Masalah Xiaomi Redmi 4/4X dan Cara Mengatasinya (Lengkap)

Masalah Xiaomi Redmi 4/4X dan Cara Mengatasinya -- Hari ini kita akan membahas masalah Xiaomi Redmi 4/4X. Xiaomi Redmi 4/4X hadir dengan ramah pada saku kantong karena harganya terbilang murah. Anda bisa menikmati semua fitur andalan di ponsel ini seperti baterai berkapasitas tinggi (baterai 4100mAh), kamera belakang 13MP, display 5 inchi dengan prosesor Snapdragon 435 octa-core yang kuat.


Dalam artikel ini, admin akan membahas berbagai masalah Xiaomi Redmi 4/4X yang Anda hadapi saat menggunakan telepon seperti masalah baterai, masalah telepon cepat panas, masalah kontak, masalah data ponsel, masalah kamera, masalah GPS, masalah buka bootloader, masalah izin bootloader, masalah perangkat keras, masalah MIUI (MIUI 7 / MIUI 8), masalah suara, masalah asisten Google, masalah font, masalah hang, masalah lag dll. Baca juga: Masalah OPPO F5 dan Cara Mengatasinya.

Sebagian besar masalah terkait dengan perangkat lunak, Anda dapat dengan mudah menangani melalui beberapa langkah mudah berikut. Jadi disini kita membahas setiap masalah kecil Redmi 4/4X. Tidak masalah masalah hardware atau software apa. Di sini admin akan mencoba menjawab semua pertanyaan Anda mengenai Redmi 4/4X Anda.

Daftar Masalah di Xiaomi Redmi 4/4X dan Solusinya

Untuk mengetahui masalah Xiaomi Redmi 4/4X Anda bisa melihat daftar masalah yang dapat Anda lihat dan ulas di bawah ini. Jika Anda sudah mengenali masalah Xiaomi Redmi 4/4X Anda maka Anda bisa menyelesaikan masalah Anda.

Solusi Masalah Xiaomi Redmi 4/4X Cepat Panas

Ini adalah masalah umum dari setiap pengguna Redmi 4/4X. Pengguna selalu mengeluh tentang masalah perangkat Xiaomi cepat panas. Seperti yang Anda tahu Xiaomi Redmi 4/4X adalah perangkat budget rendah sehingga Anda dapat mengasumsikan bahwa perangkat keras tidak baik. Jangan panik karena Xiaomi selalu memberikan kualitas build yang lebih baik dalam kisaran harga ini dibandingkan dengan OEM Mobile lainnya. Di sini Anda dapat melakukan sesuatu yang berguna untuk mengurangi masalah pemanasan di Redmi 4/4X favorit Anda. Silakan ikuti panduan di bawah ini untuk mengatasi masalah pemanasan di ponsel Xiaomi Anda.
  1. Jangan gunakan telepon Anda saat mengisi daya. 
  2. Pergi ke Security. Pilih opsi icon Baterai. Disini akan menampilkan analisis sistem rincian dan menunjukkan aplikasi mana yang membuat ponsel menjadi cepat panas. 
  3. Buka aplikasi itu dan paksa aplikasi berhenti atau force stop. 
  4. Pastikan GPS dimatikan. 
  5. Periksa aplikasi latar belakang. Pergi ke manajer izin dan berikan izin yang sesuai ke aplikasi yang diinginkan. 
  6. Jangan main game berat di Redmi 4/4X.
Setelah mengikuti langkah-langkah sederhana di atas Anda bisa mengurangi masalah Xiaomi Redmi 4/4X Anda cepat panas.

Masalah Boros Baterai di Redmi 4/4X

Redmi 4/4X memiliki baterai yang mengagumkan yang lebih bertenaga dibanding ponsel lainnya. Namun, jika Anda tidak menghadapi masalah pengisian maka Anda bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah. Biasanya masalah jenis ini dihadapi oleh pengguna saat ponsel baru. Singkatnya, begitu Anda berada di luar kotak Redmi 4/4X Anda dan mungkin telepon Anda tidak dicharge dengan kabel data default Anda yang disertakan dalam kotak telepon. Jadi jangan panik, gunakan saja kabel data yang lain untuk hari pertama. Jika masih belum diisi maka ganti charger.

