Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Ke Wifi di Windows 10? Ini Solusinya

Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Ke Wifi di Windows 10 -- Apakah Anda frustrasi selalu menerima pesan kesalahan "Windows 10 can’t connect to this network". Jika Anda juga salah satunya, berikut beberapa metode untuk mengatasi Windows 10 yang tidak bisa terhubung ke Wi-Fi atau jaringan network yang tersedia di sekitar Anda.

Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Ke Wifi

Windows 10 memang terus mengalami update, setelah melalui creator update lalu anniversary update dan kini sudah masuk di Fall Creator Update di Windows 10. Ternyata meski terus melakukan update windows 10 justru laptop yang dijalankan dengan sistem operasi ini sering mengalami masalah seperti Laptop tidak bisa terhubung dengan Wi-Fi. Jika Anda mengalami hal ini, berikut adalah 5 metode untuk mengatasi laptop tidak bisa connect ke Wi-Fi di Windows 10. Baca juga: Cara Membuat Hotspot di Laptop (Windows 7, 8, dan 10).

Solusi Mengatasi Laptop Windows 10 Tidak Bisa Connect dengan Wi-Fi

Ada 5 cara mengatasi laptop tidak bisa terhubung dengan Wi-Fi. Anda bisa menyimaknya dengan menyeluruh sesuai dengan penjelasan di bawah ini.

Metode 1. Uninstall Network Adapter untuk Memperbaiki Windows 10 Tidak Dapat Connect ke Wifi

Setelah Anda menemukan bahwa Windows 10 Anda tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda dapat mencoba untuk uninstall netword adapter Anda. Ikuti langkah ini.

Langkah 1. Tekan tombol Windows + X dan pilih Device Manager dari menu pop-up

Langkah 2. Pada kotak dialog Device Manager, klik kanan pada netword adapter Anda dan klik Uninstall.

Langkah 3. Centang Delete the driver software for this device dan kemudian klik OK.

Langkah 4. Reboot komputer Anda dan Windows secara otomatis akan menginstal perangkat lunak driver yang tepat.

Metode 2. Uninstall IPv6

Anda juga bisa mencoba untuk menonaktifkan IPv6 untuk mengatasi Windows 10 yang tidak dapat terhubung ke jaringan wifi. Lakukan saja langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Tahan tombol Windows + R bersamaan untuk membuka perintah Run

Langkah 2. Ketik ncpa.cpl dan tekan Enter

Langkah 3. Klik kanan pada network adapter Anda dan klik Properties

Langkah 4. Hapus tanda centang pada kotak centang Internet Protocol Version 6 (TCP / IPv6) dan kemudian klik OK.

Metode 3. Gunakan Perintah Command Prompt (CMD)

Jika Windows 10 tidak dapat terhubung ke jaringan wifi dan masih berlanjut, Anda dapat menjalankan perintah pemecahan masalah jaringan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1. Tekan tombol Windows + X secara bersamaan, dan pilih Command Prompt (Admin) dari daftar hasil.

Langkah 2. Pada jendela command prompt, jalankan perintah berikut dalam daftar yang tercantum dan kemudian tekan Enter.

netsh winsock reset
netsh int ip reset
ipconfig / release
ipconfig / renew
ipconfig / flushdns

Catatan: Ada spasi antara ipconfig dan garis miring.

Langkah 3. Tutup jendela Command Prompt setelah perintah berhasil dieksekusi.

Langkah 4. Reboot komputer Anda

Metode 4. Run Windows Network Troubleshooter

Anda juga bisa mencoba menjalankan Network troubleshooter untuk mendiagnosis masalah koneksi dan kemudian memperbaiki Windows 10 tidak dapat terhubung ke bug jaringan wifi. Anda perlu melakukan hal berikut:

Langkah 1. Pergi ke Search, ketik network troubleshooter di kotak pencarian dan kemudian pilih Identify and repair network problems dari hasil yang tercantum

Langkah 2. Ikuti langkah-langkah di troubleshooter dan biarkan proses selesai dan lihat apakah bisa memperbaiki Windows 10 yang tidak bisa terhubung ke masalah jaringan Wifi ini.

Metode 5: Update Driver Network Adapter

Dalam kebanyakan situasi, Windows 10 tidak dapat terhubung ke jaringan Wifi ini terletak pada driver network adapter yang sudah usang. Untuk mengatasinya, Anda harus memperbarui driver network adapter Anda. Jika Anda seorang pemula, lebih baik Anda menggunakan alat download dan update utilitas driver profesional gratis yang dapat membantu Anda menemukan driver network adapter bermasalah Anda dalam beberapa detik dan kemudian secara otomatis mendownload dan menginstal yang paling cocok dengan laptop windows 10 Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai mengapa laptop tidak bisa connect ke wifi di Windows 10. Semoga saja dengan 5 metode untuk memperbaiki laptop yang tidak bisa terhubung dengan wifi ini semua akan jadi beres. Sekian. Baca juga: Cara Mematikan Cortana di Windows 10.