Cara Melihat Pesan WA Yang Sudah Dihapus Oleh Teman di Android dan iPhone

Cara Melihat Pesan WA Yang Sudah Dihapus -- WhatsApp merupakan salah satu aplikasi olahpesan cepat yang paling banyak digunakan. Baru-baru ini telah meluncurkan fitur "Hapus untuk Semua Orang" atau "Delete for Everyone" sebagai salah satu fitur andalannya. Tapi apakah pesan benar-benar terhapus dan lenyap dari ponsel Anda? Sebuah laporan baru mengklaim bahwa pesan WhatsApp yang dihapus sebenarnya masih ada di perangkat dan masih bisa diakses dengan mudah.

Cara Melihat Pesan WA Yang Sudah Dihapus

Blog Android orang Spanyol bernama Android Jefe telah mengklaim bahwa pesan yang dihapus ada di log pemberitahuan perangkat. Ini menambahkan klarifikasi bahwa penerima dapat dengan mudah mengakses pesan wa yang sudah dihapus terlepas dari apakah telah dihapus dari akhir pengirim atau belum. "Apa yang kami temukan adalah bahwa pesan tersebut tersimpan dalam daftar notifikasi sistem Android. Jadi, hanya masalah memasukkan rekaman itu untuk melihat pesan yang dihapus orang lain," kata blog tersebut. Baca juga: Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak.

Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus Teman

Jika Anda mencari solusi agar mengetahui bagaimana cara melihat pesan Wa yang sudah dihapus. Maka Anda bisa mengikuti panduan admin di bawah ini
  1. Blog tersebut menjelaskan bahwa siapa pun dapat mengakses pesan-pesan WhatsApp yang dihapus yang dikirim kepada Anda melalui aplikasi pihak ketiga bernama Notification History yang dapat diunduh melalui Google Play.
  2. Setelah mendownload aplikasi, pengguna harus mencari pesan di log pemberitahuan Android. Pengguna yang menggunakan peluncur pihak ketiga seperti Peluncur Nova bahkan lebih mudah.
  3. Log pemberitahuan dapat diakses tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Tekan lama layar utama, lalu ketuk Widget> Aktivitas> Pengaturan> Notifikasi log. Anda kemudian dapat mengakses log pemberitahuan sistem.
  4. Pada stok Android, widget Settings juga bisa memberi akses ke log notifikasi.
Admin mencoba baik aplikasi pihak ketiga Notification History dan Aktivitas yang dijelaskan di atas dan menemukan bahwa trik itu bekerja pada perangkat Android. Namun, ada beberapa keterbatasan, karena hanya pesan yang menghasilkan notifikasi pada perangkat, dan telah dilihat atau berinteraksi dengannya yang dapat dilihat dan dan dikembalikan. Dalam kasus ini, interaksi juga mengacu pada menggesek pemberitahuan asli, baik di bilah notifikasi atau pesan terapung - dalam hal ini Anda juga mungkin telah melihat setidaknya sebagian dari pesan asli saat menggesek bilah notifikasi. Log pemberitahuan hanya menyimpan pesan pada perangkat sampai perangkat direstart. Setelah restart, Anda akan melihat bahwa log telah dihapus.

Selain itu, metode ini memiliki batasan bahwa hanya 100 karakter pertama dari pesan yang dihapus yang akan terlihat. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang menjalankan Android 7.0 dan yang lebih baru. Pengguna hanya bisa mengambil teks yang berarti file media apapun tidak dapat dipulihkan.

Ini bukan pertama kalinya laporan mengenai cara melihat pesan Wa yang sudah dihapus yang telah muncul. Jonathan Zdziarski seorang pakar iOS tahun lalu telah mengklaim bahwa WhatsApp menyimpan log obrolan di perangkat meskipun diarsipkan atau dihapus. Tentu saja, jika Anda telah menggesek atau melihat pesan - itulah yang dibutuhkan dalam kasus log pemberitahuan Android Jefe yang dieksploitasi - kemampuan untuk membaca pesan WhatsApp yang sudah dihapus bukanlah menjadi solusi yang pas.

Salah satu penggunaan terbesar fitur Delete for Everyone di WhatsApp adalah saat pengguna mengirim pesan ke obrolan yang salah, atau jika pesan yang dikirim berisi kesalahan. Ini adalah fitur terbaru yang ditambahkan ke WhatsApp dalam daftar panjang fitur yang diperkenalkan tahun ini, dan merupakan perubahan terbesar pada aplikasi obrolan sejak tanda centang biru alias tanda pesan diterima di WhatsApp dirilis. Intinya selama masih belum 7 menit setelah pengiriman pesan, segeralah hapus pesan WhatsApp Anda maka pesan tidak akan dibaca oleh Anda dan penerima pesan Anda.

Demikianlah paparan mengenai cara melihat pesan Wa yang Sudah dihapus oleh Teman di Android. Semoga saja Anda bisa menggunakannya di iOS iPhone. Karena pada dasarnya sama saja. Sekian dan terimakasih. Baca juga: Cara Menambahkan Admin Grup Wa Lebih dari Satu.