Cara Mengatasi Samsung Galaxy J5 Agar Tidak Lemot

Cara Mengatasi Samsung Galaxy J5 Agar Tidak Lemot -- Apakah Anda ingin mengetahui cara mempercepat kinerja Samsung Galaxy J5 agar tidak lemot/lambat? Jika iya maka Anda sudah berada di tempat yang paling tepat. Akhir-akhir ini baik Galaxy J5 (2015), Galaxy J5 (2016) ataupun Galaxy J5 (2017) tiba-tiba mengalami penurunan kinerja dan pada akhirnya lemot sekali. Admin sendiri menemukan masalah Galaxy J5 (2016) lemot. Bingung dan ingin menyelesaikan masalahnya, namun tidak menemukan jawabannya. Namun setelah browsing sana browsing sini, berikut sedikit simpulan admin terkait dengan masalah admin kenapa Galaxy J5 (2016) lemot. Baca juga: Cara Update Android 8.0 Oreo di Samsung Galaxy J5.

Cara Mempercepat Samsung Galaxy J5 Agar Tidak Lemot

Samsung Galaxy J5 adalah perangkat kelas menengah dan meskipun telah menerima cukup banyak ulasan positif karena spesifikasi dan kinerjanya, ternyata masih rentan mengalami masalah terkait kinerja seperti hang, lambat/lemot, dan beku, dll., Admin sendiri dan beberapa pengguna telah mengeluhkan bahwa mereka menggunakan Galaxy J5 yang berjalan lambat/lemot. Yang pada akhirnya ini sangat mengganggu.

Dalam posting ini, Admin akan memandu Anda dalam membuat Galaxy J5 Anda berjalan lebih cepat lagi. Admin akan mempertimbangkan kemungkinan mengapa ponsel Anda mulai menjadi lemot setelah beberapa bulan digunakan. Kemudian, Admin akan mencoba untuk mengesampingkan setiap kemungkinan sampai dapat menentukan masalah sebenarnya dan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki masalah jika perlu. Jadi, jika Anda adalah salah satu pemilik ponsel ini dan sedang mengalami masalah kinerja Galaxy J5 yang tiba-tiba lemot, baca terus karena posting ini mungkin dapat membantu Anda.

Cara Mengatasi Masalah Samsung Galaxy J5 Yang Lemot

Panduan pemecahan masalah ini untuk pembaca yang mencari bantuan untuk membuat perangkat mereka berjalan lebih cepat. Meskipun Admin tidak menyarankan hal-hal yang berpotensi merusak atau mengacaukan ponsel Anda, hal-hal yang mungkin terjadi saat Anda mengalami masalah, jadi lanjutkan dengan risiko Anda sendiri. Sekarang sebelum kita melompat ke langkah pemecahan masalah, ada baiknya Anda berdoa agar solusi di bawah ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga: Cara Update Android 8.0 Oreo di Galaxy J7.

Jik Galaxy J5 tiba-tiba lemot belum tentu itu karena ada masalah serius. Jadi, Anda harus melihat beberapa faktor yang sering mengarah pada masalah semacam ini dan Anda disarankan untuk mencoba beberapa pemecahan masalah di bawah ini.

Restart Ponsel Anda Dalam Safe Mode dan Amati

Mem-boot ponsel Anda dalam safe mode saja tidak akan memperbaiki masalah, meskipun dapat berjalan lebih cepat saat dalam mode itu karena semua aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan. Itulah yang harus kita ketahui karena jika ada perbedaan besar antara kinerja ponsel Anda ketika berada dalam mode normal, maka penyebab masalah bisa menjadi salah satu atau beberapa aplikasi yang Anda instal. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menemukan aplikasi yang menggunakan lebih banyak sumber daya daripada yang lain, mencadangkan data mereka, lalu mencopotnya untuk mencari tahu apakah ponsel akan berjalan lebih cepat setelah itu. Anda mungkin harus menghapus lebih dari satu aplikasi tergantung pada situasinya.

Namun, jika Galaxy J5 Anda masih sangat lambat ketika berada dalam Safe mode, maka itu adalah pertanda bahwa masalahnya bukan dengan aplikasi pihak ketiga. Pindah ke langkah selanjutnya.

Hapus Cache dan Data Aplikasi yang Berjalan Lambat

Ini hanya berlaku jika ponsel menjadi lemot saat Anda menggunakan aplikasi tertentu. Misalnya, Anda menyebutkan bahwa sekarang akan membutuhkan hampir satu menit bagi ponsel untuk membuka aplikasi perpesanan, Jadi Anda perlu mengatur ulang aplikasi itu dan yang lain yang mungkin melakukan hal yang sama.

Anda juga dapat mencoba mencari tahu apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi tersebut karena jika ada, memperbarui mereka dapat memperbaiki masalah Galaxy J5 lemot. Jika masalah masih terjadi setelah melakukan semua ini, langkah selanjutnya harus dilakukan.

Cobalah Untuk Menghapus Semua Cache Sistem

Cache sistem yang corrupt juga akan menyebabkan Galaxy J5 lemot mengingat fakta bahwa cache seharusnya membuat ponsel berjalan lebih cepat, halus dan mulus dalam melaksanaan perintah Anda. Karena Anda tidak memiliki akses ke masing-masing aplikasi, Anda harus menghapus semuanya sehingga mereka akan diganti ketika ponsel dinyalakan.

Ponsel akan mengambil sedikit lebih banyak waktu booting setelah Anda menghapus partisi cache-nya sehingga menunggu untuk menjadi aktif. Namun, jika itu masih lemot dan lambat, maka Anda tidak memiliki pilihan lain selain melakukan langkah berikutnya.

Cadangkan File dan Data Anda Kemudian Lakukan Master Reset

Betul! Pada titik ini, Anda harus mencadangkan file dan data Anda dan lakukan pengaturan ulang karena semua langkah pemecahan masalah dasar yang Anda lakukan tidak menghasilkan hasil yang menguntungkan. Cadangkan file Anda karena file tersebut akan dihapus, sinkronkan ponsel Anda dengan akun Google Anda sehingga kontak Anda dan data lainnya akan dicadangkan di cloud dan kemudian nonaktifkan fitur Factory Reset Protection (FRP) atau anti-pencurian sehingga Anda tidak akan terkunci setelah reset.

Yang pasti, telepon Anda akan berjalan lebih cepat setelah reset sehingga Anda sekarang dapat mengembalikan file dan data Anda kembali ke perangkat Anda.

Sekian penjelasan admin mengenai cara mengatasi mempercepat kinerja Samsung Galaxy J5 yang Lemot. Semoga dengan penjelasan ini Anda kian paham untuk mengatasi setiap masalah yang sering terjadi di Galaxy J5 terutama Galaxy J5 (2016). Baca juga: Cara Screenshot Galaxy J2 Prime Tanpa Tombol.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Anda Sopan Kami Segan. Tunjukkan seberapa tinggi dirimu dari bahasamu.