Cara Hard Reset Realme 3 dan Realme 3 Pro Lupa Pola, PIN dan Password

Cara Hard Reset Realme 3 dan Realme 3 Pro Lupa Pola, PIN dan Password -- Realme 3 Series adalah smartphone kelas menengah dari OPPO yang memiliki layar LCD 6,2 inci dengan rasio aspek 19: 9 dan membuat ponsel ini mudah dipegang dengan satu tangan. Untuk membuat ponsel ini bekerja dengan lancar, maka ada dua pilihan prosesor, keduanya menggunakan Mediatek yaitu Mediatek Helio P60 dan yang lainnya menggunakan Mediatek Helio P70. Ponsel ini hadir dengan RAM minimal 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB, tetapi jika kita memiliki uang lebih, maka kita dapat membeli produk yang lebih mahal dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Kedua versi telah mendedikasikan memori eksternal MicroSD slot penyimpanan 256 GB maksimum. Temukan lebih banyak ulasan dan informasi tentang cara mengatasi masalah Realme 3 dan Realme 3 Pro di Gallery Tekno. Baca juga: Cara Mengganti Font Realme 3 dan Realme 3 Pro.

Cara Hard Reset Realme 3 dan Realme 3 Pro

Kali ini kita akan bahas salah satu masalah sering terjadi di Realme 3 dan Realme 3 Pro yaitu lupa pola, PIN dan Password. Jika Anda salah satu pengguna yang mengalami hal tersebut maka ada baiknya jika Anda mengikuti tutorial kami sampai selesai.

Cara Hard Reset Realme 3 dan Realme 3 Pro Lupa Pola, PIN dan Password

Pada situasi normal, kita tidak perlu melakukan soft reset atau reboot ketika ponsel kita masih berfungsi normal. Namun, ketika beberapa masalah terjadi, maka kita perlu memaksa reset atau reboot untuk membersihkan file dan cache sementara dari ponsel kita. Silakan tekan dan tahan tombol POWER hingga REALME 3 / 3 Pro Anda dimatikan atau dimatikan dengan paksa. Setelah ponsel ini benar-benar mati, maka kita dapat menekan lagi tombol POWER untuk menyalakannya. Proses ini tidak akan menghapus data penting apa pun.

Oleh karena itu kita dapat melakukan proses ini kapan saja Anda mau. Jika REALME 3 / 3 Pro Anda masih dapat berfungsi dengan baik, tetapi Anda ingin menghapus file sementara dan cache dari beberapa aplikasi, maka silakan tekan dan tahan tombol POWER hingga menu pop-up muncul, lanjutkan pilih menu Shutdown / Power off / Reboot. Baca juga: Cara Mengatasi Realme 3 Pro Cepat Panas.

Tapi jika ternyata masalah lebih berlanjut. Misalnya Anda lupa pola, lupa PIN dan lupa password maka Anda bisa melakukan hard reset. Hard reset atau factory reset Realme 3 / 3 Pro ini akan menghapus data Anda. Maka dari situ silahkan Anda backup dulu data penting anda.

Cara Backup Data dan Kontak di Realme 3 / 3 Pro

Anda dapat menggunakan kartu eksternal microSD untuk menyalin atau memindahkan file penting menggunakan aplikasi Manajer File. Jika REALME 3 / 3 Pro Anda telah masuk dengan akun Google, secara default kontak akan disinkronkan di latar belakang ke server Google. Pastikan Anda memeriksa semua kontak di server kontak Google menggunakan penelusuran Internet untuk memastikan cadangan dilakukan.

Nah jika proses backup data Realme 3 / Realme 3 pro sudah berhasil. Maka Anda bisa lanjut ke proses cara hard reset Realme 3 / 3 Pro sebagai berikut ini.

Langkah Cara Hard Reset Realme 3 dan Realme 3 Pro

Pastikan jika Anda lupa pola, PIN dan Password Realme 3 dan 3 Pro lakukan hard reset sebagai berikut ini.
  • Aktifkan REALME 3 / 3 Pro.
  • Pastikan baterai tidak kosong.
  • Cadangkan data penting di REALME 3 / 3 Pro karena semua data dan aplikasi akan dihapus.
  • Masuk Pengaturan.
  • Pilih general.
  • Tekan Backup & Reset > Restore factory setting.
  • Lebih baik Anda tidak memeriksa apa pun di opsi jika Anda tidak ingin menghapus data pada partisi data di memori internal.
  • Pilih Reset telepon.
  • REALME 3 / 3 Pro akan melakukan proses reset master.
Begitu cara hard reset Realme 3 dan Realme 3 Pro lupa pola, PIN dan password.

Cara Factory Reset Realme 3 dan Realme 3 Pro dari Recovery

Jika Anda tidak dapat masuk ke menu, atau REALME 3 tidak dapat menyala atau hang atau macet atau beku sehingga Anda tidak dapat mengakses pengaturan atau tidak ada yang terjadi saat menyentuh layar, maka cobalah untuk factory reset dengan tombol rahasia dan tombol perangkat keras.
  • Matikan REALME 3 / 3 pro.
  • Pastikan baterai REALME 3 / 3 Pro sudah penuh atau lebih dari 50%.
  • Tekan dan tahan Tombol Daya + Tombol Volume Turun bersamaan.
  • Jika Logo muncul, lepaskan tombolnya, setelah itu kita akan masuk ke beberapa menu.
  • Pilih wipe data / factory reset menggunakan Volume Button, dan tekan Power untuk Enter atau OK.
  • REALME 3 akan melanjutkan master reset, tunggu beberapa menit hingga REALME 3 mulai seperti baru lagi.
Itu cara factory reset Realme 3 dan 3 Pro dari Recovery Mode. Semoga berhasil. Sekian paparan kami mengenai Cara Mengatasi Realme 3 dan Realme 3 Pro Lupa Pola, PIN dan Password. Baca juga: Cara Root Realme 3 Pro Tanpa PC.