Cara Membesarkan PDF Hingga 800 Kb untuk Syarat Dokumen CPNS 2019

Cara Membesarkan file PDF -- Pendaftaran CPNS 2019 telah dibuka sejak 11-24 November (tentatif) mewajibkan para pelamar untuk mengunggah dokumen PDF ke portal SSCASN BKN. Sebagaimana sudah dijelaskan oleh BKN melalui laman FAQ di situs web SSCASN, semua dokumen itu berupa hasil scan dan bukan file asli. Selain itu, dokumen tersebut juga mempunyai batas ukuran maksimal yaitu antara 300 Kb sampai 800 Kb saja. Dokumen tersebut misalnya scan surat lamaran (300 Kb), scan ijazah + Serdik/STR (800 Kb), scan transkrip nilai (500 Kb), dan scan dokumen pendukung lainnya (800 Kb). Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran PDF.

Cara Memperbesar PDF

Himbauan dari BKN adalah agar para pelamar tidak mengunggah berkas lebih dari ukuran yang sudah ditentukan. Sebab, file secara otomatis akan ditolak oleh sistem pada waktu diunggah. Dengan kata lain, ukuran dokumen format PDF harus antara 300 Kb hingga 800 Kb atau bisa kurang. Namun, bagi pelamar CPNS 2019 yang ingin memperbesar PDF tetap bisa melakukannya, bukan hanya ukuran saja namun juga dimensinya (ukuran kertas/halaman). Berikut panduannya.

Cara Membesarkan Ukuran PDF

Ada 2 cara membesarkan ukuran PDF yang dapat Anda coba di bawah ini. Silahkan Anda baca sampai selesai. Ingat, langsung praktek saja. Baca Juga: Arti Bad Credentials CPNS 2019.

Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop

Untuk memperbesar ukuran file PDF maka Anda membutuhkan perangkat lunak seperti Photoshop. Caranya mudah, selangkapnya sebagai berikut:
  1. Jalankan Photoshop.
  2. Ketuk Open.
  3. Pilih file PDF.
  4. Silahkan ganti resolusi sesuai keinginan. Kian besar ukuran file, maka makin besar pula resolusiya.
  5. Ketuk OK.
  6. Klik menu File.
  7. Pilih Save As.
  8. Silahkan rubah format Photoshop PDF.
  9. Kasih nama file PDF yang akan disimpan.
  10. Klik Save.
  11. Selesai.
Anda harus tahu bahwa batasan ukuran file scan surat lamaran PDF untuk syarat CPNS 2019 tidak lebih dari 300 Kb, scan ijazah + Serdik/STR maksimal hanya 800 Kb, scan transkrip nilai 500 Kb, dan scan dokumen pendukung lainnya maksimal 800 Kb. Artinya, pada langkah nomor 4 di atas saat memilih resolusi maka wajib diperhatikan luarannya agar tidak melebihi ukuran file PDF yang sudah ditentukan oleh BKN.

Cara Memperbesar Ukuran File PDF Secara Online

Cara memperbesar ukuran pdf ini terkait dengan ukuran margin (atas, bawah, kiri, kanan) dan juga ukuran halaman (misalnya surat, A4, A5, folio, dll). Alasannya, kian besar ukuran margin serta halamannya, maka semakin besar pula hasil outputnya.

Untuk melakukan itu, Anda bisa memanfaatkan situs web bernama Soda PDF, selengkapnya sebagai berikut:
  1. Buka laman situs web Soda PDF.
  2. Ketuk Pilih File.
  3. Silahkan rubah ukuran Margin dan Halaman lalu klik UBAH UKURAN.
  4. Anda harus tunggu hingga Soda PDF selesai bekerja.
  5. Ketuk UNDUH SEKARANG.
  6. Selesai.
Kami ingatkan kembali, untuk ukuran file PDF 300 Kb hingga 800 Kb sudah sesuai aturan BKN terkait dengan batas maksimal sebelum diunggah ke portal SSCASN. Artinya apa? Jika scan dokumen PDF Anda berukuran kurang dari itu justru tetap bisa diunggah karena sudah sesuai syarat. Tidak hanya itu, jika file PDF dibesarkan ukurannya, maka ada risiko kualitasnya akan turun, misalnya resolusi, detail, atau dokumen kelihatan buram tidak jelas. Oleh karena itu, pelamar seleksi CPNS 2019 sangat kami sarankan untuk scan dokumen baru jika ukurannya masih kecil, daripada membesarkan ukuran PDFnya agar sesuai aturan BKN.

Sekian paparan kami mengenai Cara Membesarkan Ukuran PDF. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memenuhi syarat CPNS 2019. Baca juga: Contoh Foto Swafoto CPNS 2019.