Cara Kompres Ukuran Video di WhatsApp dengan Mudah

Cara Kompres Ukuran Video di WhatsApp, Cara Mengecilkan Ukuran Video di WhatsApp -- Sharing video via WhatsApp memang sangat menyenangkan. Tapi karena pembatasan pada ukuran file yang telah diberlakukan WhatsApp, seseorang tidak dapat mengirim file video lebih dari 16 MB. Oleh karena itu, untuk berbagi file video berukuran besar, seseorang pasti perlu dilengkapi beberapa alat praktis untuk kompres video di WhatsApp.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di WhatsApp

Untuk mengatsi hal diatas maka admin akan membahas hal yang sama secara terpisah untuk pengguna Android, Desktop, dan iOS. Berikut adalah penjelasannya. Baca juga: Download Aplikasi Untuk Menyimpan Status WhatsApp di Android

Begini Cara Merubah Ukuran Video Menjadi Lebih Kecil Dari 16 MB di WhatsApp

Disini nanti Anda akan mendapatkan beberapa panduan untuk mengompres ukuran video WhatsApp di Android dan iOS. Silahkan simak satu demi satu.

Pengguna Android

Play Store memiliki sejumlah besar aplikasi kompresor video yang dapat Anda gunakan dengan mudah untuk mengurangi ukuran video dan berbagi di WhatsApp. Anda dapat menggunakan aplikasi yang cocok yang sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan hal yang sama.
  1. Buka Google Play Store dan telusuri aplikasi "VideoShow-Video Editor, Video Maker with Music" atau klik di sini.
  2. Download aplikasinya dan install di Android Anda. Berikutnya, jalankan aplikasinya.
  3. Ketuk tombol "Compress" setelah membuka aplikasi. Setelah itu, semua video Anda akan ditampilkan dengan cara yang diatur.
  4. Setelah memilih video yang diinginkan Anda harus memilih opsi untuk melakukan kompresi video. Di aplikasi ini, tombol di sudut kanan atas digunakan untuk hal yang sama. Begitu Anda menekan tombol ini, Anda akan diminta untuk memilih kualitas video di antara berbagai pilihan.
  5. Dengan video yang sedang dikompres, sekarang Anda dapat menekan ikon WhatsApp untuk berbagi video melalui WhatsApp. Setelah menekan ikon, video akan diekspor ke WhatsApp dan bisa langsung dibagikan sekarang.
Jika Anda sudah bisa dengan Android namun belum maksimal maka Anda bisa mencoba cara yang di bawah ini.

Alat Kompresor Video Online

Jika Anda menggunakan WhatsApp Web melalui Desktop atau Laptop Anda, Anda dapat dengan mudah memampatkan video menggunakan alat kompresor video online. Admin menggunakan alat pengompres video online gratis yang disebut "videosmaller".
  1. Buka videosmaller dan klik pada pilihan "Browse" untuk memilih file video dari sistem komputer Anda yang ingin Anda kompres.
  2. Setelah itu ketuk pada tombol "Upload video". Ini akan menunjukkan statusnya jika selesai. Download saja file dengan mengklik opsi download.
  3. Sekarang, buka halaman WhatsApp Web Anda dan klik pada tombol pasang di sudut kanan atas, dan pilih ikon "Foto & Video".
  4. Setelah itu, Anda dapat memilih video yang dikompres dengan mudah dari sistem Anda dan setelah pemilihan video terkompres kirimkan saja dengan menekan tombol kirim yang mirip dengan yang ada di versi aplikasi WhatsApp.
Begitulah jika Anda menggunakan situs pihak ketiga untuk mengecilkan ukuran video di WhatsApp.

Pengguna iOS

Di sini, admin telah mengkompres video untuk WhatsApp di versi web Android dan WhatsApp. Namun, metode ini kurang lebih sama untuk pengguna iOS juga. Anda dapat menggunakan aplikasi praktis ini yang bernama "Smart Video Compressor" untuk kompresi video WhatsApp yang tersedia di App Store. Baca juga: Cara Memain Video Youtube di WhatsApp dengan Mode PiP.

Admin berharap agar anda menyukai tutorial ini. Demikianlah paparan admin mengenai cara kompres ukuran video di WhatsApp agar lebih kecil. Semoga saja bermanfaat.


Download Aplikasi Smart Video Compressor.