Begini Cara Membuat Webinar dengan Microsoft Teams

Cara Membuat Webinar dengan Microsoft Teams -- Kali ini Gallery Tekno akan menjelaskan kepada Anda semua sebagai seorang pendidik yang harus bekerja dari rumah terkait dengan cara membuat webinar. Jika Anda belum tahu apa itu webinar maka kami singgung sedikit disini. Webinar adalah singkatan dari website seminar, yaitu sebuah seminar online yang dilaksanakan pada situs web atau aplikasi berbasis internet. Nah hingga saat ini menurut pengalaman kami, ada banyak cara membuat webinar. Misalnya saja cara membuat webinar dengan Google Meet Hangout, cara membuat webinar dengan Zoom Cloud Meetings, cara membuat webinar dengan gotowebinar, cara membuat webinar dengan Webex, cara membuat webinar dengan Microsoft Teams, dan masih banyak lainnya.


Pada dasarnya, cara membuat webinar dengan aplikasi aplikasi yang kami sebutkan di atas kurang lebih sama saja. Anda harus membuat webinar dari Schedule Meeting dulu baru kemudian berikan link webinar Anda kepada murid Anda. Nah sekarang sebagai salah satu contoh, kami akan memandu anda dalam mempelajari cara membuat webinar dengan Ms. Teams. Baca juga: Cara Membuat Webinar dengan Zoom.

Cara Membuat Webinar dengan Microsoft Teams

Untuk pertama kalinya, kami akan mengingatkan Anda bahwa cara membuat webinar dengan Microsoft Teams dapat Anda lakukan jika Anda sudah memasang aplikasi Microsoft Teams di Laptop Anda. Karena jika Anda menggunakan aplikasi Ms. Teams dari hp itu terlalu berat untuk optimasinya. Sehingga kami sarankan Anda agar memasang aplikasi Microsoft Teams di laptop Anda sesuai dengan kriteria laptop.

Berikut langkah demi langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat webinar dengan Microsoft Teams. Semoga saja Anda bisa melakukannya setelah hari ini. Cek dengan seksama jangan sampai ada satu langkah saja yang ketinggalan.

Cara Membuat Webinar, Kelas Online, Seminar Online di Ms. Teams

Adapun prosedur untuk membuat webinar di Ms Teams dimulai dengan membuka aplikasi Microsoft Teams dari laptop Anda. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu Calender di bilah navigasi samping. Kemudian, Anda bisa klik New Meeting di pojok kanan atas. Dari sini, Anda bisa mengisi detail dari webinar yang akan Anda lakukan dengan menggunakan Microsoft Teams.

Silahkan Anda isi Judul Webinar, masukkan siapa peserta webinar Anda misalnya 1 atau 2 peserta, isi waktu webinar mulai dan kapan berakhirnya. Lanjut, Add Channel tidak usah diisi. Anda bisa menambahkan lokasi. Berikutnya, bisa mengisi deskripsi dari webinar yang bapak ibu buat. Baca juga: Cara Membuat Pembelajaran Online Berbasis Google Classroom.

Jika webinar sudah Anda buat, klik Send di pojok kanan atas. Maka dengan begitu, schedule untuk Webinar bapak ibu akan masuk di Calendar yang tadi. Dari sini, Anda bisa mulai untuk membagikan link webinar yang sudah dibuat. Yaitu klik webinar Anda di tanggal yang sudah Anda tentukan. Lalu, klik kanan pada Join Microsoft Teams Meeting di bawah.  Selanjutnya pilih Copy Link.

Nah sekarang link Webinar tinggal diperdendek saja linknya. Bisa pakai pemendek url yang ada di Google. Kemudian terakhir, share ke grup wa, Telegram atau lainnya ke siswa siswi Anda. Beres.

Cara Bergabung Ke Webinar di Microsoft Teams

Ketika link webinar sudah Anda share kepada orang lain atau murid Anda. Silahkan kasih petunjuk untuk klik link webinarnya. Jika murid Anda sudah punya akun office 365 dan sudah punya aplikasi Ms teams baik di laptop atau hp maka ketika link redirect ke browser Anda. Suruh mereka klik buka di Microsoft Teams. Namun ternyata jika orang lain yang masuk ke webinar Anda masih belum punya akun Office 365 maka ketika link webinar mengarah ke browser, minta mereka untuk klik tidak. Kemudian, pilih buka di Browser. Dari sini mereka tinggal klik Join Meeting saja.

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara membuat webinar dengan Microsoft Teams. Jika Anda bingung, segera kami akan buatkan videonya di channel Youtube kami. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Membuat Webinar dengan Google Meet.