Cara Root Samsung Galaxy A51 dan Unlock Bootloader

Cara Root Samsung Galaxy A51 dan Unlock Bootloader -- Baru-baru ini Samsung merilis Galaxy A51 bersama dengan Galaxy A71. Kedua smartphone seri-A terbaru ini identik dalam desain, dan juga beberapa spesifikasi serupa. Kami sudah membagikan panduan untuk cara mematikan galaxy A51, dan di sini dalam panduan ini, kami akan fokus pada Cara Root Galaxy A51. Perangkat ini menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa, dan Anda dapat meningkatkan kinerja dengan menyesuaikan telepon Anda. Dan untuk menyesuaikan pada level sistem, Anda perlu melakukan root pada perangkat Anda. Di sini Anda akan tahu Cara Root Samsung Galaxy A51 dan cara unlock bootloader di Galaxy A51. Baca juga: Cara Root Samsung Galaxy A80 Tanpa PC.

Cara Root Galaxy A51

Galaxy A51 adalah penerus pendahulunya yaitu Galaxy A50, dan itu benar-benar menonjol sebagai penerus yang baik. Semua spesifikasi dibandingkan dengan Galaxy A50 telah ditingkatkan di Galaxy A51. Dan jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak add-on dan fitur pada ponsel Anda, maka Anda dapat me-root ponsel Anda dengan metode efektif yang diberikan dalam panduan ini. Root akan menambahkan fitur seperti mengubah font sistem, menerapkan tema pihak ketiga, animasi boot kustom, dan banyak lagi.

Tidak mudah untuk melakukan root perangkat Samsung dibandingkan dengan perangkat merek lain. Itu karena OneUI, yang diperkenalkan tahun lalu, dan karena keamanan dua-lapisannya, tidak mudah sama sekali untuk menulis di sistem. Tetapi bukan tidak mungkin, karena banyak pengembang menemukan bahwa hanya beberapa langkah yang akan ditambahkan ke metode root biasa. Dan untuk me-root Samsung Galaxy A51 Anda harus terlebih dahulu unlock bootloader Samsung Galaxy A51.

Cara Root Samsung Galaxy A51

Sepertinya, Anda sekarang sadar akan tantangan yang harus Anda hadapi saat me-root perangkat Samsung. Pastikan untuk mengikuti panduan ini dengan hati-hati agar Anda tidak merusak perangkat Anda. Ada dua cara yang efektif untuk root Galaxy A51 tetapi sampai sekarang, hanya satu yang mungkin karena tidak ada kustom recovery tersedia untuk Galaxy A51. Kita akan menggunakan Magisk Patch Image untuk root Samsung Galaxy A51. Tapi pertama-tama berikut ini adalah cara unlock bootloader Samsung Galaxy A51. Baca juga: Cara Root Samsung Galaxy A50 Tanpa PC.

Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy A51

Unlock Bootloader adalah langkah yang perlu jika tidak, Anda tidak akan dapat me-root ponsel Anda. Secara default, semua ponsel memiliki bootloader yang terkunci kecuali Anda membeli ponsel dengan status tidak terkunci. Ini membatasi pengguna dari mengubah atau menulis apa pun pada tingkat sistem di perangkat. Jadi, jika Anda berencana untuk melakukan rooting pada ponsel Anda atau menginstal custom ROM kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Pertama, pastikan untuk backup penuh data Anda karena unlock bootloader akan menghapus semua data dari ponsel Anda.
  2. Setelah cadangan berhasil silahkan buka Pengaturan di ponsel Anda.
  3. Pergi ke About Phone lalu ketuk Build Number terus menerus hingga menampilkan 'Anda sekarang pengembang'.
  4. Sekarang kembali ke Pengaturan utama dan pergi ke Pengaturan Tambahan> Opsi Pengembang. Jika Anda tidak menemukan Opsi Pengembang, maka cari opsi pengembang di bilah pencarian.
  5. Dalam Opsi Pengembang, aktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging.
  6. Matikan telepon Anda sepenuhnya. Kemudian tekan Volume Naik + Volume Turun bersamaan, dan sambil menahan kedua tombol, sambungkan ponsel Anda ke PC dengan kabel USB.
  7. Saat layar Peringatan muncul, lepaskan kedua tombol dan tekan Volume Naik sekali untuk masuk ke Mode Download.
  8. Setelah perangkat boot ke Mode Download, tekan lama tombol Volume Naik untuk unlock bootloader. Ini akan menghapus semua data dari ponsel Anda dan unlock bootloader pada Samsung Galaxy A51.
  9. Sekarang reboot perangkat Anda ke sistem dan aktifkan Opsi Pengembang dengan langkah yang sama seperti yang diberikan di atas.
  10. Di Opsi Pengembang, pastikan klik OEM Unlocking. Jika ya, maka Anda telah berhasil unlock bootloader di Galaxy A51, dan jika tidak, maka Anda coba lagi setelah beberapa hari.
Sekarang setelah bootloader tidak dikunci pada Samsung Galaxy A51, Anda dapat melanjutkan dengan menginstal pemulihan khusus dan me-rooting ponsel. Tetapi sebelum Anda melompat ke langkah-langkah, cek persyaratan root galaxy A51.

