23 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6 Pro

Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6 Pro -- Xiaomi baru-baru ini meluncurkan seri smartphone Redmi 6 yang mencakup Redmi 6 dan Redmi 6 Pro. Handset ini menjalankan MIUI 9.6 berdasarkan Android 8.1 Oreo dan menawarkan banyak penyesuaian dan fitur. Jika Anda baru saja mendapatkan Redmi 6 atau Redmi 6 Pro, berikut adalah daftar tips dan trik tersembunyi yang wajib Anda coba di Redmi 6 dan Redmi 6 Pro Anda. Baca juga: Masalah Umum di Xiaomi Redmi 6 Pro dan Solusinya.

Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6 Pro

Tips dan trik di bawah ini akan membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari Redmi 6 dan Redmi 6 Pro terutama jika Anda baru mengenal seri Xiaomi Redmi.

Tips dan Trik Tersembunyi di Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6 Pro

Silahkan Anda simak 23 tips dan trik fitur tersembunyi di Xiaomi Redmi 6 dan 6 Pro berikut agar dapat memaksimalkan penggunaan kedua handset terbaru dari Xiaomi tersebut. Baca juga: Tips dan Trik Tersembunyi Xiaomi Redmi 5A.

1. Ubah Efek Transisi di Home Screen

Efek transisi home screen atau animasi yang Anda lihat saat menggesek melalui layar beranda yang berdekatan dapat diubah.

Untuk mengubah efek transisi, cukup tekan lama pada home screen, pilih Pengaturan diikuti oleh efek Transisi. Anda kemudian dapat memilih efek transisi yang Anda sukai dan juga dapat melihat pratinjau langsung yang sama.

2. Tampilkan RAM / Penggunaan Memori

Xiaomi baru baru ini menunjukkan jumlah RAM kosong pada perangkatnya dalam ikhtisar Recent Apps. Namun, di perangkat terbaru, Xiaomi telah menonaktifkan opsi ini secara default. Namun, jika Anda ingin melihat jumlah RAM kosong di Redmi 6 atau Redmi 6 Pro Anda, pergilah ke Pengaturan -> Home Screen & Recents dan aktifkan opsi Tampilkan status memori.

3. Split Screen

Karena MIUI 9.6 pada Redmi 6 didasarkan pada Android 8.1 Oreo, Anda dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Untuk ini, luncurkan aplikasi yang ingin Anda gunakan dalam split screen. Lalu ketuk tombol multitasking dan ketuk pada split screen di sudut kiri atas. Ini akan membuka area di mana Anda perlu menyeret dan menjatuhkan aplikasi yang ingin Anda bagi. Saat Anda menyeret dan melepaskan aplikasi pertama, itu akan memakan separuh layar dan mengecilkan ikhtisar Recent Apps. Selanjutnya, Anda dapat menggesek untuk memilih aplikasi kedua yang ingin Anda jalankan di mode split screen.

Anda juga dapat menekan lama pada home screen untuk memulai split screen. Itu lebih cepat. Untuk mengubahnya, buka Settings > Additional settings > Button and gesture shortcuts > pilih split screen dan ubah dari tombol home ke menu atau tombol kembali.

Catatan:
  • Jika aplikasi tidak mendukung split screen, Anda akan melihat pemberitahuan untuk hal yang sama.
  • Jika Anda tidak sengaja memilih aplikasi, dan ingin menghapusnya, cukup tarik batas aplikasi ke atas.
  • Jika Anda menekan tombol home, Anda dapat melanjutkan kembali untuk memisahkan layar dengan mengetuk pemberitahuan split screen di bagian atas.
Nah itulah sekilas cara split screen di Redmi 6 dan Redmi 6 Pro.

4. Kunci Aplikasi

Redmi 6 dan Redmi 6 Pro menawarkan implementasi asli untuk membuka kunci aplikasi menggunakan pemindai sidik jari. Untuk mengaktifkan ini, pergi ke Pengaturan -> Kunci Layar dan kata sandi -> Tambahkan sidik jari. Sekarang Buka Aplikasi Keamanan -> Kunci Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda amankan. Konfirmasikan dan Anda akan diminta untuk mengaktifkan kunci aplikasi untuk sidik jari. Verifikasi sidik jari Anda untuk mengaktifkan kunci melalui sidik jari.

5. Nonaktifkan Lampu Pemberitahuan

Redmi 6 dilengkapi dengan LED notifikasi yang anehnya ditempatkan di bagian kiri bawah. Hanya berwarna tunggal - putih - meskipun, dan dengan lokasinya yang aneh, kemungkinan Anda bahkan tidak akan menyadarinya. Jika Anda ingin menonaktifkan LED notifikasi di Redmi 6 Pro Anda, pergilah ke Settings -> Additional Settings -> Notification light dan matikan opsi yang relevan. Baca juga: Cara Root Hp Xiaomi MIUI 10 Semua Tipe.

6. Screenshot dengan Usapan Tiga Jari

Jika Anda tidak ingin menggunakan tombol power + volume turun untuk mengambil screenshot di Redmi 6 atau Redmi 6 Pro, Anda dapat menggunakan isyarat yang bagus. Cukup gesek ke bawah di layar dengan tiga jari Anda dan screenshot akan diambil.

