20 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Poco F1

Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Poco F1 -- Sub-merek Poco baru dari Xiaomi telah berhasil menciptakan kehebohan dengan Poco F1. Handset menetapkan tolok ukur baru untuk kinerja dan nilai uang dengan mengemas spesifikasi unggulan dalam perangkat yang harganya hanya $ 300. Bahkan lebih baik, tidak seperti kebanyakan smartphone Xiaomi, Poco F1 diluncurkan di Eropa dan pasar utama lainnya seperti Pocophone F1 juga. Baca juga: Cara Root Xiaomi Redmi Note 5A.

Fitur Tersembunyi di Xiaomi Poco F1

Jika Anda sudah mendapatkan Poco F1 atau berencana untuk mendapatkannya segera, periksa beberapa tips dan trik tersembunyi Poco F1 berikut ini. Tips dan trik tersembunyi Poco F1 ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari perangkat dan membantu Anda mengenal Poco untuk MIUI juga.

Tips dan Trik Tersembunyi Xiaomi Poco F1

Anda akan melihat 20 tips dan trik tersembunyi yang ada di Xiaomi Poco F1. Silahkan simak paparannya di bawah ini agar menjadi lebih menarik. Poco F1 memang hp baru Xiaomi yang menciptakan kehebohan baru. Baca juga: Cara Mengembalikan 4G Xiaomi Redmi 3.

Ganti Efek Transisi

Anda dapat mengubah efek transisi home screen pada launcher default Poco F1. Ini adalah salah satu peluncur OEM yang sangat sedikit untuk menawarkan fungsi ini. Untuk mengubah efek transisi, cukup tekan lama pada home screen, pilih Settings diikuti oleh Transition effects. Kemudian lanjutkan untuk memilih efek transisi yang Anda sukai.

Gunakan Icon-Packs Pihak Ketiga

Launcher Poco F1 mendukung ikon peluncur pihak ketiga yang membuatnya ideal untuk power user. Ini adalah salah satu peluncur OEM yang sangat sedikit untuk memiliki dukungan paket ikon pihak ketiga.

Untuk menggunakan paket ikon favorit Anda dengan peluncur Poco, pastikan untuk menginstalnya di perangkat terlebih dahulu. Kemudian menuju ke pengaturan peluncur dengan menekan lama pada area kosong di home screen diikuti oleh Settings -> More. Anda harus melihat opsi paket ikon dari mana Anda dapat menerapkan paket ikon favorit Anda.

Tunjukkan RAM Usage

Poco F1 hadir dengan banyak RAM menjadikannya perangkat ideal untuk multitaskers berat. Ini juga berarti bahwa tidak perlu ada orang yang menyimpan tab pada penggunaan RAM mereka. Meskipun demikian, jika Anda ingin melihat jumlah free RAM yang tersedia di layar Recent Apps, buka Settings -> Home screen & Recents dan aktifkan opsi Show Memory Status.

App Lock

Karena Poco F1 berjalan pada build MIUI khusus, ia hadir dengan semua fitur biasa yang merupakan bagian dari skin. Ini termasuk fungsi penguncian aplikasi bawaan yang telah menjadi fitur utama di perangkat Android saat ini. Pada Poco F1, Anda dapat mengunci aplikasi menggunakan pemindai sidik jari atau menggunakan pola / PIN. Selain face  unlock, tidak ada cara untuk membuka kunci aplikasi yang terkunci pada perangkat yang menggunakannya.

Nonaktifkan Lampu Notifikasi

Poco F1 dilengkapi dengan LED notifikasi yang terletak di dagu bawahnya. Ini hanya berwarna tunggal yaitu putih meskipun yang berarti tidak terlalu berguna. Jika Anda ingin menonaktifkan LED notifikasi pada Poco F1, buka Settings -> Additional Settings -> Notification light dan matikan opsi yang relevan.

Screenshot dengan Usapan 3 Jari

Mengambil screenshot menggunakan tombol perangkat keras kini telah menjadi hal yang sudah umum. Di Poco F1, Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot hanya dengan menggesek layar dengan tiga jari Anda - sederhana dan sangat cepat. Anda bahkan dapat menyesuaikan gesture tiga jari ini ke bawah dari Settings -> Additional Settings -> Gestures.

