Cara Mengambil Screenshot Layar Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Cara Mengambil Screenshot Layar Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus -- Bagi yang bertanya-tanya bagaimana cara mengambil screenshot di Galaxy S9 dan S9 Plus, prosesnya tidak jauh berbeda dari cara screenshot di Galaxy S8 dan S8 Plus. Mereka yang mengambil Galaxy S8 dan S8+ tahun lalu tentu bingung saat pertama kali mencari tahu tentang informasi bagaimana cara mengambil screenshot layar mengingat handset tersebut tidak memiliki tombol home. Galaxy S9 dan S9 Plus tidak memiliki tombol home juga namun proses mengambil screenshot di Galaxy S9 dan S9+ mirip dengan pendahulunya.

Cara Screenshot Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Pekerjaan tombol home dilakukan dengan tombol volume di Galaxy S8 dan S8+ dan ini juga akan sama seperti di Galaxy S9 dan S9 Plus juga. Ada cara lain untuk mengambil screenshot layar juga yang telah dirinci dalam panduan ini. Oleh karena itu segera ikuti panduan cara mengambil screenshot layar di Galaxy S9 dan S9 Plus berikut ini. Baca juga: Cara Menangkap Layar Galaxy Note 8.

Cara Screenshot Layar Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Ada beberapa langkah menangkap screenshot layar dari Galaxy S9 dan S9 Plus. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda membaca panduan ini dengan seksama agar tidak mengalami kesalahan saat screenshot Galaxy S9 dan S9+ Anda.

#1 Cara Screenshot Galaxy S9 dan S9 Plus dengan Tombol Fisik

Cara pertama untuk menangkap layar Galaxy S9 dan S9+ adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik ponsel. Seperti biasa gunakan kombinasi antara tombol Volume dan Power.
  1. Buka layar apapun yang Anda inginkan untuk discreenshot baik itu aplikasi, game, halaman web, gambar, dll.
  2. Cukup tekan dan tahan tombol power dan tombol volume turun bersamaan sampai suara rana kamera berbunyi dan Anda melihat animasi seperti mengambil foto. Ini memberi Anda isyarat audio dan visual untuk memberi tahu Anda bahwa perangkat telah melakukan tangkapan layar atau screenshot di Galaxy S9 dan S9+ Anda.
Nah, mudah bukan cara screenshot Galaxy S9 dan S9+ nya. Kita lanjut dengan cara kedua.

#2 Cara Screenshot Galaxy S9 dan S9 Plus dengan Palm Swipe

Cara kedua mengambil screenshot layar Galaxy S9 dan S9+ adalah dengan bantuan gerakan tangan atau palm swipe.
  1. Anda bisa mengambil screenshot di Galaxy S9 dan S9+ dengan menggunakan isyarat sederhana juga. Cukup gesek layar dengan tepi tangan Anda dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan untuk mengambil screenshot layar. Anda akan mendapatkan isyarat audio dan visual yang disebutkan di atas juga.
  2. Gesture ini dapat diaktifkan dari menu menu Advanced Settings (Pengaturan Lanjutan). Arahkan ke menu dan nyalakan opsi "Palm swipe to capture" untuk melanjutkan.
Wow. Makin mudah saja dalam mengambil screenshot layar Galaxy S9 dan S9+.

#3 Cara Screenshot Galaxy S9 dan S9+ dengan Bixby

Cara ketiga untuk mengambil screenshot layar Galaxy S9 dan S9+ adalah dengan bantuan Bixby. Bixby merupakan asisten virtual yang diluncurkan untuk Galaxy S8 dan S8+ tahun lalu.
  1. Ini mungkin cara paling sederhana untuk mengambil screenshot di Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Bangunkan Bixby dengan mengucapkan "Hai, Bixby" untuk mengaktifkan asisten dengan menekan tombol Bixby khusus.
  2. Cukup minta Bixby untuk "Mengambil screenshot layar" dan dengan senang hati akan memenuhi keinginan Anda.
Itu adalah cara screenshot layar Galaxy S9 dan S9+ dengan mudah. Namun ternyata masih ada satu lagi yakni. Cara Screenshot Panjang Galaxy S9 dan S9+. Berikut adalah ulasan untuk Anda.

Cara Screenshot Panjang / Scroll Capture / Smart Capture di Galaxy S9 dan S9+

Perangkat akan menawarkan beberapa fungsi, seperti berbagi atau mengedit screenshot layar, setelah Anda mengambil tangkapan layar. Pilihannya meliputi Draw, Crop and Share dan ditampilkan di bagian bawah layar. Ada juga pilihan yang disebut "Scroll Capture". Jika Anda tidak melihat opsi ini setelah Anda mengambil screenshot layar, navigasikan ke menu Settings »Advanced features dan aktifkan Smart Capture.

Scroll Capture adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan Anda mengambil screenshot layar lebih dari sekedar apa yang ada di layar Anda dalam satu gambar. Ini dapat digunakan untuk menangkap keseluruhan halaman web atau daftar panjang di beberapa aplikasi. Inilah cara Anda menggunakan fitur Scroll Capture:
  1. Ikuti salah satu metode yang disebutkan di atas untuk menangkap tangkapan layar di Galaxy S9 dan S9+. Ingatlah bahwa fitur ini hanya bekerja jika ada beberapa konten di bawah apa yang ingin Anda ambil.
  2. Pilihan Scroll Capture akan muncul di bagian bawah layar sekarang. Ketuk tombol ini, dan telepon akan menggulir ke bawah dan menangkap lebih banyak konten.
  3. Anda bisa berhenti pada saat ini dengan mengetuk layar di suatu tempat untuk menyimpannya atau tetap mengetuk tombol Scroll Capture sampai Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan atau tidak ada lagi konten yang tersisa pada tangkapan layar. Selesai cara screenshot panjang di Galaxy S9 dan S9+.
Demikianlah paparan admin mengenai cara mengambil screenshot layar Galaxy S9 dan S9+. Semoga dengan tata cara screenshot ini Anda bisa menggunakannya dikemudian hari jika Galaxy S9 dan S9+ sudah berada ditangan Anda. Cari artikel relevan situs kami dengan mengetuk tombol pencarian di situs ini. Terimakasih. Baca juga: 2 Cara Screenshot Galaxy A5 2017.