Cara Mengatasi Layar Beku / Stuck Macet di Samsung Galaxy Note 9

Cara Mengatasi Layar Beku / Stuck Macet di Samsung Galaxy Note 9 -- Banyak ulasan online telah dikreditkan pada Galaxy Note 9 menjadi salah satu smartphone terbaik yang tersedia di pasar pada tahun 2018. Di antara isu-isu yang telah menjadi biasa bagi pengguna smartphone Galaxy ini adalah layar beku dan macet. Baca juga: Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 9.

cara mengatasi layar stuck macet di galaxy note 9

Jika Samsung Galaxy Note 9 Anda tiba-tiba mati saat Anda menggunakannya, atau menunjukkan jeda yang signifikan saat bermain game atau menjelajahi internet, atau menunjukkan kelambatan umum setiap kali Anda menavigasi melalui ponsel Anda, maka Anda beruntung karena artikel ini adalah solusi untuk masalah pembekuan layar Anda

Admin menawarkan tiga metode di mana Anda dapat menyelesaikan sejumlah masalah termasuk penggunaan lag, pembekuan layar Galaxy Note 9, kinerja lambat, atau mati secara tiba-tiba. Tiga metode di bawah dijamin untuk memperbaiki masalah ini tanpa berkonsultasi dengan teknisi.

#1 Cara Mengatasi Layar Beku Galaxy Note 9 dengan Cek Aplikasi Bermasalah

Kapan pun Galaxy Note 9 Anda dipengaruhi oleh salah satu masalah yang tercantum di atas, solusi termudah biasanya adalah yang Anda pikirkan terlebih dahulu. Aplikasi pihak ketiga yang Anda instal dari Google Play Store sering menjadi penyebab utama malfungsi tersebut ketika dialami oleh ponsel cerdas Galaxy Anda. Baca juga: Cara Menghapus Cache Lengkap di Galaxy Note 9.

Seringkali, kehadiran aplikasi pihak ketiga yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan ponsel Anda lemot, jika dibiarkan tanpa pengawasan. Untuk memperbaiki masalah ini, cara terbaik adalah dengan mem-boot smartphone Anda ke Safe Mode dan periksa apakah masalahnya masih mempengaruhi perangkat Anda.

Bagi mereka yang tidak mahir dengan Safe Mode, ini adalah mode operasi lain yang dapat Anda gunakan pada smartphone Anda tetapi dengan fungsi dan layanan terbatas.

Aplikasi pihak ketiga tidak dapat berjalan dalam safe mode sehingga jika Galaxy Note 9 Anda berfungsi dengan sempurna dalam Safe Mode, Anda dapat mengonfirmasi bahwa masalahnya berasal dari salah satu aplikasi pihak ketiga yang dipasang. Anda kemudian dapat menghapus aplikasi untuk membawa Anda kembali ke kondisi optimal dan fungsi normal.

Cara Boot Samsung Galaxy Note 9 ke Safe Mode

Caranya adalah sebagai berikut ini. Baca juga: Cara Restart Paksa Samsung Galaxy Note 9.
  1. Matikan smartphone Galaxy Anda.
  2. Tahan tombol Power.
  3. Saat teks Samsung Note 9 muncul di layar Anda, lepas tombol Power.
  4. Gunakan tombol Volume Turun untuk memilih sub menu dalam Safe Mode.
  5. Tekan lama tombol Volume Turun hingga proses boot ulang selesai.
  6. Ketika teks Safe Mode muncul di sudut kiri bawah layar tampilan Anda, lepaskan tombol Volume Turun.
Anda harus terus menggunakan Safe Mode selama beberapa jam sehingga Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah untuk selamanya. Jika lag, atau pembekuan layar, atau mati berulang terjadi saat Anda berada dalam Safe Mode, catat ini dan kinerja ponsel.

Jika kinerja sistem adalah yang terbaik, ini berarti aplikasi pihak ketiga adalah penyebab kinerja ponsel Anda yang lambat/lemot. Pastikan Anda menghapus aplikasi yang Anda download dari Play Store.

