10 Software Terbaik Untuk Merekam Game di Windows

Software Perekam Game Terbaik Untuk Windows -- Sementara konsol mungkin sedang meningkat, sejumlah besar gamer masih mengandalkan PC untuk kebutuhan game mereka. Ada berbagai macam permainan yang tersedia untuk Anda coba, mulai dari sport, FPS hingga strategi dan masih banyak lagi! Baca juga: 5 Aplikasi Editor Foto Android Terbaik.

Software Terbaik Untuk Merekam Game di Windows

Namun kesenangannya akan berlipat ganda ketika Anda dapat berbagi permainan Anda dengan teman dan pemain lain di seluruh dunia. Meskipun streaming adalah salah satu cara untuk melakukannya, itu biasanya memakan biaya di internet Anda dan sangat bergantung pada bandwidth Anda.

Namun, merekam rekaman permainan Anda dan kemudian membagikannya tampaknya menjadi pilihan yang jauh lebih baik untuk banyak orang. Nah, jika Anda adalah seseorang yang mencari software perekaman game terbaik untuk merekam alur permainan Anda, maka baca terus artikel ini, saat admin membuat daftar 10 software perekaman game terbaik yang dapat Anda gunakan saat bermain game di Windows.

10 Software Perekam Game Terbaik di Windows

Catatan: Sebagian besar alat ini akan merekam video mentah tanpa kompresi apa pun. Ini mengarah pada ukuran video yang sangat besar, jadi sebaiknya Anda hanya merekam video ke drive yang memiliki cukup ruang. Saat Anda mendapatkan videonya, pastikan Anda mengompresnya sebelum berbagi di mana saja. Juga, kecuali ditentukan, resolusi maksimum yang dapat direkam oleh perangkat lunak ini akan sama dengan tampilan Anda. Terakhir, Anda akan mendapatkan opsi standar 30fps atau 60fps dalam semuanya.

Open Broadcaster

Mungkin alat terbaik dari banyak yang ada, hanya karena sifat open-source dan fleksibilitas, Open Broadcaster Software atau OBS adalah alat yang disukai untuk banyak gamer di luar sana. Baik itu hanya merekam permainan Anda atau bahkan streaming itu berdampingan, OBS adalah alat untuk Anda. Anda tidak perlu mengubah pengaturan khusus, cukup pilih sumber yang ingin Anda rekam dan mulailah merekam. Namun, ada kurva belajar untuk itu, yang bisa Anda sesuaikan. OBS mampu merekam dalam format MP4 dan FLV dan menggunakan GPU PC Anda untuk streaming High-Quality. Ini mencatat pada rasio 1: 1, yang berarti cara yang sama dengan panel Anda. Terlepas dari perekaman video dasar dan fitur penyimpanan, ia memiliki banyak fitur samping lain yang sempurna untuk video tutorial. Fitur-fitur ini termasuk mode Picture-in-Picture, Custom Watermarks, dan mode Push-to-Talk. Baca juga: 7 Game Android Buatan Indonesia Paling Top.

Kelebihan dari Open Broadcaster ialah gratis dan open source, dukungan lintas platform, berbagai plugin untuk meningkatkan pengalaman, dukungan untuk sebagian besar platform streaming langsung, dan memiliki dukungan komunitas yang besar. Disamping itu kekurangannya hanyalah kurva belajar yang sulit dan UI kurang user friendly.

Kompatibilitas: Windows 10, 8.1, 8 dan 7, macOS (10.11 dan yang lebih baru), Linux (Ubuntu 14.04 dan yang lebih baru). Harga: Gratis.

Streamlabs OBS

Jika Anda baru memulai dan Anda menemukan antarmuka OBS agak terlalu rumit maka Anda pasti harus memeriksa Streamlabs OBS. Streamlabs OBS adalah platform perekaman dan streaming video yang bertujuan untuk menyederhanakan antarmuka OBS untuk pemula. Perangkat lunak ini cukup mudah digunakan dan penuh dengan fitur terintegrasi yang akan membantu Anda merekam dan streaming game Anda. Karena perangkat lunak terhubung ke akun Streamlabs Anda, ini memungkinkan Anda untuk mengimpor semua alat secara langsung dari situs web perusahaan tanpa menyalin dan menempelkan sejumlah URL. Perangkat lunak ini menawarkan banyak fitur yang sama seperti OBS asli meskipun dengan antarmuka yang disederhanakan, membuatnya lebih seperti versi OBS yang dikuliti.

Kelebihannya adalah gratis untuk digunakan, termasuk berbagai plugin untuk meningkatkan pengalaman pengguna. mudah diatur, dan menghemat sumber daya dan pengaturan di cloud. Sedangkan kekurangannya: lebih mungkin crash dengan semua add-onsnya, lebih sedikit opsi encoding daripada OBS, saat ini dalam versi beta sehingga Anda mungkin menghadapi beberapa masalah, dan tidak ada dukungan lintas platform.

