10 Solusi Hebat Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android

10 Solusi Hebat Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android -- Mengakses internet belakangan ini semakin mudah. ya, dengan merebaknya smartphone android yang rata-rata ditanamkan akses internet, kamu bisa mengakses internet dimana pun kapan pun dengan mudah. Jadi kamu bisa mengakses internet tanpa harus mengunjungi warung internet.

10 Solusi Hebat Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android

Namun meskipun internet bisa diakses secara mudah, masih ada beberapa masalah yang menjengkelkan. Salah satunya koneksi internet lemot, koneksi Internet Lemot adalah salah satu hal yang paling menjengkelkan bagi seorang netizen. mungkin kamu bisa bayangkan atau pernah merasakan leletnya internet saat streaming youtube atau bahkan video chat. Pasti perasaan kesal dan amarah bercampur aduk pada saat internet lemot. Apalagi pada waktu itu kamu video chat sama gebetan, bisa bayangkan kan seberapa tingkat kejengkelan kamu pada waktu itu.

Tapi, semua masalah yang menjengkelkan dalam dunia internet itu bisa diatasi dengan beberapa tips manjur yang akan saya bagikan pada artikel ini. Sebenarnya internet lemot terkadang bukan berarti buruknya pelayanan ISP internet kamu. tetapi, ada beberapa faktor yang bisa membuat koneksi internet kamu menjadi lelet. Berikut langkah hebat yang bisa kamu pratekkan untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone android kamu.

10 Solusi Hebat Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android

Berikut adalah solusi untuk mempercepat koneksi Internet di Android dengan cepat.

1. Matikan GPS

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan GPS. GPS berkerja untuk menentukan akurasi lokasi kamu, untuk mendapatkan informasi akurat mengenai lokasi, GPS menggunakan akses data yang berjalan dibackground. GPS akan memakan cukup banyak resource data apabila kamu terus mengaktifkan fitur ini.

2. Matikan Google Sync

Google Sync juga cukup rakus dalam memakan arus data internet. 'kok bisa?' karena Google sync akan selalu mengupdate informasi tentang akun google kamu. Untuk mengupdate informasi, Google Sync membutuhkan akses data agar bisa mengupload dan mendownload data baru.

3. Mengubah Ke Modus Jaringan yang stabil

smartphone android jaman sekarang sudah dilengkapi modus jaringan yang lengkap. Ada GPRS, Edge, 3G, 3,5G dan 4G. Nah terkadang Kita terlalu bernafsu menggunakan jaringan 4G yang masih belum stabil. Terasa percuma rasanya apabila kamu memilih jaringan 4G tapi belum stabil, karena hal itu akan bukan mempercepat koneksi internet, akan tetapi justru sebaliknya. Maka dari itu pilihlah jaringan yang stabil contoh didaerah saya 3G Lebih stabil jadi saya lebih memilih Jaringan 3G.

4. Menambahkan DNS

Sejak dahulu kala menambahkan DNS Dipercaya untuk menambah kecepatan internet. Nyatanya memang benar DNS terbukti ampuh menambah kecepatan koneksi internet. Saat ini banyak sekali DNS yang bisa kamu gunakan, sebut saja DNS Google yaitu DNS Primer 8.8.8.8 Dan DNS sekunder 8.8.4.4. Cara menambahkan DNS pada android pun sangat mudah karena belakangan ini banyak sekali aplikasi DNS Changer yang bisa kamu unduh secara gratis di Playstore.

5. Gunakan Browser yang Tepat

memilih browser yang tepat juga wajib kamu lakukan jika kamu ingin mempercepat akses internet. Saat ini banyak sekali aplikasi browser android yang dapat digunakan secara gratis. saya sarankan kamu menggunakan Google Chrome, opera atau UC Browser untuk menjadi browser andalan saat berselancar di dunia maya.

6. Tutup Aplikasi yang berjalan Di Background

Terkadang kamu terlalu fokus ketika berinternet, hal ini mengakibatkan kamu lupa untuk menutup aplikasi yang berjalan dibackground. Aplikasi yang berjalan dibackground akan menambah proses upload data ke internet, jadi koneksi internet kamu akan terbebani dan akhirnya lemot juga. Untuk mengatasi ini, tutuplah aplikasi yang berjalan dibackground sebelum browsing.

7. Hapus Cache Secara Berkala

kebanyakan aplikasi android membutuhkan akses internet untuk memperbaharui data. Karena itu, banyak sekali cache yang tertanam di android kamu. Cache menjadi alasan kenapa kok android kamu koneksi internetnya lemot, maka dari itu kamu harus membiasakan diri untuk menghapus cache secara berkala.

8. Mengganti User Agent

Saat ini kebanyakan web atau blog memiliki desain responsive untuk smartphone. Tetapi kadang, ada juga yang memiliki tampilan responsive tapi tidak menjadi tidak responsive karena User Agent Browser kita tidak terdeteksi dengan baik, hal ini mengakibatkan ukuran halaman menjadi lebih gede. Jadi, page load pada smartphone android kamu akan lebih lama dari biasanya. Untuk mengatasi ini gantilah User Agent browser kamu ke menjadi User Agent mobile, tujuannya agar laman yang kamu kunjungi terkompres menjadi responsive.

9. Menggunakan VPN

terkadang koneksi internet disuatu area sangat lemot. Tapi tenang saja, kamu masih bisa mengatasi hal tersebut dengan VPN. VPN akan membantu kamu terhubung kedunia internet menggunakan IP Negara Lain. Jadi koneksi internet kamu akan lebih cepat dari biasanya. Menggunakan VPN juga bisa membantu kamu untuk mejamah website yang diblokir.

10. Beralih ke ISP yang Tepat

Jika kamu sudah melakukan langkah langkah yang sudah saya sebutkan lagi, tapi kok tetep aja koneksi internet smartphone android kamu lelet. Barulah kamu bisa salahkan ISP atau operator seluler yang kamu gunakan. Untuk itu gunakanlah ISP yang memiliki sinyal stabil disekitar area kamu.

Dengan mengikuti 10 Solusi Hebat Mempercepat Koneksi Internet Smartphone Android ini, dijamin deh kamu bakal nggak pernah mengalami apa itu lemot. Jangan Lupa share dan follow sosial media kami untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.