Cara Memilih HP Android yang Berkualitas Agar Awet Tahan Lama

Cara Memilih HP Android yang Berkualitas -- Bagi Anda yang akan membeli hp baru baik yang ori ataupun second, jelas akan sangat kebingungan saat melihat tipe, merk, spesifikasi dan jenis hp yang sudah bertebaran di pasaran, mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal. Tapi yang jelas, jika Anda mau membeli hp Android yang berlkualitas maka Anda tidak boleh ragu untuk menggelontorkan sejumlah seperti halnya semboyan Ada Uang Ada Kualitas Barang. Contohnya saja, Samsung Galaxy S9 dan iPhone X mereka berdua adalah smartphone Android termahal yang ada saat ini.

cara memilih hp Android yang berkualitas

Namun ingat, tidak semua hp yang mahal memberikan kualitas yang baik pula. Hal ini karena meskipun Anda sudah memilih hp Android yang mahal namun ternyata tidak sesuai kebutuhan, apa jadinya hp tersebut? Justru mubazir dan useless. Oleh karena itu, ada sedikit saran untuk memilih hp Android yang berkualitas itu jika sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai kita yang hanya orang biasa berupaya dengan sangat keras untuk membeli hp Samsung Galaxy Note 8. Memang hp tersebut mahal. Namun itu tidak sesuai dengan kantong kita. Samsung Galaxy Note Series sangat cocok bagi mereka yang memang datang dari kalangan pebisnis kantoran. Baca juga: Fitur Android P yang Mengesankan.

Perlu Anda ketahui bahwa diluar sana banyak sekali hp Android murah namun berkulitas baik misalnya saja smartphone Android dengan brand Xiaomi, Lenovo, Asus, Evercross, Smartfren Andromax, Advan, Acer, OPPO, Axioo, Vivo, Polytron, Huawei, OnePlus, Nokia, Himax, dan masih banyak lainya. Semua brand smartphone android ini terbilang memang sangat cocok dengan budget anggaran. Mereka memiliki spesifikasi yang tidak kalah bagusnya dengan smartphone flagship. Kita ambil contoh saja Xiaomi Mi A1, OPPO F5, OPPO F7, Vivo V7, Vivo V9, Nokia 8, Nokia 6 dan sebagainya. Hp-Hp Android ini murah dan memiliki spesifikasi yang mumpuni karena kebanyakan sudah hadir dengan OS Android 8.0 Oreo dan Android 7.0 Nougat.

Nah dari pada Anda kebingungan mau memilih hp Android yang bagus dan memiliki kualitas yang baik, admin sudah menyediakan sedikit tips cara memilih dan membeli hp Android yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Panduan memilih hp Android ini hanya berdasarkan survei jadi ada kemungkinan berbeda dari orang yang satu ke orang yang lain.

Cara Memilih dan Membeli Hp Android Berkualitas Baik Sesuai dengan Budget

Admin memiliki beberapa saran untuk memilih dan membeli hp Android yang baik agar Anda tidak sia-sia sudah membelinya dan nantinya sesuai dengan kinerja yang Anda harapkan. Jadi pastikan bahwa Anda sudah mengecek semua tips jitu memilih hp Android di bawah ini.

Cek CPU
Anda harus mengecek CPU saat membeli hp Android. Ini adalah hal utama saat membeli hp Android yang berkualitas. Jangan sampai Anda membeli hp dengan CPU yang rendah. Pasalnya, jika Anda memilih hp dengan CPU yang rendah maka jangan heran kalau hp Android Anda akan sering lag atau patah-patah saat dioperasikan walaupun Anda tidak memiliki banyak aplikasi yang terinstall. Baca juga: Cara Update Android 8.0 Oreo di Samsung Galaxy A8 (2018).

Cek RAM
Apabila prosesor berposisi sebagai otak, maka RAM adalah ingatanya. RAM berfungsi saat Anda mengoperasikan beberapa aplikasi secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka semakin besar pula memori hp yang dibutuhkan. Sehingga jika hp Android Anda memiliki RAM yang besar, Anda dapat berpindah antar aplikasi yang satu dengan yang lain dengan lancar. Tapi ingat, jika Anda salah memilih RAM hp yang kecil maka hp Android Anda akan lemot dan aplikasi yang Anda jalankan menjadi sering stuck dan force close sendiri.

