Video Tidak Bisa Diputar, Apa Alasannya?

Video Tidak Bisa Diputar, Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar -- Bagaimana Cara Mengatasi video tidak bisa diputar? Pertanyaan ini sering sekali muncul ketika Anda atau admin sendiri setelah mendownload video dari internet namun ternyata saat dijalankan, video tidak bisa diputar.

Video Tidak Bisa Diputar

Kebanyakan orang pasti tentu akan merasakan kebingungan yang sangat karena sudah menunggu lama download video ternyata video tidak dapat diputar. Tak jarang mereka marah-marah dan sering mendownload ulang yang akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, berikut adalah sedikit penjelasan mengenai cara memperbaiki mengatasi video tidak bisa diputar. Baca juga: Cara Mengganti Password Wifi Indihome.

Alasan Video Tidak Bisa Diputar

Ada beberapa alasan mengapa video tidak dapat diputar. Oleh karena itu, admin akan menjabarkan sejelas-jelasnya untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Tidak Ditemukan / Tidak Ada Codec yang Cocok

Codec adalah aplikasi software yang gunanya untuk mengkompresi dan mendekompresi file video di laptop/PC. Jadi cara kerjanya adalah ketika file video disimpan maka file video tersebut akan dikompres agar ukurannya tidak terlalu besar. Maka saat video diputar juga tidak terlalu lama loadnya. Nah disinilah tugas codec untuk mendekompresi video tersebut.

Namun masalahnya, saat file video disimpan di Laptop tidak semuanya mempunyai codec. Akhirnya, saat video diputar dengan media player yang tidak cocok maka video tidak bisa diputar. Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk hal ini adalah dengan memakai media player dengan codec yang tepat. Dan berikut adalah media player dengan codec yang banyak, misalnya K-Lite Codec Pack, Real Player, dan Quick Time Player.

File Video Corrupt

Alasan lain mengapa video tidak bisa diputar adalah file video tersebut corrupt. Jika file video sudah corrupt saat Anda mendownloadnya maka Anda harus mendownloadnya ulang. Cara mudah mengetahui apakah file video tersebut corrupt atau tidak maka Anda bisa melihat file size video Anda. Jangan sampai file video yang sudah Anda download lebih kecil dari informasi yang tertera di penyedia download video tersebut. Karena kalau lebih kecil sudah pasti file video tersebut corrupt. Maka, video tidak dapat diputar.

Mudah!!! Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar

Jika Anda sudah melakukan dua hal di atas dan video tetap tidak bisa diputar maka Anda bisa merubah file type video Anda. Anda bisa convert video Anda ke jenis file video yang lain. Namun jika masih tidak dapat diputar pastikan apakah laptop Anda tidak ada virusnya. Jika terus berlanjut maka sudah diluar batas kemampuan admin maka Anda harus mencari solusi sendiri mengapa video tidak bisa diputar.

Demikianlah paparan admin mengenai Video Tidak Bisa Diputar, Apa Alasannya?. Semoga saja dengan sedikit paparan ini Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika masalah ini datang kepada Anda. Baca juga: Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi?.