Kompatibilitas: Windows 10, 8.1, 8, dan 7. Harga: Gratis.

Nvidia GeForce Experience

Jika Anda memiliki GPU Nvidia, Anda pasti sudah menerima permintaan untuk menginstal GeForce Experience di perangkat Anda. Nah, selain hanya memperbarui driver Nvidia Anda, perangkat lunak ini juga menyertakan fitur Shadowplay Nvidia, memungkinkan Anda merekam game dengan mudah. Salah satu fitur terbaik ShadowPlay adalah menggunakan GPU (Nvenc) untuk menangani pengkodean video, yang berarti tidak memerlukan banyak daya CPU. Perangkat lunak ini dapat merekam pada resolusi yang sama dengan tampilan Anda, jadi jika Anda memiliki panel 4K, rekaman Anda juga akan berada dalam 4K. Jika Anda memiliki Nvidia GPU, perangkat lunak GeForce Experience harus dicoba, karena itu tidak memerlukan biaya sepeser pun, dan biasanya berfungsi cukup baik untuk perekaman permainan dasar.

Kelebihannya: gratis untuk digunakan, simple dan lugas, serta menggunakan GPU untuk encoding. Kekurangannya: bekerja hanya dengan GPU Nvdia dan tidak memiliki banyak fitur seperti perangkat lunak lain dalam daftar.

Kompatibilitas: Windows 10, 8.1, 8, dan 7. Harga: Gratis. Baca juga: Cara Membuat dan Membuka File Zip/Rar di Android.

AMD ReLive

Jadi Nvidia memiliki perangkat lunak perekamannya sendiri, bukankah Anda pikir AMD juga memilikinya? Masukkan AMD ReLive, yang merupakan perangkat lunak milik perusahaan untuk merekam game pada AMD card. Seperti Nvidia solution, AMD's ReLive menggunakan GPU untuk sebagian besar pengkodean, menghemat siklus CPU Anda untuk hal-hal lain. Dampaknya pada framerate cukup kecil (5-10 persen dalam banyak kasus), tetapi untuk pengaturan aliran yang lebih rumit, ia bisa gagal. Terlebih lagi, perangkat lunak ini dilengkapi dengan dukungan untuk peningkatan versi juga. Dengan demikian, jika Anda bermain di 1080p, Anda masih dapat merekam pada 4K UHD. Jika Anda memiliki GPU AMD, maka Anda pasti harus memberi AMD ReLive.

Kelebihannya: gratis, setup mudah, simple digunakan, dan mendukung untuk upgrade. Kekurangannya: bekerja hanya pada GPU AMD dan tidak memiliki banyak fitur seperti perangkat lunak perekaman khusus.

Kompatibilitas: RX Vega, produk 500 Series Graphics dan yang lebih baru hanya didukung pada Windows 10 dan 7 64-bit; Radeon R9 Fury, Radeon Pro Duo dan Radeon RX 400 Series didukung pada Windows 10, 8.1 dan 7 64-bit. Harga: Gratis.

Bandicam

Perekam layar Bandicam itu adalah salah satu perangkat lunak yang paling dikenal dalam hal perekaman layar. Meskipun diposisikan sebagai perekam layar untuk Windows, perangkat lunak dengan kemampuan merekamnya yang luar biasa pada bitrate dan bingkai tinggi, berfungsi ganda sebagai perangkat lunak perekaman yang hebat untuk game juga. Anda dapat merekam video dengan frekuensi gambar yang dapat disesuaikan dan resolusi Ultra HD 4K. Bahkan dengan kualitas yang tinggi, ia menawarkan rekaman video ukuran kecil karena fitur kompresi built-in yang memastikan tidak ada pengorbanan pada kualitas dan Anda mendapatkan ukuran file terkecil. Rekaman dapat disesuaikan untuk bermain game atau aktivitas PC lainnya dan ukuran jendela dapat dikurangi jika ditingkatkan.

Kelebihannya: dua mode pengambilan, kemampuan untuk mengubah ukuran area tangkapan, dukungan untuk banyak codec dan format, kemudian fitur kompresi built-in. Kekurangannya: berbayar dan video ada kemungkinan lag.

Kompatibilitas: Windows 10, 8.1, 8, 7 dan Vista. Harga: Uji Coba Gratis, $ 60 untuk 1 lisensi.

XSplit Gamecaster

XSplit adalah salah satu alat perekam paling mudah namun penuh daya di luar sana. Bahkan, banyak yang menggunakannya untuk streaming di saluran Twitch. Tapi selain dari streaming, perangkat lunak dapat dengan mudah digunakan untuk merekam alur permainan Anda dalam kualitas tinggi. Anda dapat mulai merekam dengan menekan satu tombol, dan XSplit akan mengonfigurasi pengaturan untuk Anda sesuai dengan PC Anda. Terlebih lagi adalah Anda dapat menggunakan fitur seperti mode picture-in-picture, watermark, anotasi video, dan integrasi media sosial. Xsplit juga memberi Anda kemampuan untuk mengedit video dengan editor video built-in dan mengelola semua video yang direkam dengan mudah dan membaginya dengan dunia.

