Kenapa Google Maps Tidak Bisa Dibuka / Terhubung di Android dan iOS iPhone?

Kenapa Google Maps Tidak Bisa Dibuka / Terhubung? -- Google Maps mungkin adalah aplikasi berbasis lokasi pertama dan terdepan yang kebanyakan orang gunakan untuk memetakan tempat tertentu. Ini adalah salah satu aplikasi Android paling signifikan yang dipilih oleh wisatawan karena Google Maps mencakup semua lokasi utama, tempat, dan navigasi. Namun terkadang aplikasi gagal merespons di sebagian besar perangkat dan desktop Android dan karenanya berhenti berfungsi karena masalah teknis. Baca juga: Cara Mengaktifkan Asisten Google di Redmi Note 4.

Kenapa Google Maps Tidak Bisa terhubung

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka mengalami berbagai masalah dengan aplikasi Google Maps di perangkat Android, iOS, iPhone atau iPad. Beberapa masalah yang dilaporkan tercantum di bawah ini:
  • Google Maps tidak berfungsi seperti yang diharapkan, ex, lambat loading/terbuka.
  • Google Maps tidak menemukan lokasi saat ini dengan benar, (apakah Google Maps tidak menemukan Anda dengan benar?).
  • Google Maps tidak menunjukkan navigasi mengemudi dengan benar.
  • Aplikasi Google Maps terus crash.
Apakah Anda mengalami masalah ini juga? Tampaknya banyak pengguna Apple dan Android telah mengalami masalah ini. Artikel singkat ini menjelaskan bagaimana Anda dapat memecahkan masalah kenapa Google Maps tidak bisa dibuka.

Kenapa Google Maps Tidak Bisa Dibuka/Terhubung di Android dan iPhone?

Jika Anda saat ini mengalami Google Maps tidak bisa dibuka atau terhubung maka cobalah Google Maps troubleshooting berikut ini. Baca juga: Cara Logout Akun Youtube di Android.

Pastikan Layanan Lokasi Sudah Aktif

Pertama-tama, pastikan bahwa layanan Lokasi dihidupkan. Dan selanjutnya, Google Maps memiliki izin untuk menggunakannya. Di Android, iPad atau iPhone Anda, ketuk:
  • Di perangkat Anda, buka Pengaturan.
  • Privacy.
  • Layanan Lokasi dan pastikan bahwa Layanan Lokasi diaktifkan. Kemudian gulir ke bawah dan temukan aplikasi Google Maps dan ketuk Google Maps dan pilih "Saat Menggunakan Aplikasi" atau "Selalu".
Jadi hal pertama di atas harus Anda lakukan dahulu. Layanan lokasi di Android dan iOS berbeda letaknya jadi Anda harus mencarinya. Di atas contoh di iOS iPhone.

Reboot Perangkat Anda

Memulai ulang perangkat Anda dapat memperbaiki masalah Anda. Ada lebih dari satu cara untuk mematikan perangkat Anda. Berikut ini salah satunya: Buka Pengaturan> Umum> Gulir ke bawah dan ketuk Matikan.

Tutup Aplikasi Kemudian Buka Kembali

Anda mungkin ingin menutup aplikasi dan memulai ulang. Ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah. Beginilah caranya:
  • Jika perangkat Anda memiliki tombol Home, tekan dua kali tombol home (jika Anda memiliki perangkat tanpa tombol Home, misalnya, iPhone X, geser ke atas dan pause), ini akan muncul aplikasi yang baru-baru ini digunakan.
  • Temukan aplikasi Google Maps, Anda dapat menggeser ke kiri atau ke kanan.
  • Geser ke atas untuk menutup Google Maps.
  • Mulai ulang Google Maps.
Jadi ini juga berlaku di hp Android Anda misalnya di Redmi 5A MIUI 10. Tekan tombol recent apps maka akan muncul aplikasi yang baru baru ini digunakan segera geser ke kanan atau ke kiri untuk menghapusnya.

Aktifkan Background App Refresh

Ini akan memungkinkan Google Maps menyegarkan kontennya di latar belakang. Beginilah caranya:
  • Masuk Pengaturan.
  • Gulir ke Bawah dan temukan Google Maps.
  • Dan beralih di Background App Refresh.
  • Jika Anda melihat Background app refresh berwarna abu-abu, itu mungkin karena perangkat Anda dalam Low Power Mode. Jika Anda melihat bahwa Background app refresh berwarna hijau tetapi tidak berfungsi, ini mungkin Anda mematikan background app refresh. Anda dapat mengaktifkan dengan membuka Pengaturan> Umum> Background App Refresh.
Ingat, paparan di atas masih berlaku untuk user iPhone ya bukan Android.

Nyalakan Air Plane Mode

Untuk mengaktifkan mode air plane / mode pesawat begini caranya: tarik bilah navigasi dari atas ke bawah layar. Ketuk pada ikon pesawat. Nah dengan begini maka air plane mode akan aktif. Kemudian matikan kembali setelah beberapa saat. Tujuannya untuk memperkuat jaringan agar saat dipakai membuka Google Maps akan stabil dan normal.

Update Aplikasi Google Maps

Mungkin saja Google Maps tidak bisa dibuka karena aplikasi Google Maps sudah kadaluarsa. Oleh karena itu, jika ada update yang tersedia segera perbarui aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Kadang memang ini penyebab utama Google Maps tidak bisa dibuka.

Reset Lokasi dan Privasi

Untuk pengguna iOS lakukan ini. Di perangkat Anda masuk ke Settings. Cari General. Kemudian pilih Reset. Terakhir ketuk reset Location dan Privasi.

Reset Network Settings

Masalah sebenarnya terkiat dengan Google Maps tidak bisa dibuka mungkin masalah terkait jaringan. Mengatur ulang pengaturan jaringan Anda dapat mengatasi masalah ini. Namun, harap perhatikan bahwa, seperti namanya, ini akan mengatur ulang pengaturan jaringan Anda, misalnya, kata sandi Wi-Fi Anda akan dihapus, dll.

Sekian penjelasan admin terkait dengan kenapa aplikasi Google Maps tidak bisa dibuka di Android dan iOS iPhone? Semoga paparannya dapat membantu Anda. Baca juga: Cara Menghapus Lokasi Google Map di iPhone / iPad.