Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Lokal di KAI Access Mudah

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Lokal di KAI Access -- Kami sudah berhasil memposting artikel mengenai cara mengganti nomor telepon di akun KAI Access. Hari ini kita sambung lagi mengenai aplikasi KAI Access yang dengar-dengar bisa digunakan untuk reschedule jadwal kereta api. Jadi fokus kita hari ini adalah cara pembatalan tiket kereta api lokal di KAI Access.

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Lokal dengan KAI Access

Kami berharap dengan panduan kami terkait cara pembatalan tiket kereta api lokal di KAI Access ini bisa digunakan ketika memang tidak jadi berangkat dengan kereta yang sudah dipilih karena sesuatu hal. Jadi yuk mari langsung saja kita bahas apa memang benar adanya terdapat cara membatalkan tiket kereta api lokal di KAI Access.

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Lokal di KAI Access

Skema pembatalan tiket kereta api di KAI Access sebenarnya tetap begitu begitu saja. Namun masalahnya mungkin uang yang kembali hanya tidak full. Misal harga tiket 100.000 paling kembali cuma 75000. Ya tidak masalah asal tiket kereta yang sudah dipesan dengan KAI Access bisa di reschedule ulang. Baca juga: Cara Menghapus Akun KAI Access.

Sebenarnya sih, hanya untuk informasi saja cara pembatalan tiket kereta api lokal ini selain bisa di aplikasi KAI Access, Anda juga bisa membatalkannya di stasiun terdekat. Namun kadang kalau harus ke stasiun orang malas berjubal antri sehingga pembatalan tiket kereta api secara online di aplikasi KAI Access lebih disukai.

Langkah Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Lokal di KAI Access

Sekarang ikuti panduan kami untuk pembatalan tiket kereta api lokal di aplikasi KAI Access.
  • Buka aplikasi KAI Access > MY TRIPS > Local Trains > cari kode booking yang hendak dibatalkan. Jika sudah, segera pilih menu pembatalan.
  • Kemudian pilih setidaknya satu penumpang yang akan melakukan pembatalan. Beri centang pada kolom syarat dan ketentuan lalu lanjutkan proses pembatatalan > klik Lanjut.
  • Tahap ini silahkan masukkan akun bank Anda, nomor rekening Anda yang benar untuk pengembalian bea kemudian klik proses pembatalan.
  • Di laman KONFIRMASI maka akan muncul sebagai tahapan review dari pembatalan tiket kereta api Anda. Anda harus menyatakan apakah sudah benar atau belum. Sebagai langkah terakhir, silahkan klik konfirmasi dan lanjutkan jika anda sudah yakin ingin membatalkan tiket kereta api Anda.
Nah begitu saja cara pembatalan tiket kereta api lokal di KAI Access. Namun jika cara di atas tidak berlaku, kemungkinan besar cara pembatalan tiket kereta api tersebut untuk tiket Intercity Trains yang notabene memang harga tiketnya mahal. Ini diperkuat pula, harga tiket kereta api lokal yang hanya 15000 kalaupun dibatalkan juga tidak seberapa. Sehingga, mungkin belum ada cara yang jelas untuk pembatalan tiket kereta api lokal di KAI Access.

Catatan untuk Pembatalan Tiket Kereta Api di KAI Access

Ada syarat dan ketentuan sebagai catatan pembatalan tiket kereta api di KAI Access yaitu.
  • Salah satu penumpang yang hendak membatalkan tiket kereta api di KAI Access setidaknya sudah punya akun KAI Access. Proses pembatalan hanya bisa dilakukan oleh si pemohon ini.
  • Pembatalan tiket yang sudah dibayarkan di KAI Access setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan. Jika tiket sudah dicetak atau masih kurang dari 24 jam maka untuk proses pembatalan Anda harus ke stasiun.
  • Pembatalan tiket di KAI Access dikenai biaya admin sebesar 25% dari harga tiket yang dibeli. Ini di luar bea pesan dengan pembulatan keatas kelipatan Rp.1000.
  • Pengembalian bea akan dilakukan setelah hari ke-30 s.d hari ke-45 setelah tanggal pembatalan tiket kereta api melalui transfer (non tunai), lewat rekening salah satu penumpang yang terdapat pada kode booking tiket yang dibatalkan. Oleh karena itu, nama pemilik rekening harus benar.
Tambahan catatan pembatalan tiket kereta api di KAI Access sebagai berikut ini.
  •  Jika sampai hari ke 45 setelah tanggal pembatalan tiket kereta api namun dana refund belum diterima (gagal transfer), maka segera buktikan dengan SMS gagal transfer dari KAI, kemudian silahkan lakukan hal di bawah ini:
a. Pergi ke Customer Service on Station (CSOS), yang paling dekat;
b. Lalu cetak dan perlihatkan bukti pembatalan tiket dari aplikasi KAI Access kepada CSOS;
c. Disamping itu, tunjukkan SMS gagal transfer dan identitas asli Anda ke CSOS;
d. Dari sini, penumpang akan memperoleh pengembalian dana secara tunai.
  • Jika tiket kereta api yang dibatalkan di KAI Access lebih dari satu, namun dengan nomor kode booking yang sama, maka refund dana secara tunai bisa diwakilkan kepada salah satu penumpang dengan menunjukkan identitas asli. Ini cukup salah satu data dari penumpang yang membatalkan tiket.
  • Jika refund tunai diwakilkan, maka silakan membawa:
a. Bukti pembatalan dan identitas asli dari salah satu penumpang KAI yang tiketnya tadi dibatalkan;
b. Surat kuasa bermaterai dari pemberi kuasa yang tercantum pada bukti pembatalan tiket kereta api yang ditujukan kepada pihak yang diberi kuasa untuk mengambil refund dana tunai.

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara pembatalan tiket kereta api lokal di KAI access. Maaf kalau ternyata isinya untuk membatalkan tiket intercity trains. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Menggunakan Saldo Bonus LinkAja.