Kelebihannya: versi gratis menyediakan cukup banyak fitur untuk memulai, menyediakan opsi untuk merekam secara lokal atau streaming ke semua platform populer dengan satu klik, dan forum dukungan yang bagus untuk menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi. Kekurangannya: fitur canggih hanya dibuka dengan langganan bulanan dan lisensi premium bisa mahal dari waktu ke waktu.

Kompatibilitas: Windows 10, 8.1 dan 7. Harga: Gratis, Lisensi Premium mulai dari $ 8,32 / bln. Baca juga: Aplikasi Pembuat Vector Terbaik di Android.

Dxtory

Dxtory adalah alat sederhana lain dalam daftar ini yang menawarkan banyak fitur sekaligus sangat ringan pada sistem. Bahkan, ini adalah salah satu perangkat lunak paling ringan, namun cukup kuat. Antarmukanya sangat sederhana dan membuatnya sangat mudah untuk memahami semua pengaturan dan menyesuaikannya. Ini menangkap video tanpa loss dengan kualitas tertinggi untuk memastikan Anda mendapatkan video terbaik (ukuran besar, meskipun). Pengaturan audio juga cukup kuat untuk dapat merekam dua suara secara bersamaan, seperti suara permainan dan suara mikrofon yang dapat diedit kemudian secara terpisah. Dalam pengaturan Video, Anda dapat menentukan codec video, frame per detik dari 10-120, sumber, ukuran dan format. Anda dapat memaksa perangkat lunak untuk merekam permainan secara otomatis saat dimulai dan juga menyeimbangkan apakah perangkat lunak memberi tekanan pada GPU atau CPU untuk merekam.

Action!

Action! adalah salah satu perangkat lunak perekaman permainan terbaik yang dapat Anda gunakan saat ini, yaitu jika Anda memiliki komputer yang kuat. Perangkat lunak memanfaatkan GPU Anda untuk mempercepat perekaman dan mengurangi tekanan pada CPU. Anda dapat membuat video berkualitas tinggi hingga resolusi 4k, frekuensi gambar tinggi, dan bahkan menambahkan komentar langsung untuknya. Yang lebih penting adalah video dapat dialirkan ke semua layanan populer seperti, YouTube, Hitbox, Twitch, Livestream, dan Ustream, dll. Action! juga dilengkapi dengan mode Time-Shift, tetapi terbatas hingga 10 menit, bukan 20 menit. Video Anda juga dapat diedit, seperti cropping, efek seperti gerakan lambat dan fitur pengeditan dasar lainnya.

D3DGear

D3DGear mungkin terlihat seperti alat yang sederhana dan mendasar, tetapi sangat berguna. Perangkat lunak perekaman permainan tidak memerlukan pengaturan khusus. Bahkan, Anda cukup menginstalnya, dan Anda hanya perlu sekali klik untuk merekam rekaman alur game Anda. Seiring dengan desain yang ringan, ia juga memiliki sistem kompresi built-in yang akan memampatkan semua video yang direkam dengannya. Video dikompres secara real-time, yang berarti bahkan jika Anda memiliki lebih sedikit ruang di drive, Anda mungkin masih dapat merekam video. Meskipun ukurannya kecil, ia juga menggunakan akselerasi GPU untuk memberi tekanan pada GPU, bukan CPU. Perangkat lunak ini secara otomatis mengidentifikasi gim dan terhubung dengan mereka, Anda hanya perlu menekan tombol cepat untuk memulai atau menghentikan perekaman.

Windows Game DVR

Kemungkinan Anda menjalankan Windows 10 saat membaca ulasan ini. Jika itu yang terjadi, dan Anda hanya perlu alat sederhana untuk merekam alur permainan Anda dan tidak ada yang lain, DVR Windows Game harus melakukan trik. Rekaman video (cara pintas standar Win + Alt + R) memungkinkan Anda untuk menentukan perekaman 30 fps atau 60 fps, serta kualitas standar (720p) atau tinggi (1080p) dan bitrate audio, dan hanya itu. Atau, Anda meluncurkan Bilah Game dengan menekan pintasan keyboard (Win + G). Fakta bahwa itu sangat mudah digunakan dan benar-benar gratis membuatnya menjadi rekomendasi yang mudah bagi siapa saja. Namun, ini hanya cocok untuk pemula dan jika Anda mencari sesuatu yang lebih maju, Anda dapat memilih salah satu opsi lain yang disebutkan di atas.

Demikian informasi mengenai 10 Software Terbaik Untuk Merekam Game di Windows. Semoga saja informasi ini berguna untuk Anda. Baca juga: 7 Game Android Multiple Player Offline Paling Seru.