Menambahkan lebih jauh ke ini, jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman yang panjang, ketuk pada pratinjau screenshot yang muncul di kiri atas dan ketuk tombol gulir yang tersedia di kiri bawah pada layar berikutnya. Ini merupakan cara screenshot panjang di Redmi 6 dan Redmi 6 Pro.

Anda bahkan dapat menyesuaikan gerakan tiga jari ini ke bawah dari Settings -> Additional Settings ->Buttons and gestures shortcuts.

7. Ketuk dua kali untuk Wake Up

Membangunkan layar tanpa memegang layar perangkat keras sangat terdengar keren. Di Redmi 6, Anda dapat mengaktifkan double tap to wake up. Namun, sebelum Anda mulai mengetuk layar ponsel, pastikan untuk mengaktifkan fitur dari Pengaturan -> Tampilan.

8. Matikan Layar

Sekali lagi, jika Anda tidak ingin mematikan layar menggunakan tombol kunci, Anda dapat menggunakan tombol home atau tombol kembali atau tombol menu untuk melakukannya. Untuk mengkonfigurasi ini, pergi ke Settings -> Additional Settings ->Buttons and gestures > Turn off screen dan pilih yang sesuai.

9. Sembunyikan Notch

Sementara notch di Redmi 6 tidak terlalu besar, jika Anda bukan penggemar layar home, Anda dapat mematikannya. Untuk mematikan notch, buka Settings -> Full-screen displayh dan aktifkan opsi Hide Screen Notch.

10. Sesuaikan Mode Satu Tangan

Mode satu tangan sangat umum, tetapi yang membedakannya dalam Redmi 6 adalah Anda dapat menyesuaikan ukurannya. Buka Pengaturan -> Pengaturan tambahan -> Mode satu tangan. Hidupkan tombol, lalu pilih ukuran yang sesuai dengan tangan Anda. Anda dapat memilih antara 4,5 inci, 4 inci dan 3,5 inci.

Juga, Anda dapat mengubah ukuran saat bepergian. Ketika dalam mode satu tangan, ketuk pada ikon pengaturan, dan itu akan membuka pengaturan yang sama yang memungkinkan Anda mengubah ukuran. Baca juga: Daftar Fitur MIUI 10 Yang Harus Anda Coba.

11. Getar untuk Panggilan

Admin menggunakan ini sebagian besar waktu karena ponsel Admin selalu dalam mode senyap. Jika Anda tidak ingin melewatkan panggilan dan berada dalam situasi yang sama dengan admin, buka Pengaturan-> Suara dan Getaran dan beralihlah pada Getar untuk panggilan.

Anda juga dapat memilih untuk beralih pada opsi Getar saat diam yang akan memastikan bahwa saat nada dering aktif, getaran tidak mengganggu Anda.

12. Balik ke Diamkan Panggilan Masuk

Ketika Anda berada di tempat yang ramai, telepon berdering menarik banyak perhatian. Bahkan semakin memburuk ketika Anda ingin meluangkan waktu sebelum menjawab panggilan. Anda dapat menggunakan isyarat di saat-saat di mana Anda dapat membolak-balikkan panggilan masuk.

Ini dapat dilakukan dari Pengaturan -> Aplikasi Sistem -> Pengaturan panggilan -> Pengaturan panggilan masuk. Pastikan untuk mengaktifkan opsi Flip to silence ringer dari sini.

13. Kustomisasi Headphone dan Efek Audio

Jika Anda menggunakan earphone Mi, Anda dapat menyesuaikan tombol pada earphone. Pergi ke Pengaturan -> Pengaturan Tambahan -> Headphone & efek audio. Di sini Anda dapat mengubah apa yang dilakukan tombol remote headphone dan juga menetapkan tombol.

14. Kustomisasi Pengaturan Cepat

Panel Pengaturan Cepat di Redmi 6 untuk MIUI mengemas banyak matikan - hampir setiap toggle yang dapat Anda pikirkan dapat ditemukan di panel Pengaturan Cepat MIUI. Yang lebih baik lagi adalah bahwa seseorang dapat menyesuaikan Panel Cepat ini sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk ini, menuju ke Pengaturan -> Pemberitahuan & status bar -> Beralih posisi dan mengatur ulang ubin yang Anda inginkan.

15. Pintasan Kamera

Daripada gesekan tradisional yang tersisa di layar kunci untuk meluncurkan kamera, Anda dapat dengan cepat membuka aplikasi kamera pada Redmi 6, dengan menekan dua kali tombol volume turun dua kali saat Anda berada di layar kunci. Pintasan ini berfungsi bahkan ketika layar mati. Pergi ke PSettings -> Lock Screen & password -> Nyalakan ke on pada pilihan Launch camera. Baca juga: Tips dan Trik Tersembunyi di Redmi 4A.

