Masalah Umum di Android 9.0 Pie dan Solusinya

Masalah di Android 9.0 Pie dan Solusinya -- Hari-hari ini dapat dianggap sebagai awal dari smartphone modern, pasar didominasi oleh merek Nokia dari bawah ke atas. Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat, perusahaan ini banyak berinvestasi di platform Symbian OS, yang runtuh setelah Google mengakuisisi dan mengembangkan OS Android serta mengetahuinya hari ini. Baca juga: Daftar Hp OPPO Yang Menerima Update Android 9.0 Pie.

Masalah Umum di Android 9.0 Pie

Lebih dari satu dekade kemudian, OS Android adalah platform seluler yang berkembang pesat yang digunakan pada miliaran perangkat, dan semakin baik. Perilisan Android 9 Pie menandai tonggak baru bukan hanya untuk Google, tetapi untuk smartphone, karena menghadirkan game dengan fitur seperti integrasi Google DeepMind AI, fitur manajemen baterai baru dan banyak lagi.

Masalah Sering Terjadi di Android 9.0 Pie dan Solusinya

Namun, karena OS Android berjalan pada miliaran perangkat dengan dugaan jutaan perangkat yang diharapkan dapat menjalankan Android 9 Pie tahun ini, Anda dapat mengharapkan hal-hal baru untuk kedepannya. Dengan versi Android terbaru yang belum genap berusia satu bulan, ada masalah Android 9 Pie tertentu yang dihadapi pengguna perangkat Pixel, dan berikut semua hal yang perlu Anda ketahui tentang mereka dan cara memperbaikinya. Baca juga: Cara Install Android 9.0 Pie di Samsung Galaxy J2.

Masalah Konektivitas di Android 9.0 Pie

Salah satu masalah yang sering muncul beberapa pengguna Google Pixel telah dilaporkan di forum adalah masalah konektivitas setelah rilis Android 9 Pie. Meskipun terkadang jaringan dan masalah konektivitas Bluetooth memerlukan diagnosis khusus dari pabrikan melalui pembaruan perangkat lunak, itu juga dapat diselesaikan melalui langkah-langkah sederhana ini.

Buka Settings – Network & internet – Wi-Fi dan ketuk jaringan wireless yang bermasalah. Tekan tombol Forget dan tambahkan jaringan wireless lagi untuk melihat apakah masalah telah teratasi.

Masalahnya juga bisa dengan router WiFi Anda, jadi coba cabut sebentar, dan kemudian pasang kembali router setelah 10 detik untuk soft reset cepat.

Untuk perangkat Bluetooth yang sudah dipasangkan ke perangkat Android 9 Pie Anda tetapi datang dengan masalah, Anda dapat menyandingkannya lagi untuk menyelesaikan masalah apa pun. Buka Settings – Connected devices dan lepaskan perangkat yang dipasangkan. Tambahkan lagi dan lihat apakah mulai berfungsi dengan baik.

Masalah Baterai Boros di Android 9.0 Pie

Google telah membuat Android Pie dengan fitur yang disebut Adaptive Battery, yang dirancang untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak waktu screen-on saat Anda maju. Namun, salah satu masalah paling efektif yang tampaknya terlalu persisten tidak hanya di Google Pixel, tetapi bahkan Telepon Esensial adalah baterai yang boros.

Berdasarkan beberapa thread di seluruh Pixel User Community, masa pakai baterai sangat terpengaruh setelah pembaruan Android 9.0 Pie. Esensial telah cepat mengonfirmasi bahwa masalah baterai boros tampaknya terhubung ke penyebaran perangkat lunak oleh Google, yang berarti satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan pembaruan perangkat lunak yang akan datang. Baca juga: Fitur Unggulan Android 9.0 Pie.

Namun, jika masa pakai baterai yang berkurang menjadi terlalu repot untuk melanjutkan, Anda selalu dapat melakukan pengaturan ulang pabrik untuk melihat apakah keadaannya lebih baik. Buka Settings – System – Advanced – Reset options dan pilih opsi ‘Erase all data (factory reset)’.

