Cara Update Android Nougat dan MIUI 9 di Xiaomi Redmi 4/4X

Cara Update Android Nougat dan MIUI 9 di Xiaomi Redmi 4/4X -- Menurut sebuah laporan baru-baru ini, pembuat smartphone China Xiaomi mulai meluncurkan update Android 7.0 Nougat untuk Redmi Note 4X. Secara khusus, pembaruan perangkat lunak terbaru tampaknya telah dirilis dan ketersediaannya dapat berkembang ke negara-negara lain di belahan dunia, walaupun tidak ada informasi mengenai masalah tersebut yang telah diumumkan oleh Xiaomi dalam kapasitas resmi apapun.

Cara Update Android Nougat dan MIUI 9 di Xiaomi Redmi 4/4X

Update software terbaru membawa Android Nougat ke Redmi Note 4X serta patch keamanan yang diluncurkan oleh Google pada awal Juni. Paket perangkat lunak berbobot sekitar 1,3GB dan seperti biasa, disarankan untuk m
endownload dan menerapkannya di atas jaringan Wi-Fi aktif untuk menghindari kemungkinan biaya tambahan pada tagihan telepon bulanan Anda. Perlu dicatat juga bahwa sementara Xiaomi saat ini sedang berupaya memperluas ketersediaan MIUI 9, update terbaru untuk Redmi Note 4X mendorong UI proprietary ke versi 8.5. Terbukti, ini disebabkan oleh fakta bahwa Xiaomi sedang dalam proses memperluas ketersediaan MIUI 9 untuk jajaran smartphone-nya di China, yang mendapat prioritas atas model yang menjalankan versi Internasional perangkat lunak. Sedangkan untuk update di tangan, Android Nougat harus memperbaiki masa pakai baterai melalui mode Doze yang telah diperbarui dan juga lebih meningkatkan keseluruhan kinerja perangkat. Seperti biasa, Xiaomi meluncurkan paket perangkat lunak terbaru sebagai update over-the-air (OTA), yang berarti pemilik Redmi Note 4X harus menerima pemberitahuan update dalam beberapa hari mendatang. Sebagai alternatif, pembaruan dapat dipicu secara manual dari menu Settings pada perangkat, namun bagaimanapun, disarankan agar perangkat memiliki setidaknya 50 persen masa pakai baterai yang tersisa sebelum melanjutkan proses download. Baca juga: Cara Screenshot Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus.

Xiaomi Redmi 4X diluncurkan pada bulan Februari yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow dan MIUI 8.0. Pembaruan ke MIUI 9.0 diatur untuk mulai diluncurkan pada tanggal 11 Agustus, meskipun rilis khusus saat ini hanya diperuntukkan bagi beberapa yang memiliki smartphone Xiaomi di China, termasuk Mi 6 dan Redmi Note 4X. Saat ini, tidak ada berita resmi mengenai peluncuran MIUI 9 secara global, namun demikian, versi OS baru ini tampaknya telah menarik banyak perhatian, dengan lebih dari 1,5 juta aplikasi beta tertutup untuk MIUI 9 yang terdaftar oleh Xiaomi atas hanya dua minggu lagi.

Inilah Cara Update Android Nougat di Xiaomi Redmi 4/4x Secara Manual

Sebelum Anda memulai dalam meng-update sistem Android Nougat di Xiaomi Redmi 4x maka Anda harus download terlebih dahulu Recovery ROM for Redmi 4/4x dan Fastboot ROM for Redmi 4/4x. Jika sudah maka Anda harus mengikuti step demi step pemasangannya dengan benar. Jangan lupa lakukan backup pada perangkat Anda. Tak ketinggalan, Anda harus menyediakan kapasitas baterai yang cukup agar proses update atau upgrade Android Nougat di Redmi 4x bisa berjalan hingga selesai.

Cara Memasang MIUI 9 Recovery ROM di Xiaomi Redmi 4/4x

1) Pertama, pastikan perangkat Anda berjalan pada versi MIUI 8 terbaru.
2) Download MIUI 9 ROM dan simpan di perangkat Anda.
3) Sekarang luncurkan aplikasi 'Updater' di perangkat Anda.
4) Sekarang klik pada menu tiga titik ('...' icon) di pojok kanan atas, dan pilih 'choose update package'.
5) Selesai Perangkat Anda akan melakukan boot ulang pada versi terbaru.

Cara Memasang MIUI 9 Fastboot ROM di Xiaomi Redmi 4/4x

1) Pertama, Download Mi Flash Tool, ekstrak dan pasang di PC Anda.
2) Sekarang download MIUI 9 Fastboot ROM untuk perangkat Anda.
3) Sekarang boot perangkat Anda ke mode Fastboot dengan menekan tombol 'Volume Turun + Daya'.
4) Sambungkan perangkat Anda ke PC melalui kabel USB mikro.
5) Sekarang ekstrak Fastboot ROM dan salin path-nya pada PC.
6) Sekarang buka MI Flash Tool dan Paste address bar dari path folder ROM yang disalin dari atas.
7) Pertama, klik tombol 'Refresh' (Ini akan mengenali perangkat Anda secara otomatis) dan kemudian klik tombol 'Flash' untuk flash ROM MIUI 9 pada Perangkat Xiaomi.
8) Tunggu beberapa saat untuk menyelesaikan prosesnya.
9) Selesai. Perangkat Anda akan boot pada versi terbaru.

Demikianlah penjelasan mengenai cara update Android Nougat dan MIUI 9 di Xiaomi Redmi 4/4x. Semoga Anda beruntung dan bisa menjadikan ponsel Xiaomi Redmi 4x Anda menggunakan sistem operasi Android Nougat. Baca juga: Cara Screenshot Xiaomi Mi A1 5X.