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah bahwa jika Anda ingin menginstal ulang beberapa aplikasi pihak ketiga, proses ini harus dilakukan di dalam Safe Mode. Setelah melakukan ini, Anda sekarang dapat melanjutkan untuk mem-boot perangkat Anda kembali ke sistem operasi normal. Masalah pembekuan layar yang mempengaruhi Samsung Galaxy Note 9 dapat diharapkan untuk dipecahkan.

#2 Atasi Layar Beku Galaxy Note 9 dengan Hapus Cache

Banyak pengguna Samsung Galaxy Note 9 telah melaporkan bahwa ponsel pintar mereka selalu menerima peningkatan kinerja yang signifikan setiap kali mereka membersihkan cache sistem. Untuk pengguna yang tidak familier dengan cache sistem, admin di sini untuk memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk menghapus cache ponsel. Baca juga: Cara Mematikan Rotasi Layar Samsung Galaxy Note 9.
  1. Matikan Galaxy Note 9.
  2. Boot perangkat Anda ke dalam Mode Recovery dengan menekan lama tombol Power.
  3. Setelah Anda merasakan getaran pada perangkat Anda, lepaskan tombol Power.
  4. Tekan kedua tombol Volume Up dan Home, jangan lepaskan.
  5. Ketika teks Android Recovery muncul di layar tampilan Anda, lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
  6. Ponsel Anda akan boot ke Recovery Mode dan Anda dapat menelusuri opsi.
  7. Gunakan tombol Volume Turun untuk menavigasi melalui submenu dan menyorotnya, Anda juga dapat menggunakan tombol Power untuk memulai opsi ini.
  8. Gunakan tombol Power untuk mengklik dan aktifkan opsi Wipe Cache Partition.
  9. Tunggu hingga proses penghapusan selesai, setelah itu Anda dapat memilih opsi Reboot System Now.
Setelah melakukan operasi ini, Anda harus memperhatikan bahwa Samsung Galaxy Note 9 Anda akan kembali ke fungsi normalnya. Semua pembekuan, lag, dan lemot akan dihapus ketika cache dihapus. Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba metode ini, Admin memiliki solusi akhir untuk mengatasi masalah lag yang menjengkelkan ini.

#3 Atasi Layar Beku Galaxy Note 9 dengan Restore Default Settings

Banyak pengguna yang tidak akrab dengan operasi Factory Reset yang secara populer disebut sebagai membalikkan ponsel cerdas Anda kembali ke pengaturan standarnya. Prosesnya tidak serumit yang banyak dipikirkan.

Seluruh konsep melakukan factory reset pada Samsung Galaxy Note 9 Anda adalah bahwa pada dasarnya mengembalikan ponsel Anda menjadi baru kembali dengan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya sejak Anda membeli perangkat. Semua bug yang memperlambat ponsel Anda akan dihapus bersama data dan tidak ada keraguan bahwa kesalahan ponsel cerdas Anda akan segera diperbaiki.

Sangat penting untuk mencadangkan data Anda sebelum mengembalikan ke setelan pabrik pada ponsel cerdas karena kegagalan untuk melakukan hal ini akan mengakibatkan Anda kehilangan semua data. Ada beberapa cara di mana Anda dapat melakukan reset pabrik pada smartphone Galaxy Anda. Anda dapat menggunakan Mode Recovery atau melalui menu ponsel cerdas Anda. Dua cara di mana Anda dapat hard reset Galaxy Note 9 Anda kembali ke pengaturan standarnya silahkan baca disini. Baca Juga: Cara Hard Reset Samsung Galaxy Note 9.

Sekian informasi mengenai tata cara mengatasi layar beku / lag / lemot / stuck macet di Galaxy Note 9. Semoga informasi ini membantu Anda mengatasi semua masalah yang muncul di Galaxy Note 9 Anda.