Masalah Pengisian Daya di Android 9.0 Pie

Tampaknya bug khusus ini pada Android 9 Pie dilaporkan kembali dengan rilis Pratinjau Pengembang Android P, tetapi entah bagaimana muncul kembali bahkan setelah rilis publik. Terus-menerus memengaruhi perangkat Google Pixel XL secara khusus, banyak pengguna telah melaporkan bahwa perangkat mereka benar-benar kehilangan kemampuan Pengisian Cepat / Fast Charging setelah pembaruan.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa bug meluas ke perangkat Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga, dan Google telah mengakui keberadaan masalah ini. Satu-satunya solusi untuk masalah ini tampaknya adalah menunggu pembaruan perangkat lunak berikutnya untuk perangkat Pixel Anda, yang semestinya dapat menyelesaikan masalah pengisian untuk selamanya.

Masalah Aplikasi Perekaman Panggilan Tidak Bekerja di Android 9.0 Pie

Sementara etika bagaimana Anda menggunakan aplikasi perekaman panggilan dan legalitasnya kadang-kadang dapat dipertanyakan, tidak ada keraguan bahwa aplikasi rekaman panggilan cukup berguna. Namun, sepertinya Google meletakkan langkahnya pada rekaman panggilan dengan pembaruan Android 9.0 Pie, karena beberapa pengguna telah melaporkan bahwa aplikasi perekam panggilan favorit mereka sepertinya tidak lagi berfungsi.

Meskipun Google telah menghentikan dukungan untuk call recording API kembali dengan Android 6.0 Marshmallow, para pengembang dapat menyelesaikannya sampai rilis Android 9. Tampaknya satu-satunya cara untuk mendapatkan rekaman panggilan pada perangkat Android 9 Pie akan melalui root yang mana beberapa pengguna akan merasa frustasi.

Masalah Kamera di Android 9.0 Pie

Meskipun kesalahan khusus ini belum tersebar luas, ada beberapa laporan yang menyarankan pembaruan Android Pie tampaknya menyebabkan aplikasi Kamera blur dan buram. Admin belum mengalami kesalahan pada perangkat Google Pixel, jadi sepertinya masalahnya mungkin tidak meluas. Namun, jika Anda melihat pesan 'Camera Error' muncul di layar, inilah yang dapat Anda lakukan. Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Gesture Navigation di Android 9.0 Pie.

Pergi ke aplikasi Settings dan pilih Apps & notifications.

Gulir ke bawah untuk menemukan opsi See All Apps dan temukan tap pada tombol menu tiga titik di sudut kanan atas layar.

Pilih opsi Show system apps dan kemudian temukan aplikasi Camera dari daftar.

Ketuk tombol Storage dan pilih Clear Storage.

Nyalakan ulang perangkat Anda dan luncurkan aplikasi Kamera untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki.

Masalah Umum di Android 9.0 Pie Yang Lain

Terlepas dari masalah Android Pie utama yang telah dilaporkan oleh sebagian besar pengguna, ada banyak orang lain yang telah disebutkan di situs Komunitas Pengguna Pixel tetapi belum ditangani. Jika Anda sudah menjalankan Android Pie dan menghadapi salah satu kesalahan yang disebutkan di bawah ini, nantikan pembaruan perangkat lunak untuk memperbaikinya semua untuk Anda.
  • Masalah baterai boros saat perangkat dalam keadaan idle.
  • Setelan pencocokan suara Google Assistant rusak.
  • Konektivitas Bluetooth dan masalah volume.
  • Fitur Kecerahan Adaptif tidak berkinerja efisien.
  • Pengaturan notch di bawah opsi Pengembang telah hilang.
Sekian informasi admin terkait dengan masalah di Android 9.0 dan Solusinya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda sebagai pengguna Android 9.0 Pie. Jangan tutup artikel admin karena masih banyak artikel menarik lainnya. Baca juga: Cara Update / Upgrade Android 9.0 Pie di Xiaomi Mi A1.