternyata hanya dibatasi 60 detik saja maka Anda bisa mempostingnya beberapa kali atau dalam beberapa bagian hingga menjadi satu video penuh.

Anda harus memotong video Anda menjadi beberapa bagian hingga dapat diupload secara penuh. Aplikasi pemotong video dapat Anda download di bawah artikel ini. Anda dapat memotong video bagian pertama dari 00:00 sampai dengan 00:59 lantas video kedua dari 1:00 sampai ke 1:59 dan seterusnya. Jika video sudah terpotong maka tahap selanjutnya adalah upload beberapa video sekaligus di instagram. Baca juga: Cara Membuat Emoji Bergerak di Instagram Stories.

Lakukan seperti biasa dalam upload foto atau video di instagram. Ketuk ikon upload beberapa file. Tandai video pertama dan kedua dari galeri ponsel Anda. Jika sudah, upload secara bersamaan. Maka dengan begini, video yang Anda upload akan lebih dari 1 menit. Hal ini karena 2 video tersebut akan bersambung dengan sendirinya. Sekian.