Tata Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint Mudah

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint -- Jika Anda sudah menemukan artikel kami terkait dengan cara mengecilkan ukuran foto menggunakan paint maka pasti Anda kini sedang berusaha upload foto sebagai syarat CPNS yang hanya sebesar 200 kb saja sedangkan ukuran foto Anda mungkin lebih besar dari pada itu. Oleh karena itu, Anda sudah sangat pas jika berada di sini. Kami akan tunjukkan kepada Anda cara mengecilkan ukuran foto di laptop dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yang bernama Paint. Baca juga: Cara Menghapus Chromium.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint di laptop

Perlu Anda ketahui bahwa Paint merupakan software windows yang banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya untuk mengecilkan ukuran foto namun juga bisa dipakai untuk menambah objek dan watermark, mengedit rotasi gambar dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara mengecilkan ukuran foto menggunakan paint di laptop baik windows 7, windows 8.1 dan windows 10? Silahkan simak panduannya di bawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint

Yang perlu Anda ketahui bahwa untuk mengakses Paint itu sangat gampang. Arahkan saja ke foto dimana Anda menyimpannya. Lalu klik kanan pada Foto > klik Edit. Biasanya ini akan langsung masuk pada editor Paint. Kami menerapkan cara itu di Windows 8.1 32 bit. Atau kalau memang kesulitan dengan cara tersebut misalnya kok tidak langsung masuk ke Paint maka Anda bisa coba mencari foto Anda > klik kanan pada foto > open with ... pilih paint. Baca juga: Cara Menghapus Akun SSCN.

Kedua cara membuka paint tersebut sejatinya sangatlah gampang. Namun mungkin sebagian orang tidak tahu caranya. Paint di Windows 8.1 juga bisa diakses dari klik Start / tekan icon Windows di laptop > klik tanda panah ke bawah untuk masuk Apps > geser ke kanan dan temukan Paint. Dari Paint yang sudah terbuka maka Anda bisa open file foto Anda.

Jika foto sudah terbuka maka Anda bisa lanjut untuk mengecilkan ukuran foto menggunakan paint. Yuk simak saja tutorialnya di bawah ini.

Langkah Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint

Anggap saja foto sudah dibuka dengan Paint. Saat sudah berada di laman Home > pilih Resize. Anda akan melihat 2 buah pilihan resize yaitu berdasarkan percentage dan pixels. Sebagai contoh dalam artikel ini, kami memilih resize berdasarkan ukuran pixels karena lebih mudah dipahami. Pada bagian ukuran Horizontal dan Vertical silahkan isi ukuran yang Anda mau. Semakin kecil isi dari ukuran Pixels maka resize foto juga akan semakin kecil. Jangan lupa ketuk OK untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Kini waktunya Anda simpan foto yang sudah Anda kecilkan tadi. Ketuk saja ikon disket di pojok kiri atas. Atau Anda juga bisa menekan CTRL + S. Dengan begini maka foto Anda sudah mempunyai ukuran yang berbeda dan jauh lebih kecil.

Sekian tutorial kami mengenai cara mengecilkan foto menggunakan paint. Semoga bermanfaat dan berguna kedepannya. Baca juga: Cara Mengatasi Gagal Sinkron Pada Dapodik 2020.