Jika daya baterai telepon Anda tidak bisa dicharge setelah persentase tertentu seperti terus tidak mengisi setelah 60% atau 70%. maka jangan khawatir. Ini bukan masalah utamanya. Ini hanyalah ambang batas baterai yang membantu mencegah kerusakan baterai karena harga jual terlalu mahal. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengurangi daya baterai hingga 0%, setelah telepon ditutup karena daya kemudian mengisi daya ponsel Anda dalam kondisi nonaktif. Saat telepon melintasi 30% ketika Power ON di telepon Anda. Sekarang batas baterai terpecahkan.

Jika Anda menghadapi baterai yang sangat boros di Redmi 4/4X Anda, maka admin dapat membantu Anda dalam masalah ini. Hal pertama yang ingin admin bagikan dengan Anda bahwa Redmi 4/4X berjalan di MIUI 8 yang merupakan layar yang disesuaikan pada OS Android. MIUI terlalu berat karena berbagai penyesuaian. Jadi singkatnya, bisa dikatakan MIUI sangat membutuhkan banyak energi baterai. Jadi normal power reduce biasa terjadi. Jika Anda menghadapi masalah baterai boros di Redmi 4/4X maka Anda bisa mencoba trik mudah di bawah ini untuk mengatasinya.
  1. Jika masalah boros baterai Anda terjadi karena pembaruan sistem (pembaruan MIUI), Anda perlu downgrade versi sistem atau menunggu pembaruan berikutnya. Setelah tim MIUI merilis update maka masalah baterai Anda mudah dipecahkan melalui pemutakhiran Redmi 4/4X Anda melalui aplikasi updater MIUI yang telah terinstal di Redmi 4/4X Anda. 
  2. Jika Anda tidak memperbarui Redmi 4/4X tetapi Anda masih menghadapi masalah boros baterai, periksa aplikasi terakhir yang Anda pasang di ponsel Anda mungkin aplikasi itu menghabiskan lebih banyak baterai Redmi 4/4X Anda. Anda bisa pergi ke aplikasi keamanan dan memeriksa kesehatan baterai. Di sini Anda juga dapat memeriksa aplikasi mana yang mengkonsumsi lebih banyak baterai. Di sini Anda akan melihat semua aplikasi yang menguras baterai Anda. 
  3. Berikan izin yang benar dari aplikasi tertentu dan lepaskan aplikasi dari bagian awal. 
  4. Pastikan Anda mematikan GPS bila tidak digunakan oleh Anda. 
  5. Jangan main game berat. 
  6. Jangan gunakan telepon Anda saat mengisi daya.
Setelah mengikuti langkah-langkah sederhana di atas Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah baterai boros. Di sini Anda perlu menjaga hak akses dan perizinan sistem baterai melalui bantuan aplikasi Keamanan yang telah terinstal di MIUI. Selalu pindai ponsel Anda dengan antivirus. Antivirus juga telah terinstal di ponsel Redmi 4/4X Anda.

Masalah Kontak WhatsApp & Masalah Kontak Kartu Sim di Xiaomi Redmi 4/4X

Secara default, Redmi 4/4X tidak menampilkan kontak kartu SIM dalam buku teleponnya. Jadi jika Anda ingin menggunakan nomor ponsel SIM card yang tersimpan di SIM ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan -> Aplikasi Sistem -> Kontak -> Impor / Ekspor Kontak -> Impor dari kartu SIM 1/2.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kontak kartu SIM Anda akan ditampilkan di buku telepon Anda. Jadi itulah cara menampilkan kontak tersembunyi di Xiaomi Redmi 4/4X Anda.

Jika kontak Anda tidak tampil di WhatsApp, mungkin Anda membatasi WhatsApp untuk mengakses kontak buku telepon Anda. Sekarang di sini Anda perlu menginstal ulang aplikasi WhatsApp yang lain ke aplikasi keamanan dan memberi izin kontak kepada WhatsApp setelah memberi izin kepada WhatsApp untuk menghentikan App dan meluncurkannya lagi.

Masalah Galeri di Redmi 4/4X

Jika Anda menghadapi masalah izin galeri di redmi 4 Anda saat meluncurkan Galeri. maka Anda perlu melakukan sesuatu di perizinan untuk lebih jelasnya yang harus Anda ikuti di bawah ini.

