Begini Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 dengan Mudah

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 -- Blue Screen of Death (BSOD) adalah isu yang sangat umum bagi pengguna Windows 7. Ketika sebuah BSOD terjadi, komputer Anda menampilkan sekumpulan teks dengan latar belakang biru di layar. Bisa terjadi secara tiba-tiba atau teratur. Jika Anda terganggu oleh masalah ini, Anda bisa mencoba metode berikut ini. Mereka dapat membantu komputer Windows 7 Anda keluar dari masalah BSOD yang menyebalkan.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

(Perhatikan bahwa metode 1 sampai 3 di bawah hanya dapat dilakukan bila Anda dapat memasukkan sistem operasi Anda. Jika tidak, cobalah metode 4 sampai 8. Dan untuk menggunakan metode 4 sampai 8, Anda perlu memiliki media instalasi Windows 7, seperti DVD atau USB drive dengan paket instalasi Windows 7 di dalamnya. Anda bisa membuatnya sendiri jika tidak memilikinya.)

Tidak usah panjang lebar lagi, berikut adalah langkah-langkah mengatasi blue screen windows 7 dengan mudah dan cepat memakai 8 cara. Baca juga: Cara Mematikan Windows 8 / 8.1.

8 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 dengan Mudah

Silahkan Anda baca cara mengatasi blue screen windows 7 dibawah ini untuk membantu Anda. Pastikan bahwa Anda paham dengan seluk beluk dunia laptop untuk mempermudah proses ini.

1) Jalankan Disk Cek

BSOD yang Anda temui dapat terjadi akibat kesalahan pada hard drive Anda. Anda bisa menjalankan alat pengecekan disk yang ada di Windows 7 dengan Command Prompt untuk memperbaiki kesalahannya.
  1. Klik pada menu Start, dan ketik "cmd". Klik kanan pada CMD di hasil dan pilih Run as administrator.
  2. Klik Ya saat Anda diminta. Dan kemudian Command Prompt akan terbuka.
  3. Ketik "chkdsk c: / f" dan tekan Enter. (Ini berarti sistem akan menjalankan pengecekan disk pada drive C dan memperbaiki kesalahan. "C" di sini adalah singkatan dari drive C, yang biasanya merupakan drive sistem bagi banyak orang. Jika drive sistem Anda bukan drive C atau Anda ingin memeriksa yang lainnya. drive, Anda dapat mengubah huruf ini sesuai dengan nama drive Anda.)
  4. Jika sistem menanyakan apakah Anda ingin menjadwalkan pemeriksaan ini ke waktu berikutnya sistem akan restart, ketik "Y" dan tekan Enter.
  5. Restart komputer Anda untuk menyelesaikan cek.

2) Install Updates

Windows 7 yang Anda gunakan mungkin memiliki beberapa kekurangan yang menyebabkan masalah BSOD. Anda dapat menambal kekurangan ini dengan menginstal pembaruan Windows 7 yang disediakan oleh Microsoft.
  1. Klik pada menu Start dan kemudian di Control Panel.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Windows Update.
  3. Klik pada Check for updates.
  4. Jika ada update yang tersedia, klik Install Updates.

3) Update driver

Driver perangkat adalah program penting yang mengoperasikan perangkat di komputer Anda. Driver bermasalah biasanya bisa menyebabkan berbagai masalah komputer, termasuk Blue Screen of Death. Begitu Anda menemukan masalah ini, Anda perlu memperbarui driver di komputer Anda.

Untuk mengupdate driver, admin sarankan Anda menggunakan Driver Easy. Ini adalah alat profesional yang dirancang untuk pemula komputer. Dengan Driver Easy, Anda dapat dengan mudah memperbarui driver tanpa khawatir membuat kesalahan. Ini dapat membantu Anda menemukan driver terbaru dan terpercaya yang sesuai untuk sistem operasi Anda. Baca juga: Cara Menhidupkan Bluetooth di Laptop.

