Inilah Cara Memulihkan Mengembalikan File Yang Terhapus di SD Card Android

Cara Memulihkan Mengembalikan File Yang Terhapus di SD Card Android -- Anda dapat dengan mudah melihat penggunaan kartu SD di hampir semua gadget keren Anda, seperti seri Samsung Galaxy, karena semua camcorder dilengkapi dengan penyimpanan kartu memori atau kartu Hybrid dengan hard drive built-in dan sebagainya. Anda pasti sangat menyakitkan saat kehilangan data dari kartu SD tersebut. Nah, yang ingin Anda lakukan hanyalah memulihkan file yang terhapus dari kartu SD.

Cara Memulihkan Mengembalikn File Yang Terhapus di SD Card Android

Umumnya, Anda mungkin kehilangan data dari kartu SD dalam situasi berikut:
• Sengaja menghapus file dari kartu SD
• Kartu SD terformat
• Kartu SD rusak atau tidak dapat diakses
• Infeksi virus
• Masalah listrik
• Dan masih banyak lainnya
Untuk mengatasi masalah kehilangan data kartu SD ini, silakan periksa panduan ini dan Anda dapat menemukan solusinya dengan mudah di sini. Baca juga: Cara Mengatur DNS di Android dengan Mudah.

Tutorial: Cara Recover File Terhapus dari SD Card Android

Android Data Recovery merupakan program aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda memulihkan foto / pitures dan video dari kartu SD di perangkat Android, serta data lainnya yang hilang seperti kontak dan pesan pada kartu SIM. Sekarang, tolong beralih ke panduan langkah-demi-langkah tentang cara mengembalikan data yang terhapus dari kartu SD Android.

Pertama-tama, Anda perlu mendownload program ke komputer Anda. Pilih versi yang tepat untuk komputer Anda dan kemudian Anda dapat memulihkan file dari kartu SD yang rusak.

Langkah 1 Mencegah File Anda Overwritten

Anda akan diminta untuk tidak memperbarui Android lagi setelah menemukan data Android hilang. Tidak masalah bagaimana mereka hilang, rusak, gagal upgrade, mati, dan sebagainya. Anda harus berhenti mengupdate apapun ke Android Anda dan mendownload Android Data Recovery di komputer Anda untuk mengembalikan data yang telah dihapus.

Langkah 2 Jalankan Program Pemulihan Data Android

Download dan instal perangkat lunak pada PC atau Mac Anda. Jalankan programnya, pilih mode "Android SD Card Data Recovery" di kolom kiri.

Langkah 3 Hubungkan SD Card ke Komputer

Masukkan kartu SD Anda ke dalam card reader dan hubungkan pembaca ke komputer, lalu tekan tombol "Next" untuk pindah ke langkah berikutnya. Saat kartu SD Anda terdeteksi, kartu SD Anda akan ditampilkan di antarmuka dengan ukuran dan nama. Pilih dan tekan tombol "Next".

Kemudian, pilih mode pemindaian penyimpanan untuk memulai. Ada tiga mode yang disediakan, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 4 Menganalisis dan Memindai Kartu SD Android Anda

Perangkat lunak ini akan mulai memindai kartu SD Anda untuk mencari file yang hilang. Catatan: Anda hanya bisa mengembalikan foto, video, audio dan dokumen dari SD Card. Jika Anda ingin memulihkan data lain, Anda harus memindai ponsel Android.

Langkah 5 Pratinjau dan pulihkan data dari kartu SD Android

Setelah selesai memindai kartu SD, Anda akan dapat melihat file yang ditemukan seperti foto, audio, video dan dokumen, sehingga bisa memeriksa apakah file yang hilang ditemukan atau tidak. Kemudian pilih file yang ingin Anda pulihkan dari kartu SD dan klik tombol "Recover".

Masalah Umum Saat Menggunakan Kartu SD di Android

Berikut adalah daftar masalah umum saat menggunakan kartu SD di Android.

Masalah 1: Masalah Pemasangan Kartu SD di Android

Saat Anda melepaskan kartu SD dari perangkat Android atau mentransfer data dari penyimpanan perangkat ke kartu SD, terkadang Anda akan mendapatkan kesalahan pemasangan dengan kartu SD Anda. Cara mengatasi masalah pemasangan kartu SD di Android selalu mengacu pada dua langkah: Unmount SD Card dan Format SD Card.

Masalah 2: Penyimpanan Tidak Cukup Tersedia Kesalahan Saat Download Apps di kartu SD

Pernahkah Anda menemukan situasi saat Anda mendownload aplikasi ke Android Anda, ternyata memberitahukan bahwa penyimpanannya tidak mencukupi? Sebenarnya saat mendownload aplikasi di Android Anda, itu akan disimpan di penyimpanan internal Anda secara default. Jika Anda sudah menemukan alasannya, tidak sulit menyelesaikan kesalahan penyimpanan yang tidak memadai.

Masalah 3:  "Mempersiapkan Kartu SD" Kesalahan Terjebak di Android

Saat memasukkan kartu SD ke ponsel Android Anda, itu terus menunjukkan bahwa "Preparing for SD Card. Checking for Errors ". Maka Anda harus segera mencari solusinya.

Masalah 4: Tidak Dapat Melihat Foto yang Disimpan di SD Card di Galeri di Android

Kita kadang-kadang akan memasukkan kartu SD ke ponsel Android kita sehingga bisa menyimpan lebih banyak file pada gadget. Namun, saat Anda memeriksa foto dari kartu SD di perangkat Anda, Anda tidak dapat menemukannya. Untuk memperbaiki masalah karena tidak dapat melihat foto yang tersimpan dalam kartu SD di Galeri di Android, Anda dapat mencoba me-reboot perangkat, memasukkan kembali kartu SD, memeriksa apakah foto dapat dilihat di komputer atau direktori pada kartu SD, atau format kartu SD.

Masalah 5: Bagaimana Memindahkan File dari Penyimpanan Internal ke SD Card di Android?

Untuk mentransfer file dari memori internal ke kartu SD di smartphone Samsung Anda, Anda dianjurkan untuk mencoba aplikasi File To SD Card dan sekarang Anda dapat mendownloadnya di Google Play.

Files To SD Card adalah aplikasi yang sangat berguna dan efektif yang memungkinkan Anda memindahkan file media seperti foto, video dan download dari memori internal ke kartu SD. Ini sangat bagus karena ruang penyimpanan memori internal bisa dibatasi. Tapi perlu diketahui bahwa aplikasi hanya bekerja dengan satu fitur - mentransfer data dari memori ke kartu SD dan Anda tidak dapat melakukan apa-apa lagi.

Sering-seringlah membuat cadangan Android Anda. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah memulihkan data Android dan tidak perlu khawatir kehilangan foto dan video penting di Android Anda. Selain foto dan video dari kartu SD, Android Data Recovery juga memungkinkan Anda memulihkan kontak dan pesan dari kartu SIM di perangkat Android Anda. Baca juga: Cara Mudah Menghemat Baterai dan RAM di Android.

Sekian penjelasan kali ini mengenai cara memulihkan atau mengembalikan File yang Terhapus di Android. Semoga Anda berhasil dan dapat menemukan file-file penting Anda yang terhapus di Android.