Cara Downgrade macOS High Sierra ke macOS Sierra

Cara Downgrade macOS High Sierra ke macOS Sierra -- Jika masalah macOS High Sierra terlalu banyak, Anda bisa downgrade dari High Sierra ke macOS Sierra tanpa kehilangan banyak waktu atau banyak data. Panduan ini akan menunjukkan cara untuk downgrade ke macOS Sierra dari macOS 10.13 jika masalahnya terlalu banyak.

Tidak ada batas waktu untuk downgrade, tapi Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki Time Machine Backup di macOS Sierra jika Anda ingin melakukan ini dengan cara yang mudah. Ini memberi Anda sedikit waktu yang bagus untuk mencoba update macOS High Sierra jika Anda mau. Baca juga: Cara Downgrade iOS 11 ke iOS 10.

Apple memberikan banyak fitur baru, namun ada banyak masalah macOS High Sierra di luar sana yang membuat frustrasi pemiliknya. Jika Anda sudah memperbarui dan Anda tidak dapat memperbaiki masalah macOS High Sierra Anda, Anda mungkin ingin downgrade ke macOS Sierra sampai pembaruan macOS 10.13.1 hadir dengan lebih banyak perbaikan dan sistem operasi yang semoga lebih stabil.

Downgrade macOS High Sierra ke macOS Sierra

Anda bisa melakukan downgrade dari macoS High Sierra ke macOS Sierra dengan berbagai cara, tapi cara terbaik dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan Time Machine Backup yang dibuat sebelum Anda mengupgrade sistem baru macOS Anda. Inilah sebabnya mengapa admin merekomendasikan untuk melakukan backup sebelum mengupgrade macOS Anda. Sebelum memulai proses ini, sebaiknya buat cadangan lain di macOS High Sierra, jadi Anda memiliki salinan terbaru jika ada yang tidak beres.

Bila Anda siap untuk downgrade, matikan Mac Anda. Sekarang, hidupkan dan tahan Cmd + R sampai boot ke mode pemulihan yang terlihat seperti layar di bawah.

Klik pada opsi Restore From Time Machine Backup dan kemudian tekan Continue. Pada layar berikutnya Anda perlu memilih drive Time Machine Backup Anda. Pastikan sudah terpasang. Jika tidak, pasang dan periksa lagi. Jika masih tidak muncul Anda mungkin perlu me-restart lagi dan mencoba hingga terpasang.

Downgrade macOS High Sierra ke macOS Sierra

Sekarang Anda perlu memilih cadangan yang ingin Anda pulihkan. Bagi sebagian besar pengguna ini akan menjadi cadangan terakhir di macOS Sierra. Ini akan muncul sebagai macOS versi 10.12.6 atau beberapa nomor versi 10.2.x lainnya tergantung pada pembaruan yang Anda instal sebelum macOS High Sierra.

Pilih backup lalu klik Continue. Selanjutnya, Anda akan memilih lokasi untuk mengembalikan cadangan tersebut. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan memilih Macintosh HD. Ini akan menghapus macOS High Sierra dan meletakkan macOS Sierra di negara Anda dengan kondisi yang sama persis pada hari dan waktu Anda membuat cadangan itu.

Setelah ini selesai, Anda perlu menunggu sebentar untuk Time Machine Backup untuk mengembalikan Mac Anda dan Anda akan bisa menggunakan macOS Sierra. Jangan memaksa Mac Anda untuk restart bahkan jika Anda pikir itu beku. Ini bisa memakan waktu dan mungkin nampaknya berhenti, tapi itu harus terus berlanjut setelah jeda singkat. Pastikan Mac Anda terhubung ke power.

Demikianlah penjelasan mengenai cara downgrade macOS High Sierra ke macOS Sierra. Semoga Anda beruntung dan bisa menurunkan macOS Anda saat ini. Baca juga: Cara Mengetahui Whatsapp disadap di Android dan iOS.