Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop dan Atau Hp Android

Cara Menggunakan Zoom di Laptop, Cara Menggunakan Zoom di Android -- Dua hal inilah yang akan kami bahas dalam artikel ini. Anda akan kami pandu dalam mempelajari cara menggunakan aplikasi Zoom di laptop dan cara menggunakan aplikasi Zoom di Android. Mengapa Anda harus belajar menggunakan aplikasi Zoom? Ya benar sekali. Saat ini wabah Covid - 19 sudah mulai menyebar di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Sehingga, atas pertimbangan tersebutlah bapak presiden kita menganjurkan untuk belajar di rumah. Namun masih harus tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran online. Baca juga: Cara Mengganti Bahasa di Google Classroom.


Kemarin kami sudah memandu Anda dalam hal cara membuat pembelajaran online berbasis Google Classroom dan cara membuat video conference dengan Google Meet. Maka hari ini kami tambah media pembelajaran untuk era 4.0 yaitu Aplikasi Zoom. Zoom sendiri bisa digunakan di Android dan di laptop. Kami akan jelaskan satu demi satu cara menggunakan Zoom baik di Laptop ataupun di Android. Silahkan simak sampai habis.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Ada 2 pokok pembahasan yang akan kita dalami di sini yaitu cara menggunakan Zoom di laptop dan cara menggunakan zoom di Android. Kami jelaskan dulu cara menggunakan Zoom di laptop karena prosesnya sedikit ribet dari pada yang ada di hp Android. Jadi Anda harus belajar betul sebagai tendik yang siap menyongsong distruptive era ini.

 Yuk bersama kami Gallery Tekno untuk mempelajari satu demi satu hal terkait dengan cara menggunakan aplikasi Zoom baik di laptop atau di Android.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop

Untuk yang pertama kali, meskipun Anda bisa langsung join meeting di laman resmi aplikasi Zoom pada laman website https://zoom.us namun kami sarankan Anda download saja aplikasi Zoom untuk Windows di https://zoom.us/support/download.

Setelah Anda download aplikasi Zoom di laptop maka segeralah pasang di Windows Anda. Buka dengan cara klik. Selanjutnya, ada dua pilihan yaitu Join meeting dan Sign in. Jika Anda pilih Join Meeting maka Anda bisa langsung bergabung dengan Meeting asal Anda tahu kode meetingnya tanpa harus join di Zoom. Namun jika pilih Sign In Anda bisa daftar aplikasi Zoom dengan berbagai cara. Baca juga: Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom.

Anda bisa daftar Zoom dengan SSO (email), dengan akun Google dan akun Facebook. Untuk mempermudah Anda pilih saja yang Akun Google atau Facebook. Jadi nanti sewaktu Anda login ke akun Zoom Anda cukup dengan salah satu akun tersebut. Kami anggap Anda sudah milih salah satu dan sudah menyelesaikan pendaftaran aplikasi Zoom.

Oh iya, Anda tidak perlu klik sign up free di pojok kanan bawah. Karena Anda justru akan diarahkan ke web browser untuk daftar akun Zoom dengan email Anda. Jadi cukup dengan Akun Google atau Facebook. Meski diarahkan ke web browser namun dengan akun Google atau Facebook.

Setelah Anda berhasil daftar klik My Profile dan lihat Personal ID Meeting Anda. Gunakan menu berbagi link ID untuk mengundang orang lain untuk join ke meeting Anda. Dengan begitu maka Anda bisa mulai video conference dengan Zoom di Laptop.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Android

Menggunakan Zoom di Android jauh lebih mudah. Cukup download dan install aplikasi Zoom dari Play Store > Sign in dengan salah satu akun Google yang terdaftar di hp anda maka semuanya beres. Anda bisa mulai video conference dengan memilih New Meeting > Start Meeting. Dari layar video conference yang sudah terbuka klik Participants kemudian klik Invite. Layar pop up muncul pilih saja Copy Url. Sekarang masuk ke Grup WA mata kuliah Anda atau grup wa lainnya untuk share undangan video conference. Selesai. Kini tunggu murid Anda gabung.

Untuk mengakhiri video conference dengan Zoom, klik saja Stop Video > End di sebelah kanan atas. Klik End Meeting. Dengan begitu Anda mengakhiri video conference Anda. Jika hanya mau meninggalkan meeting sementara waktu klik Leave Meeting nanti masuk lagi dengan kode meeting yang sama.

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara menggunakan aplikasi Zoom di Laptop dan di Hp Android. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Menggunakan Google Meet untuk Video Conference.