Langkah-Langkah Mengatasi Masalah Izin Galeri di Redmi 4/4X

Tidak ada langkah sulit untuk memecahkan masalah ini. Anda dapat dengan mudah menyelesaikannya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Memecahkan masalah error Gallery Permission di MIUI:
  1. Buka setting -> aplikasi terinstal. 
  2. Ketuk pada Galeri. 
  3. Setelah itu hapus data dan cache. 
  4. Paksa tutup Aplikasi Galeri. 
  5. Buka layar utama. 
  6. Buka aplikasi galeri 
  7. Sistem meminta izin. 
  8. Berikan izin. 
  9. Selesai 
Setelah mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, masalah galeri Anda dapat dipecahkan dengan mudah. Anda dapat melakukan langkah yang sama jika Anda menghadapi kesalahan izin lainnya di aplikasi lain seperti aplikasi kamera, aplikasi pengelola file, aplikasi kalkulator, aplikasi pemindai, atau aplikasi sistem lainnya. Bila Anda menghadapi jenis kesalahan ini cukup hapus data dan paksa tutup aplikasi dan setelah itu luncurkan aplikasi tertentu. Selalu ingat reset bukanlah solusi untuk setiap masalah kecil.

Semua langkah sama di semua versi MIUI. Tidak masalah yang Anda gunakan seperti MIUI 8 atau MIUI 7/6. Jika metode di atas tidak berhasil coba ini.

Buka setting -> aplikasi terinstal -> ketuk di Galeri. Lalu ketuk pengelola izin dan berikan semua izin. ATAU Buka aplikasi Keamanan -> izin -> izin -> pilih Galeri dan berikan semua izin.

Masalah Buka Bootloader (Terjebak Hanya 50%)

Jika Anda ingin membuka kunci bootloader Anda, Anda perlu mengambil izin dari Xiaomi. Setelah Anda menerima izin maka Anda bisa melakukannya. Tapi tetap saja Anda tidak bisa membuka bootloader Anda maka Anda perlu menunggu beberapa lama. Mohon tunggu kira-kira 7 hari lagi lalu coba kembalo. Pastikan Anda menggunakan akun Mi yang sama pada keduanya (alat buka ponsel dan Mi Anda).

Proses Akses Root di Redmi 4/4X

Sebentar lagi Admin berbagi panduan terperinci dimana Anda bisa dengan mudah mempelajari cara root Redmi 4/4X dengan cara yang mudah.


MIUI 9 Untuk Redmi 4/4X

Sampai sekarang, MIUI 9 tidak dilepas untuk Redmi 4 tapi ada kemungkinan di Redmi 4X. Peluncuran MIUI pertama untuk flagship Mi seperti Mi 6, Mi 5 kemudian mungkin Redmi 4/4X sampai tanggal yang belum ditentukan.

Masalah Mic di Redmi 4/4X

Jika Anda menghadapi masalah selama panggilan suara seperti suara Anda tidak terdengar. Maka mungkin Anda berpikir bahwa terdapat cacat di Mikrofon Redmi 4/4X Anda. Tapi tunggu Mic baik-baik saja. Ini adalah bug perangkat lunak yang mudah dipecahkan dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Masalah Jaringan VoLTE Redmi 4/4X