Anda dapat memperbarui driver Anda dengan versi Free atau Pro dari Driver Easy. Tapi versi Pro dapat membantu Anda memperbarui beberapa driver secara otomatis hanya dengan Dua klik saja.

a) Download dan instal Driver Easy.

b) Buka program dan tekan Scan Now. Driver kedaluwarsa akan terdeteksi dalam beberapa detik.

c) Klik tombol Update di sebelah masing-masing perangkat, dan Driver Easy akan mendownload driver untuk Anda. Anda juga dapat menekan Update All di bagian kanan bawah untuk memperbarui semua driver perangkat (ini memerlukan versi Pro).

4) Jalankan Startup Repair

Terkadang masalah BSOD bisa diperbaiki dengan menjalankan Startup Repair. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan media instalasi Windows 7 yang telah Anda siapkan.

a) Masukkan media instalasi Windows ke komputer Anda. Kemudian boot komputer Anda dari itu.

b) Setelah memilih bahasa dan wilayah, pilih Repair your computer.

c) Kemudian pilih Startup Repair.

d) Sistem akan memindai komputer Anda dan mencoba memperbaiki masalah.

5) Kembalikan sistem anda

Mungkin ada beberapa file atau konfigurasi yang salah pada sistem Anda yang menghasilkan beberapa masalah BSOD. (Anda dapat mengembalikan sistem operasi Anda ke cadangan yang telah Anda buat.)

a) Ulangi langkah a dan b dalam metode 4.

b) Pilih System Restore.

c) Ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan proses pemulihan.

6) Jalankan Memory Diagnostic

RAM Anda (Random-access memory) juga merupakan perangkat keras yang bisa menyebabkan Blue Screen of Death. Untuk mengidentifikasi masalah pada RAM Anda, Anda dapat menjalankan Windows Memory Diagnostic.

a) Ulangi langkah a dan b dalam metode 4.

b) Klik pada Windows Memory Diagnostic.

c) Pilih Restart sekarang dan Check for problems.

d) Komputer Anda akan restart dan Windows Memory Diagnostics Tool akan berjalan.

e) Setelah itu komputer anda akan restart lagi. Anda bisa melihat masalah BSOD Anda tetap pada saat ini.

7) Perbaiki MBR

MBR (Master Boot Record) adalah informasi pada hard disk Anda yang mengidentifikasi sistem operasi Anda. Penting bagi sistem untuk melakukan booting normal. Jika informasi ini korup, bisa menimbulkan masalah serius, termasuk Blue Screen of Death. Untuk memperbaiki MBR, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini.

a) Ulangi langkah a dan b dalam metode 4.

b) Pilih Command Prompt.

c) Di Command Prompt, ketik baris perintah berikut dan tekan Enter setelah masing-masing.

bootrec / fixmbr
bootrec / fixboot
bootrec / scanos
bootrec / rebuildbcd

d) Keluar Command Prompt dan restart komputer Anda. Jika BSOD Anda disebabkan oleh kesalahan MBR, masalahnya harus diperbaiki sekarang.

8) Instal ulang Windows 7 Anda

Jika tidak satu pun metode di atas dapat membantu Anda, Anda dapat mencoba opsi utama yaitu menginstal ulang sistem operasi Anda.

a) Ikuti langkah di metode 4.

b) Tekan Install Now dan ikuti instruksi di layar untuk menginstal ulang Windows 7 di komputer Anda.

Kesimpulan

Sebenarnya, begitu Anda menemukan Blue Screen of Death, Anda tidak perlu khawatir. Penting bagi Anda untuk mencoba membatalkan operasi saat ini di komputer Anda. Di sisi lain, ada berbagai kesalahan BSOD. Ada solusi yang berbeda untuk kesalahan yang berbeda. Anda dapat mencatat kode kesalahan dan pesan kesalahan lainnya yang dapat mengungkapkan sumber masalahnya. Dan Anda bisa mencarinya di Internet untuk mendapatkan informasi yang berguna.

Jika Anda mendapati ada yang tidak beres dengan perangkat keras Anda, Anda harus menghubungi produsen perangkat Anda. Mereka dapat menawarkan saran yang berguna dalam hal ini.

Demikianlah penjelasan admin mengenai cara mengatasi blue screen windows 7. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Menghubungkan Wi-Fi ke Laptop.