Fungsi Title Bar di Komputer, Apa Saja?

Apa Saja Fungsi Title Bar di Komputer? -- Jika Anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi komputer Anda, mungkin Anda telah melihat sebuah bar horizontal yang membentang di bagian atas layar Anda. Ini disebut sebagai title bar, diberi nama tepat karena berisi judul halaman atau dokumen yang saat ini terbuka di layar Anda. Title Bar juga menampilkan sejumlah fungsi yang berguna.

Fungsi Title Bar

Lantas apa saja fungsi title bar yang berguna di komputer? Silahkan simak sedikit ulasan di bawah ini.

Jelaskan Fungsi Title Bar di Komputer ! Inilah Jawabannya

Ada beberapa fungsi utama dari Title Bar di komputer silahkan Anda simak betul-betul penjelasan di bawah ini.

Layout

Di pojok kiri atas title bar, Anda akan menemukan ikon yang mengidentifikasi aplikasi tempat Anda bekerja. Jika Anda menggunakan Microsoft Word, misalnya, Anda akan melihat "W" biru yang ada di sana. Di samping ikon aplikasi, Anda akan melihat bilah horizontal yang memanjang ke sudut kanan dan memberikan judul dokumen atau halaman serta nama aplikasi. Tiga tombol terletak di sudut paling kanan. Ini termasuk dash kecil untuk meminimalkan layar dan memindahkannya ke taskbar, kotak kecil untuk maximize dan restore serta "x" merah untuk menutup jendela.

Memindahkan Windows

Selain menampilkan halaman web atau judul dokumen, Anda bisa menggunakan bagian teks dari title bar untuk melakukan sejumlah fungsi. Misalnya, dengan menempatkan kursor pada bilah dan menahan mouse, Anda dapat mengurangi ukuran jendela dan memindahkannya ke sekeliling layar. Ini memungkinkan Anda melihat bagian jendela lain yang terbuka dan jendela pertama pada saat yang bersamaan.

Double Click Mouse

Anda juga dapat menempatkan kursor pada teks title bar dan klik dua kali mouse Anda. Bila jendela sepenuhnya dimaksimalkan, ini mengurangi ukurannya dan memungkinkan Anda untuk memindahkannya ke layar Anda. Seperti fungsi sebelumnya, ini berguna bila Anda ingin melihat sebagian dari dua halaman atau dokumen secara bersamaan. Klik dua kali lagi mengembalikan jendela ke ukuran aslinya.

Smart Window

Smart Window, sebuah fungsi yang termasuk dalam Windows 7, memungkinkan Anda melihat dua jendela berdampingan. Untuk menggunakan Smart Window, letakkan kursor Anda di title bar pada jendela pertama. Sambil menahan tombol mouse, seret jendela ukuran ke kiri sampai kursor menyentuh tepi layar. Lakukan proses drag dengan jendela kedua, gerakkan ke kanan.

Demikianlah paparan admin mengenai apa saja fungsi dari title bar di komputer. Sekian dan semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk Anda.