Ini Cara Mengatasi Samsung Galaxy S7 / S7 Edge Lemot dan Lambat

Cara Mengatasi Samsung Galaxy S7 / S7 Edge Lemot -- Masalah kinerja sering disebabkan oleh beberapa masalah firmware yang serius jadi jika Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Anda lambat atau lemot/hang dan beku setelah pembaruan, maka jelas bahwa pembaruan baru-baru ini mengacaukannya. Namun, kami tidak tahu sejauh mana masalah itu sebabnya penting Anda melakukan pemecahan masalah untuk mengetahui apakah masalah dapat diperbaiki dengan melakukan beberapa prosedur dasar atau jika Anda perlu membawa ponsel ke teknisi dan memeriksanya. Baca juga: Samsung Galaxy S7 Edge Cepat Panas, Ini Solusinya.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy S7 Edge Lemot

Dalam posting ini, admin akan memandu Anda dalam mengatasi masalah Galaxy S7 / S7 Edge lemot untuk melihat apakah kita dapat mempercepat kinerja Galaxy S7 / S7 Edge atau tidak. Ada beberapa prosedur yang perlu Anda ikuti untuk mengesampingkan kemungkinan tetapi perlu diketahui bahwa untuk beberapa masalah perangkat keras, teknisi mungkin diperlukan untuk melakukan pengujian lebih lanjut dan memperbaiki masalah. Cobalah untuk melalui dan ikuti panduan pemecahan masalah di bawah ini untuk melihat apakah mereka dapat membantu Anda mengetahui apa masalah sebenarnya.

Namun, sebelum hal lain terjadi, jika Anda memiliki masalah lain dengan perangkat Anda, pastikan Anda jangan mengotak-atiknya sendiri. Bisa jadi malah Samsung Galaxy S7 Anda berhenti kerja total dan benar-benar menjadi sangat lemot.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy S7 / S7 Edge Lemot Setelah Update

Ada beberapa kemungkinan yang harus Anda perhatikan untuk dapat menentukan, pertama-tama, mengapa masalah ini terjadi dan kedua, kita harus memecahkan masalah perangkat Anda untuk dapat merumuskan solusi yang mungkin memperbaiki masalah ini untuk selamanya. Itu yang dikatakan, inilah yang perlu Anda lakukan. Baca juga: Tidak Bisa Memulai Kamera Samsung Galaxy S7, Begini Cara Mengatasinya.

Pastikan Apakah Download Aplikasi Yang Menyebabkannya

Anda perlu menjalankan ponsel dalam keadaan diagnostik sehingga dapat mengetahui apakah masalah disebabkan oleh salah satu aplikasi yang Anda unduh atau masalah dengan firmware itu sendiri. Ini berarti Anda harus boot ponsel Anda dalam safe mode untuk sementara menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga. Dengan demikian, Anda dapat segera memberitahu jika aplikasi pihak ketiga memiliki sesuatu untuk dilakukan dengan masalah karena ponsel akan boot dengan sukses dalam mode ini dan dapat bekerja lebih cepat daripada kinerjanya saat ini. Beginilah cara Anda memulai ulang perangkat Anda dalam safe mode.
  • Tekan dan tahan tombol Power.
  • Segera setelah Anda dapat melihat 'Samsung Galaxy S7 EDGE' pada layar, lepaskan tombol Power dan segera tahan tombol Volume Turun.
  • Terus tahan tombol Volume Turun hingga perangkat selesai boot ulang.
  • Anda dapat melepaskannya ketika Anda dapat melihat 'Safe Mode' di sudut kiri bawah layar.
Jika S7 Edge Anda berfungsi dengan baik saat dalam mode ini, maka Anda perlu mencari aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyebabkan masalah. Anda selalu memiliki opsi untuk menonaktifkan atau mencopot pemasangan aplikasi yang dicurigai tetapi perhatikan bahwa meskipun aplikasi dinonaktifkan, mungkin masih ada beberapa layanan yang berjalan di latar belakang dan masih dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapus aplikasi yang menurut Anda menyebabkan masalah. Begini cara Anda menghapus aplikasi dari Edge S7 Anda:
  • Dari Home Screen, ketuk ikon Aplikasi.
  • Temukan dan ketuk Pengaturan.
  • Sentuh Aplikasi dan kemudian Manajer aplikasi.
  • Geser ke tab All.
  • Cari dan sentuh aplikasi yang dimaksud.
  • Ketuk Penyimpanan.
  • Ketuk Uninstall.
Mencopot pemasangan aplikasi mungkin tidak memperbaiki masalah. Anda harus mem-boot ponsel Anda secara normal untuk mengetahui apakah yang Anda lakukan memiliki efek yang bagus pada kinerja perangkat Anda. Jika masalah tetap ada setelah mencopot pemasangan aplikasi, hapus instalan aplikasi lain yang dicurigai dengan mem-boot ponsel Anda dalam safe mode lagi dan ikuti langkah-langkah di atas. Setelah itu, boot ponsel Anda secara normal lagi untuk melihat apakah masalah sudah diperbaiki. Lakukan proses ini sampai masalahnya selesai.