Ya, admin tahu VoLTE adalah wajib ada di ponsel pada saat ini. Tapi jika Anda menghadapi masalah saat menelepon VoLTE atau Anda bisa membuat panggilan VoLTE melalui Redmi 4/4X. Redmi 4/4X adalah perangkat yang didukung VoLTE. Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk mengaktifkan layanan VoLTE di Redmi 4/4X.
  1. Jika Anda ingin membuat video call VoLTE yang sukses, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah dasar. Pastikan Anda melakukan semua hal di bawah sesuai apa yang admin bagikan di sini untuk video call VoLTE yang sukses.
  2. Jauhkan panggilan default dan internet sim JiO 4G. Pastikan Anda mengatur sim JiO sebagai sim pilihan untuk panggilan dan internet. Buka setting dan pilih jaringan Sim Cards & Mobile. 
  3. Pastikan VoLTE Diaktifkan. Pastikan Anda mengaktifkan fungsi VoLTE pada pengaturan. Buka setting dan pilih jaringan Sim Cards & Mobile. Sekarang aktifkan fungsi VoLTE. 
  4. Pilihan Jaringan yang Diutamakan. Pastikan Anda memilih jenis pilihan Preferable Choice. Untuk ini Buka pengaturan lalu pilihlah jaringan Sim Cards & Mobile. Sekarang tekan Jio sim. Di sini Anda dapat mengatur pilihan pilih jaringan. Atur opsi Prefer LTE untuk Jio Sim.
Setelah Anda mengatur semua pengaturan di atas ini, telepon Anda siap untuk melakukan panggilan VoLTE. Dalam kasus yang jarang terjadi mungkin pengaturan APN JiO tidak dikonfigurasi secara default pada ponsel Xiaomi Anda. Jika setelan APN rusak dan diubah oleh Anda, ikuti petunjuk untuk mengkonfigurasi pengaturan JiO APN untuk panggilan VoLTE yang berhasil.

Buka setting dan pilih opsi Sim Card & Mobile networks. Di sini Anda mengetuk Jio sim dan sekarang pilih Access point names option. Sekarang pilih opsi APN baru dan isi di bawah pengaturan APN Jio.

Nama: Jio
APN: jionet
Server: www.google.com
Jenis APN: default, supl

Sekarang simpan pengaturannya.
Buat satu APN baru lagi. Tambahkan pengaturan di atas APN baru lagi

Nama: Jio
APN: ims
Jenis APN: ims

Simpan pengaturan APN. Sekarang tetapkan Jio (jionet) APN untuk Jio sim. Sekarang Anda melihat opsi VoLTE muncul di taskbar. Selamat sekarang Anda bisa menikmati panggilan Jio VoLTE tanpa biaya dengan teman Anda.

Masalah Koneksi Data Redmi 4/4X

Jika Anda menghadapi masalah saat ingin menghubungkan Internet melalui data ponsel Anda. Dalam hal ini kesalahan APN, kemungkinan besarnya. Dalam banyak kasus, pengguna tidak memiliki pengaturan APN dan mereka ingin terhubung tanpa APN, yang tidak memungkinkan. Jadi yang perlu anda lakukan adalah dengan pengaturan APN yang benar. Beberapa pengaturan juga diperlukan untuk mengatur masalah ini.
  1. Buka Aplikasi Keamanan 
  2. sentuh opsi Cleaner. 
  3. Di sini Anda memilih dalam bersih. 
  4. Restart perangkat Anda dan coba. 
  5. Jika masih belum bekerja maka coba dengan Wipe cache data.
Sebenarnya masih ada cara lain lagi. Silahkan simak.
  1. Buka Setelan -> kartu SIM & jaringan seluler. 
  2. Pilih kartu SIM Anda di bawah pengaturan SIM CARD. 
  3. Ketuk pada Access Point Names di bawah CELLULAR NETWORK. 
  4. Di sini Anda mendapatkan daftar APN di bagian UMUM dan MMS. 
  5. Ketuk pada pilihan Reset dari bawah. 
  6. Siap. Selesai.
Nah begitu saja caranya.

Masalah Lag Redmi 4/4X

Jika Anda menghadapi masalah lag di Redmi 4/4X Anda, Anda perlu melakukan beberapa langkah pada pengaturan telepon Anda.
  1. Pertama, aktifkan mode pengembang, jika sudah aktif maka ikuti dari langkah 4. 
  2. Buka setting -> About Phone. 
  3. Terus tekan versi MIUI. Pesan muncul di bagian bawah "Now you are developer". 
  4. Buka setting -> Additional settings -> Developer optons. 
  5. Matikan pengoptimalan memori. 
  6. Opsi restart muncul di layar. ketuk OK 
  7. Setelah restart. Masalah tertinggal dipecahkan di ponsel Mi Anda.
Demikianlah semua penjelasan mengenai masalah Xiaomi Redmi 4/4X dan solusinya. Semoga saja dengan paparan admin ini Anda bisa menyelesaikan semua masalah Anda. Sekian dan terimakasih. Baca juga: Cara Menampilkan Kontak SIM Tersembunyi di Hp Xiaomi.