16. Gunakan Pemindai Sidik Jari sebagai Tombol Rana

Menggunakan sensor sidik jari untuk mengambil foto selfie adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan tombol fisik yang sering kali merusak momen. Anda dapat memilih untuk menggunakan sensor sidik jari sebagai tombol rana. Luncurkan aplikasi kamera, dan ketuk pada menu. Pilih pengaturan dan kemudian hidupkan sakelar Fingerprint beralih di bawah pengaturan tambahan.

17. Aplikasi Ganda / Dual Apps

Ingin menjalankan dua contoh dari aplikasi yang sama? Misalnya, jika Anda menggunakan dua kartu SIM pada Redmi 6, Anda mungkin ingin menjalankan dua contoh WhatsApp yang berbeda pada perangkat. Untuk ini, MIUI menawarkan fitur Dual apps yang sangat berguna. Cukup buka Pengaturan -> Aplikasi ganda dan aktifkan sakelar untuk salah satu aplikasi yang dipasang yang Anda ingin memiliki dua salinan terpisah yang dipasang.

18. Cepat Bagikan Kata Sandi Wi-Fi

Ingin cepat mendapatkan teman di jaringan Wi-Fi yang sama dengan Redmi 6 Anda tanpa membagikan kata sandi? Jika mereka kebetulan memiliki ponsel Xiaomi dengan MIUI, Anda langsung membagikannya dengan mereka

Buka Pengaturan -> Wi-Fi, ketuk nama jaringan Wi-Fi yang terhubung ke Redmi Anda dan kotak dialog akan muncul dengan kode QR. Minta teman Anda untuk membuka aplikasi kamera mereka, dan arahkan ke kode QR, Ini seharusnya secara otomatis membiarkan mereka terhubung ke jaringan WiFi Anda. Catatan: Jika ini tidak berhasil, periksa apakah opsi untuk 'Pindai kode QR' diaktifkan.

19. Schedule Power On/Off

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang mematikan telepon mereka setiap malam, MIUI memiliki opsi yang tepat untuk Anda. Anda dapat memilih jadwal untuk mematikan dan di ponsel Anda. Kepala ke Pengaturan -> Baterai -> Penggunaan baterai dan ketuk tombol pengaturan yang terletak di sudut kanan atas. Di layar berikutnya, Anda akan menemukan opsi schedule power on/off.

Anda dapat mengkonfigurasinya sebagai satu kali atau menjadwalkannya untuk setiap hari atau hari-hari tertentu dalam seminggu. Apa yang lebih cerdas tentang pengaturan ini adalah Anda tidak harus memilih dan mematikan waktu bersama. Jadi jika Anda ingin mematikan saat Anda inginkan, tetapi ingin ponsel Anda dihidupkan secara otomatis setiap pagi, Anda dapat memilih untuk melakukannya.

20. Batasi Aktivitas Aplikasi di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang menghabiskan banyak baterai. Jika Anda ingin hanya memiliki aplikasi yang diperlukan yang berjalan di latar belakang, dan menghapus sisanya, Anda dapat melakukannya. Buka Pengaturan -> Baterai & kinerja -> Pilih Aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda batasi. Selanjutnya, Anda dapat memilih antara Batasi aplikasi latar belakang atau Batasi aktivitas latar belakang. Baca juga: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 6, 6A dan 6 Pro.

21. Rekam Panggilan

MIUI adalah salah satu dari beberapa skin OEM yang ada di pasaran untuk menawarkan fungsi perekaman panggilan asli. Meskipun Anda dapat merekam panggilan secara manual di Redmi 6 dari layar panggilan, Anda dapat secara otomatis mengatur perangkat untuk merekam semua panggilan masuk dan keluar.

Untuk ini, buka Pengaturan -> Aplikasi Sistem -> Pengaturan panggilan dan aktifkan opsi Rekam panggilan secara otomatis dari dalam Perekaman panggilan. Anda bahkan dapat merekam panggilan hanya dari kontak yang dipilih jika Anda mau.

22. Penguat Kecepatan Game

MIUI menawarkan Game Speed ​​Booster yang meningkatkan pengalaman bermain game Anda dengan membunuh proses dan aplikasi latar belakang yang tidak perlu. Setelah diaktifkan, ia akan menghapus cache latar belakang untuk mengosongkan memori untuk bermain game, dan meningkatkan kinerja CPU, meningkatkan kecepatan koneksi game sambil membatasi kecepatan unduhan latar belakang untuk mengurangi penundaan jaringan, dan juga membungkam notifikasi, dan mematikan tombol hapus untuk menghindari penekanan tombol yang tidak disengaja. Anda dapat menemukannya di Aplikasi Keamanan.

23. Ruang Kedua

Ini adalah fitur cemerlang di MIUI yang memungkinkan Anda memisahkan profil kerja Anda dari profil pribadi. Anda dapat memiliki akun Google yang berbeda, aplikasi terpisah, dan sebagainya. Anda juga dapat menyalin data dari profil utama ke profil sekunder jika perlu.

Demikianlah informasi yang dapat Admin berikan mengenai 23 tips dan trik fitur tersembunyi di Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6 Pro. Semoga saja Anda siap memaksimalkan handset ini jika sudah ditangan Anda. Baca juga: Cara Screenshot Xiaomi Redmi 6, 6A dan 6 Pro.