Ketahui Cara Boot Masuk Safe Mode di Windows 10

Cara Boot Masuk Safe Mode di Windows 10 -- Setelah mengupgrade ke Windows 10, Anda mungkin tahu bahwa Anda tidak dapat mengakses Safe Mode dengan menekan tombol F8 saat startup. Ini bisa membuat frustasi terutama saat Anda tidak bisa menjalankan Windows secara normal.

Cara Boot Masuk Safe Mode di Windows 10

Di posting ini, admin akan menjelaskan mengapa F8 tidak lagi bekerja dan menunjukkan cara lain untuk masuk ke Safe Mode di Windows 10. Baca juga: Cara Melihat Password Wi-Fi di Windows 10.

Mengapa Anda tidak bisa Mengakses Safe Mode Menggunakan F8?

Pada versi Windows sebelumnya seperti Windows 7, pada awal boot, Anda dapat menekan tombol F8 untuk mengakses menu Advanced Boot Options, di mana Anda dapat mengaktifkan Safe Mode. Tapi pada Windows 10, tombol F8 tidak bekerja lagi. Tidak peduli berapa kali Anda sudah mencoba. Anda pasti bertanya-tanya mengapa ini terjadi. Apakah itu dihapus dari Windows 10?

Sebenarnya tombol F8 masih tersedia untuk mengakses menu Advanced Boot Options pada Windows 10. Tapi mulai dari Windows 8 (F8 tidak bekerja pada Windows 8 juga.), Agar waktu booting lebih cepat, Microsoft telah menonaktifkan fitur ini. secara default Artinya boot Windows 10 terlalu cepat untuk memiliki waktu untuk membiarkan sesuatu mengganggu. Jika Anda ingin menggunakan tombol F8 untuk mengakses Safe Mode, Anda harus mengaktifkan fitur ini secara manual.

Bagaimana Cara Memperbaiki F8 Agar Dapat Digunakan Kembali?

Fitur menu booting F8 dinonaktifkan pada Windows 10 secara default. Kabar baiknya adalah Anda bisa memperbaikinya agar bekerja lagi dengan perintah Boot Configuration Data (BCD) Edit. BCD Edit adalah alat yang dibuat untuk mengendalikan bagaimana sistem operasi dijalankan. Anda bisa menggunakannya untuk mengaktifkan menu boot F8 dengan mudah. Ikuti saja langkah-langkah ini:

1) Buka Command Prompt sebagai administrator. Anda memerlukan kredensial administratif untuk memodifikasi BCD.

2) Copy perintah berikut dan paste di Command Prompt. Kemudian pada keyboard Anda, tekan tombol Enter.

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy.

3) Reboot PC Anda. Sebelum logo Windows muncul, tekan F8 untuk mengakses menu Boot Options. Kemudian pilih Safe Mode.

Catatan: Anda bisa mendapatkan F8 bekerja lagi hanya saat Anda bisa mengakses Windows. Jika Anda tidak bisa menjalankan Windows secara normal, Anda perlu menggunakan cara lain yang efektif. Baca juga: Cara Memperbaiki Blue Screen Windows 7.


Bagaimana Cara Boot ke Safe Mode di Windows 10?

Selain dengan menekan tombol F8, ada banyak cara lain untuk boot ke Safe Mode di Windows 10. Di posting ini, Anda akan belajar cara termudah masuk ke safe mode di Windows 10. Jika Anda mengalami masalah serius (misalnya layar biru) dan tidak bisa menjalankan Windows secara normal, gunakan cara pertama untuk masuk ke Safe Mode. Jika Anda menggunakan Windows Normal Mode, gunakan cara kedua. Jika Anda boot ke login screen (Anda dapat menyebutnya layar masuk), gunakan cara ketiga.

Ringkasan:

Cara 1: Cara Masuk Safe Mode saat Windows Tidak Bisa Booting Normal.
Cara 2: Cara Masuk Safe Mode dari Normal Mode.
Cara 3: Cara Memulai Safe Mode dari Layar Login.

Cara Masuk Safe Mode Saat Anda tidak Dapat Melakukan Booting Normal

Safe Mode terbuka dengan sekumpulan driver, perangkat lunak dan layanan minimum. Biasanya, ketika Windows tidak berjalan normal, Safe Mode dimulai tanpa masalah. Ini berguna bagi Anda untuk memecahkan masalah di sana.