Prasyarat Root Samsung Galaxy A51

Cek syaratnya di bawah ini.
  • Pastikan sudah unlock Bootloader Samsung Galaxy A51.
  • Backup data untuk memulihkan jika terjadi kesalahan.
  • Isi daya ponsel Anda hingga setidaknya 50%.
  • Download Magisk Manager APK.
  • Download Odin Flash Tool.
  • Update Galaxy A51 Anda ke versi terbaru dan download firmware (versi yang sama disarankan).
Jika syarat sudah Anda penuhi maka segera lanjut di bawah ini untuk root galaxy a51.

Cara Root Samsung Galaxy A51 dengan Magisk

Langkah root Galaxy A51 sebagai berikut ini.
  • Copy APK Magisk Manager yang diunduh di ponsel Anda dan instal aplikasi.
  • Sekarang, ekstrak Firmware di PC Anda dan dari folder yang diekstrak, salin AP.tar (AP_A707XXXU1ASIX_EXAMPLE_0000000_user_low_ship_MU LTI_CERT_meta_OS9.tar) ke penyimpanan telepon.
  • Sekarang buka aplikasi Magisk Manager dan klik Install > Instal.
  • Di layar berikutnya, Anda bisa memilih Selected Method, jadi pilih 'Select and Patch File.
  • Kemudian cari file AP.tar dan tunggu proses patching.
  • File output yang dipatching dengan magisk_patched.tar akan disimpan di folder Download.
  • Salin file magisk_patched.tar ke komputer Anda dan pastikan untuk mengingat lokasi.
  • Sekarang matikan perangkat Anda dan boot ke Mode Download dengan langkah-langkah yang sama yang diberikan dalam panduan unlok bootloader Galaxy A51.
  • Saat Galaxy A51 masuk ke Mode Download, sambungkan ke komputer Anda dengan kabel USB.
  • Setelah menghubungkan telepon, buka Odin Tool (Odin.exe) yang Anda download diawal.
  • Di Odin Tool, silahkan beralih ke tab Opsi dan hapus centang Auto-Reboot.
  • Klik tombol AP dan pilih file magisk_patched.tar. Kemudian klik tombol BL dan pilih file BL (itu akan berada di folder firmware yang diekstrak). Demikian pula, pilih file CP dan CSC di Odin.
  • Setelah Anda menambahkan semua file di bagian tertentu, klik tombol Start. Kemudian tunggu pesan sukses, Anda juga dapat melacak kemajuan di kiri atas.
  • Setelah mem-flash file, Anda perlu mem - boot dengan hati-hati ke sistem root menggunakan kombinasi tombol di bawah ini.
  • Tekan & tahan tombol Volume Naik + Daya dan lepaskan semua tombol saat Anda melihat layar peringatan.
Itu saja, sekarang Anda telah berhasil mem-boot Samsung A51 ke sistem root. Anda harus menggunakan kombinasi tombol yang diberikan sama setiap kali Anda mematikan perangkat. Selain itu, hindari menggunakan opsi mulai ulang / restart pada ponsel Anda. Untuk mem-boot ke Recovery dan sistem tanpa root, ikuti kombinasi tombol di bawah ini.
  • Sistem tanpa Root : Aktifkan secara normal.
  • Mode Recovery : Tekan & tahan tombol Volume Naik + Daya bersamaan dan ketika Anda melihat Layar peringatan lepaskan tombol Daya dan terus tekan tombol Volume Naik hingga Anda melihat Recovery.
Jadi begitulah panduan lengkap tentang cara root Samsung Galaxy A51 bersama dengan panduan unlock bootloadernya. Semoga bermanfaat dan berguna. Baca juga: Cara Root Samsung Galaxy A30 dan Pasang TWRP Recovery.