5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik -- File manager adalah salah satu dari beberapa aplikasi wajib instal di smarphone baik yang ber-os Android, iPhone maupun Symbian. Belakangan ini banyak aplikasi file manager yang dirilis pihak ketiga dirilis khusus untuk menggantikan file manager bawaan yang notabene hanya dilengkapi fitur dasar.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

Haruskah menginstal aplikasi file manager dari pihak ketiga? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, tapi alangkah baiknya jika menginstal aplikasi file manager dari pihak ketiga yang memiliki fitur lebih banyak daripada fitur yang disematkan pada file manager bawaan.

Menginstall aplikasi file manager dari pihak ketiga pun tidak boleh sembarangan, karena terkadang aplikasi file manager yang di-instal bukan menambah manfaat tapi hanya memberatkan kinerja smartphone khususnya android. Bingung memilh aplikasi file manager android terbaik? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi file manager android yang bisa kamu gunakan. Baca juga: Kode Rahasia Android yang Jarang Diketahui.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

Berikut adalah daftar aplikasi File Manager Terbaik di Android yang bisa mempermudah ruang penyimpanan Anda di perangkat Android.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

1. X-Plore

X-plore menjadi Aplikasi File manager pertama yang saya rekomendasikan. Tentu saya punya alasan kenapa X-plore menjadi rekomendasi pertama. Alasannya, X-Plore memiliki banyak sekali fitur yang sangat bermanfaat. X-plore juga memiliki hal unik yang jarang dimiliki file manager android lainnya, seperti dual panel yang bisa memudahkan kamu mengurus folder dan file serta beberapa fitur ekstra seperti FTP, Akses Root (Modifikasi File Rom), Akses Penyimpanan Online, mengatur akses perizinan dan fitur lainnya. Untuk urusan kualitas X-Plore sudah diakui sejak jaman handphone jadul.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

2. ES File Explorer

Nama kedua ini sudah sangat familiar bagi pengguna android, bahkan beberapa vendor lokal mempercayakan ES File Explorer sebagai file manager default. Harus diakui memang, ES File Explorer ini sangat bagus sekali. Bahkan sudah sangat layak disejajarkan dengan file manager legendaris yang sudah saya sebutkan sebelumnya yaitu x-plore. Bicara tentang daleman dari aplikasi ini, sudah sangat bagus dengan beberapa fitur yang tak kalah apik. Kerennya lagi ES File Explorer dilengkapi dengan transfer file lebih cepat, penyimpanan File Cloud dan fitur pengelompokan file berdasarkan format, fitur ini akan memudahkan kamu untuk mencari file.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

3. File Manager (ASUS)

Mendengar namanya pasti kamu bingung 'kok ada asus nya?' 'bukannya ini cuma buat smartphone buatan asus?' memang file manager ini buatan asus, akan tetapi kamu bisa menggunakannya meskipun smartphone android kamu bukan buatan asus. Dengan File manager ini kamu bisa Mencari File lebih mudah dengan fitur pencarian, akses LAN, mendukung penyimpanan cloud seperti Google Drive dsb dan Streaming multimedia. Dari beberapa fitur yang sudah saya sebutkan diatas, relevan rasanya kalau saya memasukan File Manager (ASUS) ini kedaftar aplikasi file manager android terbaik.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

4. Amaze File Manager

Amaze File Manager mungkin belum sepopuler beberapa aplikasi File Manager yang sudah tertera diatas. Tapi Dalam urusan performa, Amaze File Manager sangat bagus. Amaze File Manager menawarkan beberapa fitur seperti fitur dasar file manager, App Manager yang bisa berfungsi untuk membackup dan menghapus aplikasi secara langsung, Root Explorer yang bisa kamu manfaatkan untuk memodifikasi ROM dan Fitur pengelola arsip. Semua fitur diatas bisa kamu dapatkan secara gratis, aplikasi ini juga bebas dari iklan jadi kamu tidak akan terganggu dengan iklan.

5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik

5. ASTRO File Manager

Posisi terakhir diduduki ASTRO File Manager, Nama ASTRO File Manager ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna android. Berbicara tentang fitur ASTRO File Manager, wah sudah sangat komplit bahkan tak kalah dari file manager yang sudah saya sebutkan diatas. Fitur-fitur keren seperti fitur interface yang mudah dipahami, fitur dasar file manager seperti copy, paste dsb serta beberapa fitur yang tak kalah keren seperti penyimpanan cloud (Google Drive, Amazon dan Dropbox) dan pengelola aplikasi (backup dan menghapus aplikasi secara langsung) menjadi alasan kenapa saya mengikut sertakan ASTRO File Manager ke daftar rekomendasi aplikasi file manager Terbaik ini.

Dan untuk menghilangkan rasa ragu atau bimbang dalam memilih aplikasi file manager android terbaik, saya sudah menyertakan rate dan total instal kelima aplikasi file manager android terbaik ini, silahkan disimak:

NamaRateTotal RateTotal Instal
X-Plore4,5145.927x10.000.000x
ES Pengelola Berkas4,53.605.552x500.000.000x
File Manager (ASUS)4,6626.662x50.000.000x
Amaze File Manager4,38.556x500.000x
ASTRO File Manager4,3582.203x100.000.000x

Sumber: Playstore (Data Diambil 30 Desember 2016)

Cukup sekian ulasan lengkap mengenai 5 Rekomendasi Aplikasi File Manager Android Terbaik yang disajikan kali ini. Semoga dapat membantu kamu untuk menentukan aplikasi file manager terbaik, jangan lupa subscribe dan follow sosial media bootlove untuk mendapatkan update terbaru mengenai tekno khususnya android. Baca juga: Aplikasi Pembuat Vector Terbaik di Android.