Apakah Aplikasi Zoom Boros Kuota? Yuk Kita Kulik Bersama

Apakah Aplikasi Zoom Boros Kuota -- Hari ini kita akan bahas mengenai apakah zoom boros kuota. Mengingat semua pembelajaran semua harus online dan harus menggunakan video conference sebagai pengganti kelas tatap muka maka Zoom adalah salah satu opsi yang pas untuk semua itu. Namun masalahnya setelah diimplementasikan banyak siswa siswi yang mengeluh dan mengatakan kuota cepat habis. Apakah aplikasi zoom boros kuota? Kita belum tahu pasti bukan? Jadi mari kita kupas di bawah ini nanti. Baca juga: Cara Mengundang Teman di Zoom.

Sampai hari ini ada 4 buah aplikasi video conference terbaik yaitu Zoom, Skype, Webex dan Google Meet. Keempat aplikasi video conference / meeting online ini butuh besaran kuota yang berbeda-beda karena dengan fitur yang diusungnya jelas akan memberikan beda pada pemaikan kuota. Lantas apakah dari keempat aplikasi video conference tersebut Zoom adalah aplikasi boros kuota? Eits belum tentu juga ya...

Apakah Aplikasi Zoom Boros Kuota?

Untuk mengetahui apakah aplikasi Zoom boros kuota atau tidak ternyata baru-baru ini ada sebuah riset yang dilakukan oleh salah satu provider Indonesia yaitu Tri yang menguji pemakaian bandwith dari keemapat aplikasi video conference di atas. Anda tentu akan sangat tercengang dengan hasilnya karena justru aplikasi Zoomlah yang paling hemat kuota. Baca juga: Cara Menjadi Host Zoom Meeting.

Anda tidak akan percaya pemakaian bandwith terbesar itu justru pada pemakaian aplikasi Webex. Uji coba yang dilakukan Tri ini berlangsung selama 30 menit untuk video conference dengan jumlah peserta 5 orang. Yang kesemuanya menggunakan jaringan Tri. Dan memang hasilnya Zoom bukanlah aplikasi yang boros kuota. Anda bisa lihat grafik pemaikan bandwith dari keempat aplikasi video conference tersebut di bawah ini.

Apakah Aplikasi Zoom Boros Kuota

Dengan kata lain jika mengacu pada gambar tersebut maka bandwith kecil yang dikonsumsi oleh Zoom maka secara tersirat ini mengandung arti bahwa Zoom tidak boros kuota. Hal ini karena Zoom hanya butuh data yang kecil pula. Sedangkan aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar yang pada umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik tentu kebutuhan bandwidth dari setiap aplikasi dapat bervariasi juga tergantung dari perangkat yang digunakan.

Kesimpulan Apakah Aplikasi Zoom Boros Kuota?

Menurut kami apakah aplikasi Zoom boros kuota, jawabannya tidak. Meski Aplikasi Zoom gratis hanya dibatasi selama 40 menit saja. Nyatanya, penggunaan kuota data di aplikasi Zoom tidak begitu cepat habis meski dilakukan sampai 25 peserta yang sempat kami lakukan.

Sekian dulu bahasan kami mengenai apakah Zoom boros kuota. Semoga bisa menjadi referensi dalam pemakaian aplikasi Zoom. Setidaknya memberikan gambaran jangan mudah takut kehabisan kuota saat video conference berlangsung. Baca juga: Cara Ganti Nama di Zoom.