Cara ini bekerja efektif bila Anda tidak bisa boot di Windows 10 secara normal.

1) Pastikan PC Anda tidak aktif.

2) Tekan tombol power untuk menghidupkan PC Anda, kemudian tahan tombol power ke bawah sampai PC mati secara otomatis (sekitar 5 detik). Ulangi ini lebih dari 2 kali sampai Anda melihat Preparing Automatic Repair.

Catatan: Langkah ini bertujuan untuk memunculkan layar Preparing Automatic Repair. Saat Windows tidak bisa boot dengan benar, layar ini muncul dan Windows mencoba memperbaiki masalahnya dengan sendirinya. Jika Anda pernah melihat layar ini pada saat pertama kali menyalakan komputer, lewati langkah ini.

Kemudian tunggu sampai Windows mendiagnosis PC Anda.

3) Klik opsi Advanced, maka sistem akan memunculkan layar Windows RE (Pemulihan lingkungan.).

4) Pada layar Windows RE (Pemulihan lingkungan), klik Troubleshoot.

5) Pada layar Troubleshoot, klik opsi Advanced.

6) Klik Startup Settings untuk melanjutkan.

7) Klik Restart. Komputer akan direstart dan layar lain terbuka menampilkan daftar pilihan startup yang berbeda.

8) Pada keyboard Anda, tekan tombol angka 4 untuk masuk ke Safe Mode tanpa jaringan. (Jika Anda perlu melakukan riset online setelah boot ke mode aman, tekan tombol angka 5 untuk masuk ke Safe Mode dengan akses jaringan.)

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dari Normal Mode

Jika Anda sudah memulai Windows dengan normal, Anda bisa boot ke safe mode menggunakan alat System Configuration. Alat System Configuration memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi bagaimana PC Anda dimulai, prosedur boot, item startup, dll.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuka alat System Configuration dan mengatur Windows mulai dalam Safe Mode. Hanya 4 langkah seperti di bawah ini:

1) Pada keyboard Anda, tekan tombol Win + R (tombol logo Windows dan tombol R) pada saat bersamaan untuk meminta kotak Run.

2) Ketik msconfig dan klik OK. Kemudian System Configurations akan terbuka.

3) Saat System Configuration terbuka, klik tab Boot. Di bawah opsi Boot, centang Safe boot lalu klik OK.

4) Saat Anda diminta untuk me-restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan ini, klik Restart lalu Anda akan boot ke Safe Mode.

PENTING: Jika Anda ingin menjalankan Windows 10 di Normal Mode, pastikan boot aman tidak dicentang.

Cara Memulai Safe Mode Windows 10 Dari Layar Login

Jika Anda bisa boot ke layar login, Anda bisa masuk Safe Mode dari layar login. Langkah-langkahnya mirip dengan langkah-langkah pada cara pertama diatas saat tidak bisa boot dengan normal.

1) Pada keyboard Anda, tahan tombol Shift.

2) Sambil menahan tombol Shift, pada login screen (Anda bisa menyebutnya layar masuk), di kanan bawah pojok, klik tombol power lalu pilih Restart. Kemudian Windows akan memunculkan layar Windows RE (Recovery environment).

3) Pada layar Windows RE (Pemulihan lingkungan), klik Troubleshoot.

4) Pada layar Troubleshoot, klik opsi Advanced.

5) Klik Startup Settings.

6) Klik Restart. Komputer akan direstart dan layar lain terbuka menunjukkan banyak pilihan startup yang berbeda.

7) Pada keyboard Anda, tekan tombol angka 4 untuk masuk ke Safe Mode tanpa jaringan. (Jika Anda perlu melakukan riset online setelah melakukan booting ke mode aman, tekan tombol angka 5 untuk masuk ke Safe Mode dengan akses jaringan.)

Semoga petunjuk di posting ini membantu Anda boot ke Safe Mode di Windows 10. Jika mereka tidak bekerja untuk Anda, jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini dan beri tahu admin bagaimana cara memperbaikinya. Jika Anda memiliki gagasan atau pertanyaan, tolong beritahu admin.

Demikianlah penjelasan mengenai cara masuk safe mode di windows 10. Semoga Anda berhasil memperbaiki Windows 10 Anda yang crash atau blue screen. Sekian. Baca juga: Cara Mematikan Shutdown Windows 8 / 8.1.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Nrimo ing Pandum. Ngabekti maring Gusti. Tumindak ala bakal oleh Piwalese. Amin