Namun, jika Anda memiliki banyak aplikasi dan tidak punya waktu untuk mengejar mereka satu per satu, maka admin sarankan Anda hanya mencadangkan data dan file penting Anda dan kemudian mengatur ulang ponsel Anda. Proses ini akan menghapus semua file dan aplikasi di ponsel Anda kecuali file sistem dan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Jika masalah disebabkan oleh aplikasi, reset Galaxy S7 akan memperbaikinya. Beginilah cara Anda mengembalikan ke setelan pabrik:
  • Dari home screen, ketuk ikon Aplikasi.
  • Temukan dan ketuk Pengaturan lalu sentuh Backup and Reset.
  • Ketuk Factory Data Reset dan sentuh Reset Device.
  • Jika Anda memiliki fitur kunci layar dihidupkan, masukkan kata sandi atau PIN Anda.
  • Sentuh Lanjutkan.
  • Ketuk Erase Everything untuk mengonfirmasi tindakan Anda.
Anda harus mengatur ponsel Anda dari awal lagi setelah reset. Jadi itulah sekilas caranya.

Hapus Semua Cache Sistem dari Recovery Mode

Jika masalah terjadi setelah pembaruan, mungkin masalahnya disebabkan oleh beberapa cache yang rusak. Oleh karena itu, penting bahwa Anda mencoba untuk menghapusnya untuk mengatur kemungkinan ini. Booting up telepon Anda ke dalam Recovery Mode dan menghapus partisi cache dapat memperbaiki masalah yang terkait dengan kinerja ini dan begini cara Anda melakukannya:
  • Matikan telepon.
  • Tekan dan tahan tombol Home dan Volume UP, lalu tekan dan tahan tombol Power.
  • Ketika tulisan Samsung Galaxy S7 / S7 Edge muncul di layar, lepaskan tombol Power tetapi terus menahan tombol Home dan Volume Up.
  • Saat logo Android ditampilkan, Anda dapat melepas kedua tombol dan meninggalkan ponsel selama sekitar 30 hingga 60 detik.
  • Dengan menggunakan tombol Volume Turun, navigasikan melalui opsi dan sorot 'wipe cache partition.'
  • Setelah disorot, Anda dapat menekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Sekarang sorot opsi 'Yes' menggunakan tombol Volume Turun dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Tunggu hingga ponsel Anda selesai menghapus cache partition. Setelah selesai, sorot 'Reboot system now' dan tekan tombol Power.
  • Ponsel sekarang akan reboot lebih lama dari biasanya.
Menghapus partisi cache tidak akan menghapus file atau data Anda tetapi akan memaksa ponsel membuat cache baru untuk menggantikan yang baru saja Anda hapus. Setelah ponsel berhasil dinyalakan ulang, Anda dapat segera mengetahui apakah masalah telah diperbaiki dan jika tidak, maka langkah selanjutnya mungkin dapat memperbaiki masalah ini untuk selamanya.

Factory Data Reset Galaxy S7 / S7 Edge Anda

Prosedur selanjutnya akan menghapus semua file dan data Anda sehingga Anda perlu mencadangkannya sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Apa yang dilakukan prosedur ini adalah mengembalikan ponsel ke pengaturan defaultnya. Ini, tentu saja, akan mengesampingkan kemungkinan bahwa masalah disebabkan oleh beberapa file sistem yang rusak. Ini adalah metode pemecahan masalah yang sangat efektif untuk memperbaiki masalah terkait firmware seperti ini sehingga jika semuanya gagal, Anda harus melakukan langkah-langkah ini:
  • Matikan Samsung Galaxy S7/S7 Edge Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Home dan Volume UP, lalu tekan dan tahan tombol Power. CATATAN : Tidak masalah berapa lama Anda menekan dan menahan tombol Home dan Volume Up, itu tidak akan mempengaruhi ponsel tetapi pada saat Anda menekan dan menahan tombol Power, saat itulah telepon mulai merespons.
  • Ketika Samsung Galaxy S7 / S7 Edge muncul di layar, lepaskan tombol Power tetapi terus menahan tombol Home dan Volume Up.
  • Saat logo Android ditampilkan, Anda dapat melepas kedua tombol dan meninggalkan ponsel selama sekitar 30 hingga 60 detik. CATATAN : Pesan "Install System Update" mungkin muncul di layar selama beberapa detik sebelum menampilkan menu pemulihan sistem Android. Ini hanyalah fase pertama dari keseluruhan proses.
  • Dengan menggunakan tombol Volume Turun, navigasikan melalui opsi dan sorot 'Wipe Data / Factory Reset.'
  • Setelah disorot, Anda dapat menekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Sekarang sorot opsi 'Yes - Delete All User Data' menggunakan tombol Volume Turun dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Tunggu hingga ponsel Anda selesai melakukan Master Reset. Setelah selesai, sorot 'Reboot system now' dan tekan tombol Power.
  • Ponsel sekarang akan reboot lebih lama dari biasanya.
Sekian penjelasan mengenai cara mengatasi Samsung Galaxy S7 atau S7 Edge Lemot dan Lambat. Masalah kinerja Hp Galaxy S7 dan S7 Edge yang lemot dapat Anda percepat dengan cara di atas. Baca juga: Cara Update Galaxy S7 dan S7 Edge ke Android 8.0 Oreo.