Inilah Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop dengan Mudah

Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop -- Jika Anda sedang mencari tahu bagaimana cara menghubungkan wi-fi ke laptop maka Anda datang ditempat yang benar. Anda bisa mengikuti sesuai dengan petunjuk admin berikut ini agar bisa menyambungkan Wi-Fi ke Laptop.

Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop

Adapun penjelasan bagaimana ini akan bekerja maka Anda harus mengikuti ulasan admin hingga selesai. Anda jangan sampai ketinggalan satu step saja terhadap cara menyambungkan Wi-Fi ke Laptop. Untuk lebih jelasnya, admin awali dengan manfaat wi-fi dan bagaimana cara kerja Wi-Fi. Baca juga: Cara Shutdown Mematikan Windows 8 / 8.1.


Manfaat Utama Wi-Fi dan Dasar Cara Kerjanya

Manfaat wifi sudah jelas: koneksi internet Wi-Fi berarti perangkat tidak terikat pada lokasi tetap di dalam properti. Begini, Wi-Fi mentransmisikan koneksi internet properti melalui sinyal radio khusus, memungkinkan Anda bergerak dari satu ruangan ke tempat lain, tanpa gangguan koneksi internet Anda.

Ini jelas sangat berguna bagi pengguna laptop, tablet dan perangkat mobile. Begitu Anda terhubung dengan wifi, akses ke internet tiba-tiba jauh lebih nyaman dan fleksibel.

Jadi dengan menggunakan Wi-Fi Anda bisa lebih nyaman dalam berselancar di dunia maya jika dibandingkan dengan tethering ponsel yang kecepatannya kadang jauh berada di bawah. Intinya, jika laptop dihubungkan dengan Wi-Fi maka koneksi internet akan jauh lebih stabil.

Dasar-dasar Wi-Fi

Berikut adalah dasar-dasar menggunakan Wi-Fi. Silahkan simak.
  • Wifi adalah teknologi nirkabel yang digunakan semua perangkat internet untuk online - tanpa memakai kabel.
  • Home wifi internet dimungkinkan melalui router nirkabel, yang pada dasarnya adalah sebuah kotak yang mentransmisikan dan menerima sinyal nirkabel antara koneksi internet dan perangkat berkemampuan internet.
  • Untuk berkomunikasi dengan router dan terhubung ke wifi, perangkat harus memiliki adaptor nirkabel. Sebagian besar perangkat berkemampuan internet saat ini hadir dengan adaptor nirkabel yang terpasang - namun komputer lama mungkin memerlukan adaptor plug-in agar bisa online tanpa kabel.
Itulah dasar-dasar menggunakan Wi-Fi.

Cara Menghubungkan Wi-Fi Terdekat ke Laptop Anda


Langkah-langkah berikut dijalankan melalui langkah-langkah umum yang perlu dilakukan seseorang untuk terhubung ke internet via wifi.

Langkah 1: Tempatkan diri Anda di properti atau ruang publik yang memiliki router nirkabel. Yaitu di suatu tempat di mana sinyal wifi sedang dikirim.

Langkah 2: Pastikan perangkat yang akan Anda gunakan adalah a.) Mampu terhubung ke internet dan b.) Mampu terhubung ke wifi.

Langkah 3: Cari tahu nama jaringan wifi yang digunakan router di lokasi Anda. Itu benar, setiap jaringan wifi memiliki nama unik tersendiri. Terkadang ini bisa menjadi urutan angka acak dan huruf jika ditetapkan secara default di router - namun orang sering mempersonalisasikan nama jaringan wifi untuk membantu pengguna mengidentifikasi pemiliknya. Misalnya. "Keluarga Banu wifi" atau "Bob's Cafe".

Langkah 4: Setelah Anda mengetahui nama jaringan wifi, gunakan perangkat yang Anda pilih untuk menemukannya. Ini akan bervariasi antar perangkat (tergantung pada apakah Anda menggunakan komputer Windows atau Mac, atau perangkat seluler). Namun, proses untuk menghubungkan ke wifi hampir sama, navigasikan ke pengaturan wifi> nyalakan wifi> klik pada nama jaringan wifi Anda> klik "connect".

