Apa itu Memory ECC, Apa Kelebihan Memory ECC dan Bagaimana Memory ECC Melindungi Data?

Apa itu Memory ECC? Apa Kelebihan Memory ECC? Dan Bagaimana Cara Memory ECC Melindungi Data? -- Kelebihan memory ECC adalah berguna untuk memperbaiki dan mendeteksi kesalahan single bit memory. Di sini Anda akan mempelajari semua hal terkait dengan memory ECC. Mulai dari pengertian memory ECC, Kelebihan Memory ECC dan Cara Kerja Memory ECC. Dari pada panjang lebar berikut paparannya. Baca juga: Cara Menggunakan Netcut di Windows 7, 8.1, dan 10.

Apa Kelebihan Memory ECC?

ML600G-10 baru menawarkan memory ECC hingga 32 GB yang sudah terpasang sebelumnya. Memory ECC telah menjadi fitur yang sangat diminta dari banyak pelanggan bisnis yang peduli dengan integritas data, tetapi apa itu Memory ECC? Mengapa Anda membutuhkannya, dan apa kelebihan / manfaat memory ECC?

Apa itu Memory ECC?

Memory ECC adalah singkatan dari Error Correcting Code. Pada tingkat tinggi, ECC mengacu pada kemampuan komponen untuk mendeteksi kesalahan yang mungkin terjadi dalam memori data tanpa perlu mengkonsumsi sumber daya komputasi yang terpisah. Untuk memahami mengapa Anda membutuhkan jenis memori ini, kita perlu melihat dasar-dasar tentang bagaimana fungsi memori flash. Baca juga: Cara Menggunakan Adobe Lightroom.

Bagaimana Cara Kerja Memory Flash?

Di dalam chip flash adalah sel. Setiap sel memiliki satu dari dua kondisi; 0 atau 1. Keadaan setiap sel dikumpulkan dan digabungkan oleh pengontrol memori ke dalam urutan biner dan kemudian diterjemahkan ke dalam data di komputer kita. Sebagai contoh, Anda dapat menyatakan nomor 135 dalam biner sebagai 010000111. Tanpa terlalu banyak detail pada biner, ingatlah bahwa setiap angka dalam string biner mewakili nilai yang sama sekali berbeda dan string biner dapat terus berjalan untuk lusinan tempat.

Kembali ke sel flash, agar sel-sel flash untuk membawa keadaan tertentu, mereka membutuhkan listrik. Sejumlah daya tertentu diterapkan tergantung pada apakah sistem Anda ingin menulis 0 atau 1 ke memori. Dalam aplikasi flash volatile seperti RAM komputer, sel-sel membutuhkan daya setiap saat untuk mempertahankan statusnya (inilah mengapa RAM Anda hilang ketika Anda mematikan komputer Anda). Kadang-kadang, di luar listrik statis atau gangguan dapat menyebabkan sel secara keliru membalik ke arah yang salah (dari 1 hingga 0 atau sebaliknya). Seperti yang Anda bayangkan, ini dapat menghasilkan berbagai konsekuensi negatif.

Jika kita melihat contoh biner kita sebelumnya misalnya, angka 135 dinyatakan sebagai string biner 010000111. Jika salah satu dari sel-sel itu secara keliru membalik, perhatikan bagaimana secara dramatis perubahan data:

010000111 = 135

110000111 = 391

011000111 = 199

010100111 = 167

000000111 = 7

Ini hanyalah satu contoh yang sangat sederhana. Bergantung pada apa yang komputer Anda lakukan dengan data ini, lompatan memori dapat sama tidak berbahayanya dengan cegukan kecil dalam kinerja, atau sebagai bencana saat seluruh komputer macet atau menyebabkan tindakan yang salah dijalankan oleh sistem yang dikendalikannya. Stick rata-rata 8 GB memori melihat sekitar 5 dari kesalahan ini per jam penggunaan (sumber) , dan untuk rata-rata pengguna komputer biasa, dampaknya tidak terlihat. Namun, dalam kasus server atau komputer misi kritis, kesalahan ini dapat dengan cepat menjadi masalah yang menyebabkan masalah mahal serta data dan kerusakan integritas fungsional.

Jenis aplikasi sensitif ini adalah tempat memory ECC bertugas. Ini khusus, umumnya lebih mahal, sticks of RAM memiliki kontroler built-in yang mencakup kode paritas yang dikenal sebagai Kode Hamming. Jika salah satu bit memburuk, itu bisa memperbaikinya dan melaporkan data yang benar kembali ke komputer host. Ini bekerja dengan menggunakan algoritma yang menulis data dengan cara yang memungkinkan rumus untuk mencocokkan potongan data. Hamming Codes dapat berhasil memeriksa konsistensi data dengan jumlah minimal data redundan, yang membantu dalam RAM komputer. Namun, metode ini tidak efektif dalam situasi di mana tingkat kesalahan sangat tinggi.

Kapan Harus Menggunakan Memory ECC?

ECC sepertinya tidak punya otak di komputer Anda. Salah satu komplikasi adalah bahwa memory ECC memerlukan motherboard, chipset, dan prosesor yang mendukungnya. Ini, bersama dengan biaya memory ECC yang lebih tinggi, dapat mengurangi konsumen biasa. Selain itu, ada penurunan 2-3% dalam kinerja dibandingkan memori desktop khas karena penggunaan sumber daya dari algoritma pemrosesan data.

Setiap kali Anda memiliki komputer kritis yang selalu aktif, yang berisiko menghadapi kesalahan memori, ECC dapat membantu mencegah downtime dan kehilangan data. Investasi awal dalam memory ECC dapat menghasilkan ribuan dolar yang disimpan jika itu berarti lini produksi Anda tetap beroperasi sebagai lawan untuk mengalami peristiwa downtime yang terkait kehilangan data.

Jadi pada akhirnya memory ECC adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah di ML600G-10 terkait dengan downtime dan mengurangi biaya perawatan hardware komputer.

Sekian informasi terkait dengan Apa itu Memory ECC? Apa Kelebihan Memory ECC dan Bagaimana Cara Kerja Memory ECC? Semoga bermanfaat. Baca juga: 10 Software Terbaik Untuk Merekam Game di PC.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Anda Sopan Kami Segan. Tunjukkan seberapa tinggi dirimu dari bahasamu.