Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak? Begini Caranya

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak - WhatsApp saat ini adalah layanan messenger paling populer dengan jumlah pengguna aktif terbanyak. Setiap hari sejumlah besar anggota baru bergabung dengan platform messenger ini. Saat menggunakan WhatsApp terkadang Anda mungkin mengalami masalah bahwa Anda tidak dapat menemukan kontak tertentu di WhatsApp. Mungkin ada beberapa alasan di balik masalah tersebut. Dalam tutorial ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengizinkan WhatsApp mengakses kontak serta mengaktifkan semua kontak termasuk kontak tersembunyi di WhatsApp. Baca juga: Cara Membuat Status WhatsApp Durasi Panjang Lebih Dari 30 Detik.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Umumnya kemungkinan bahwa kontak tersebut belum Anda simpan dalam daftar kontak. Jadi, periksa apakah nomor tersebut tersimpan dalam daftar kontak Anda. Jika tidak, maka tambahkan nomor di kontak Anda dengan kode ISD Internasional dan kemudian lihat kontak di daftar kontak WhatsApp Anda. Ingat untuk WhatsApp, format internasional sangat penting. Misalnya, jika nomor kontak untuk Indonesia, maka +62 sebelum nomor tersebut adalah suatu keharusan. Situasi lain adalah ketika kontak Anda tidak menggunakan WhatsApp. Dalam kasus ini, Anda tidak punya pilihan kecuali teman Anda bergabung dengan WhatsApp.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak Mudah

Jika kedua kondisi di atas baik-baik saja tapi tetap saja Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, maka Anda mungkin telah menandai kontak apa pun sebagai tersembunyi tanpa disengaja. Jika memungkinkan, pertama-tama cobalah untuk mengetahui bahwa semua Kontak Anda dalam buku telepon Anda. Jika itu juga tidak berhasil, maka Anda dapat mengaktifkan fitur yang akan menampilkan Semua kontak dalam daftar kontak Anda termasuk yang tersembunyi. Baca juga: Cara Mengirim Uang Lewat WhatsApp.

Bagi yang perangkatnya tidak memiliki manajer izin. Cukup buka Whatsapp > Navigasikan ke pengaturannya > Contacts > Centang kotak Show all contacts.

Simak langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buka WhatsApp. Ketuk pada tiga titik yang terletak di sudut kanan atas layar aplikasi.
  2. Klik pada Pengaturan.
  3. Klik Kontak.
  4. Sekarang ketuk Show All Contacts. Ini akan menampilkan semua kontak termasuk kontak tersembunyi.
Namun, jika masalahnya WhatsApp tidak dapat mengakses kontak dan belum memilki izin, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar WhatsApp bisa membaca dan mengakses kontak Android, iPhone dengan mengubah setting permission untuk WhatsApp.

Masuk ke pengaturan Settings > Security > App Permissions > Read Contacts.

Disini Anda pilih Messenger WhatsApp.

Selanjutnya Anda pilih opsi "Always allow" atau Selalu izinkan di tampilan pop up yang muncul. Untuk memberikan izin agar WhatsApp dapat mengakses kontak di ponsel Anda.

Cobalah untuk membuka aplikasi WhatsApp, masuk ke tab kontak kemudian Anda tekan pada menu tiga titik lalu tekan refresh.

Jika tidak berhasil dan kontak masih belum bisa diakses, cobalah Anda restart perangkat terlebih dahulu dan mencobanya kembali.

Itulah Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak perangkat Anda di Android dan iOS, semoga Anda bisa berhasil melakukannya. Jangan lupa selalu datang kembali untuk mendapatkan update artikel menarik lainnya. Silahkan Anda cari dari sitemap di atas atau dari tombol pencarian yang ada di situs ini. Baca juga: Cara Merekam Video Call WhatsApp Tanpa Root.