Langkah 5: Banyak jaringan wifi dibuat pribadi, dengan akses dibatasi melalui kata sandi. Jika jaringan wifi pilihan Anda dilindungi kata sandi, pada titik ini akan meminta Anda memasukkan kata sandinya. Pastikan Anda memiliki password dan masukkan.

Anda sekarang terhubung ke wifi jika sudah benar memasukkan password di jaringan Wi-Fi Anda.

Contoh Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop Windows 10

Berikut admin berikan contoh bagaimana cara menyambungkan Wi-Fi ke Laptop Windows 10. Silahkan baca pelan-pelan. Yang Anda butuhkan adalah sebuah router nirkabel dan komputer Windows 10 dengan adaptor nirkabel built-in atau adaptor terpisah.

Ikuti petunjuk langkah demi langkah untuk menyambungkan Wi-Fi ke Laptop Windows 10 dibawah ini.
Langkah 1: Set up router nirkabel Anda. Sebagian besar penyedia layanan internet sekarang memasok router nirkabel sebagai standar. Saat menyiapkannya, penting untuk memberikan keamanan yang sesuai agar komputer Anda tidak dapat dimasuki oleh siapa pun kecuali Anda. Instruksi untuk ini harus disertakan dengan router, namun jika ragu, berkonsultasilah dengan ahli.

Langkah 2: Pastikan komputer Anda dilengkapi adaptor nirkabel terintegrasi. Laptop modern jaman sekarang umumnya memiliki satu, tapi kebanyakan komputer desktop tidak.

Untuk memeriksa apakah ada adaptor built-in, Anda dapat mencari 'Device manager' di komputer Anda. Kemudian cari 'Display adapter'.

Jika ada adaptor wifi, ikon wifi juga harus muncul di system tray di sudut kanan bawah layar. Pada Windows 10.

Jika Anda tidak memiliki adaptor nirkabel, Anda harus membelinya dengan salah satu port USB komputer Anda. Adaptor harus dilengkapi lengkap dengan petunjuk bagaimana menggunakannya untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Untuk laptop pilih ikon Network pada System Tray. Ikon yang muncul tergantung pada status koneksi Anda saat ini. Jika Anda tidak melihat salah satu ikon jaringan di bawah atau yang serupa, pilih ikon panah ke atas untuk melihat apakah gambar itu muncul di sana.

Langkah 3: Untuk menyambung ke jaringan Wi-Fi, klik ikon wifi. Anda sekarang harus melihat daftar jaringan yang tersedia

Langkah 4: Untuk terhubung ke jaringan, cukup klik namanya. Jika itu adalah jaringan aman dan ini pertama kalinya Anda menggunakannya, Anda memerlukan kata sandi. Jika itu jaringan rumah Anda, penyedia internet Anda akan memberi Anda kata sandi - terkadang dicetak pada stiker yang terpasang pada router.
Jika Anda akan menggunakan koneksi yang sama secara teratur, Anda dapat mencentang kotak untuk terhubung secara otomatis.

Langkah 5: Setelah Anda membuat sambungan, Windows 10 PC Anda akan menanyakan apakah Anda ingin menetapkan lokasinya sebagai pribadi atau sebagai publik. Jika Anda memilih Ya, Anda akan "membiarkan PC Anda ditemukan oleh PC dan perangkat lain di jaringan ini", dan itulah yang harus Anda lakukan jika Anda terhubung ke jaringan nirkabel rumah atau kantor Anda. Jika Anda terhubung ke jaringan nirkabel publik, pilih Tidak. Jika Anda tidak memilih apapun dan cukup menutup dialog ini, Anda harus tahu bahwa Windows 10 akan mengatur jaringan baru ini sebagai publik, secara default.
Setelah selesai melakukan ini, perangkat Anda akhirnya terhubung ke internet.

Peringatan: Berhati-hatilah jika Anda terhubung ke jaringan nirkabel tanpa jaminan seperti hotspot wifi 'di tempat umum. Sementara pada mereka, penting untuk tidak menggunakan situs web yang mengharuskan Anda memasukkan detail pribadi atau keuangan karena pengguna jaringan lainnya dapat memperoleh akses ke rincian ini.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghubungkan Wi-Fi ke Laptop. Semoga Anda bisa mengikuti tutorial dari admin diatas. Sekian dan terimakasih. Baca juga: Download Resetter Epson L120.