Cek GPU
Fungsi dari GPU ialah sebagai alat pemroses grafis. Maka dengan memilih GPU Android yang baik, performa 2D dan 3D hp Anda akan sangat cepat dan lancar. Misalnya saat Anda menonton streaming video dan bermain game, tidak akan pernah ada lag atau patah-patah. Selain itu, GPU yang baik di HP Anda juga akan memberikan tampilan grafis yang indah, detail dan jernih.

Cek Internal ROM Memory
Untuk tujuan pemenuhan kebutuhan multimedia, internal memori hp yang besar menjadi sangat penting karena Anda leluasa menyimpan berbagai jenis file besar seperti video, musik, arsip, dokumen dan masih banyak lagi. Disamping itu, Anda masih bisa memasang aplikasi dan game di hp Android Anda meski berukuran yang besar.

Cek Sistem Operasi Android
Sesuatu yang tidak kalah penting saat membeli hp Android berkualitas adalah dengan memilih sistem operasi (Operating System) yang tepat. Jika Anda tidak memilih OS Android yang pas maka hp Android Anda tidak dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sedikit informasi saja bahwa Android merupakan OS yang paling banyak digunakan dan digemari saat ini. Hal ini karena Android merupakan sistem operasi yang sangat mudah dicustomisasi. Maka tak heran, Android telah memiliki banyak macamnya. Misalnya Android Alpha, Beta, 1.5 Cupcake, versi 1.6 Donut, 2.x Eclair, 2.2 Froyo, 2.3 Gingerbread, 3.x Honeycomb, 4.x Ice Cream Sandwich, 4.2 Jellybean, 4.4 KitKat, 5.0 Lolipop, 6.0 Marshmallow, 7.0 Nougat, 8.0 Oreo, dan rumornya Android 9.0 versi beta yang entah apa namanya (rumornya bernama Android 9.0 Pancake) juga sudah dirilis oleh Google beberapa hari lalu. Jadi pilihlah OS Android yang terbaru untuk hp Android Anda karena akan mengusung fitur yang sangat beragam dan menarik.

Cek Baterai
Baterai adalah hardware yang sangat penting berikutnya yang harus Anda perhatikan saat membeli hp Android yang berkualitas. Memilih baterai akan sangat berimbas pada ukuran smartphone. Biasanya saat hp Android datang dengan kapasitas yang besar maka ukuran fisik dari hp juga cukup besar. Tapi jangan khawatir karena kadang-kadang hp Android yang slim dan ramping juga mengusung kapasitas baterai yang besar. Tapi selalu ingat, baterai di hp Android akan menjadi hal krusial yang harus Anda perhatikan karena kebanyakan baterai Android sering lowbat dan boros so perhatikan saat membeli hp Android.

Cek Jaringan
Masalah jaringan antara negara kita dengan negara lain sangat berbeda, oleh karena itu hp Android dari luar negeri sulit menangkap jaringan di Indonesia. Penyebabnya adalah perbedaan teknologi, frekuensi atau hp yang Anda beli dikunci oleh operator oleh negara asalnya. Jadi beli hp android berkualitas harus tahu jaringannya. Kalau saran admin, beli dengan Jaringan 4G LTE saja karena sudah sangat kencang.

Mungkin itu saja apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih hp Android yang berkualitas agar tahan lama. Ingat betul, masalah display, kamera, desain, dan sensor hanyalah masalah minoritas. Mau pakai layar lebar 18:9 atau yang lebih kecil itu sama saja tergantung pemakaian saja. Memang kalau masalah sensor sidik jari atau facial unlock menjadi sistem keamanan mutakhir juga bisa Anda pakai sebagai patokan saat memilih hp Android namun untuk masalah keamanan saja bukan berkualitas.

Sekian paparan admin mengenai Cara Memilih HP Android yang Berkualitas. Semoga saja Anda bisa memilih hp Android sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa cari artikel terkait lainnya di kotak telusur admin. Sekian. Baca juga: Cara Install Android P di Smartphone Anda.