Raise to Wake

Poco F1 hadir dengan face unlock yang dibantu oleh sensor infra merah untuk memastikan ia bekerja bahkan dalam skenario minim cahaya. Meskipun fitur buka kunci itu sendiri berfungsi dengan baik, Anda dapat meningkatkan pengalaman secara keseluruhan lebih jauh dengan mengaktifkan opsi Raise to Wake. Cukup buka Settings -> Display dan alihkan opsi Raise to Wake.

Double Tap to Wake

Selain Raise to wake, Poco F1 juga hadir dengan double tap to wake. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda cukup mengetuk layar Poco F1 untuk membangunnya dari posisi keadaan sleep. Sebelum Anda mulai mengetuk layar ponsel, pastikan untuk mengaktifkan fitur dari Settings -> Display.

Gesture Navigation

Karena Poco F1 pada akhirnya berjalan pada MIUI, ia hadir dengan semua pilihan barang dan penyesuaian yang ada di skin Xiaomi. Ini termasuk gesture navigasi Full Screen yang ditambahkan Xiaomi ke MIUI beberapa bulan yang lalu. Untuk mengaktifkan gerakan navigasi di Poco F1, buka Settings -> Full screen display dan ketuk opsi Full Screen Gesture.

Sembunyikan Notch

Bukan penggemar notch display di Poco F1? Ya, Anda bisa menyembunyikannya. Meskipun layar tidak AMOLED, mematikan notch berfungsi cukup baik karena memudar dari penglihatan periferal seseorang. Untuk mematikan notch di Poco F1, buka Settings -> Full screen display dan aktifkan opsi Hide Screen Notch. Baca juga: Cara Menghapus Akun Gmail di Hp Xiaomi.

Sesuaikan Pengaturan Cepat

Panel Quick Settings di Poco untuk MIUI mengemas banyak toggle - hampir setiap toggle yang dapat Anda pikirkan dapat ditemukan di panel Quick Settings MIUI. Yang lebih baik lagi adalah bahwa seseorang dapat menyesuaikan Panel Quick Settings ini sesuai dengan keinginan mereka. Jadi, jika Anda bukan penggemar dari begitu banyak toggle di panel Quick Settings, Anda dapat menyembunyikan beberapa dari mereka atau mengatur ulang sesuka Anda.

Untuk ini, menuju ke Settings -> Notifications & status bar -> toggle posisi dan mengatur ulang tiles yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyembunyikan toggle apa pun hanya dengan mengetuknya.

Shortcut Kamera

Ingin cepat membuka aplikasi kamera di Poco F1? Cukup ketuk dua kali tombol volume turun dua kali saat Anda berada di lock screen. Shortcut ini tidak akan berfungsi saat layar mati, meskipun Anda selalu dapat mengatur pintasan untuk membuka aplikasi kamera dari Settings -> Additional settings -> Button and gesture shortcuts -> Launch camera.

Aplikasi Ganda / Dual Apps

Ingin menjalankan dua aplikasi yang sama? Misalnya, jika Anda menggunakan dua kartu SIM pada Poco F1, Anda mungkin ingin menjalankan dua contoh WhatsApp yang berbeda di perangkat. Untuk ini, MIUI menawarkan fitur Dual apps yang sangat berguna. Cukup buka Settings -> Dual apps dan aktifkan toggle untuk salah satu aplikasi yang dipasang yang Anda ingin memiliki dua salinan terpisah yang dipasang.

Berbagi Password WiFi dengan Cepat

Ingin cepat mendapatkan teman di jaringan Wi-Fi yang sama dengan Poco F1 Anda tanpa memberi tahu mereka kata sandi Wi-Fi? Anda dapat melakukannya hanya dengan menunjukkan kata sandi kepada mereka dalam format kode QR. Di bawah Settings -> Wi-Fi, ketuk nama jaringan Wi-Fi Poco F1 Anda yang terhubung dan kotak dialog akan muncul dengan kode QR. Teman Anda kemudian dapat memindai kode QR ini untuk menghubungkan perangkat mereka ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Power On / Off Secara Terjadwal

Ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Poco F1 Anda pada waktu tertentu pada hari itu? Poco untuk MIUI telah dibahas dalam hal ini juga. Buka Settings -> Battery -> Battery usage dan ketuk tombol pengaturan yang terletak di sudut kanan atas tempat Anda akan menemukan opsi schedule power on/off. Dari sini, Anda dapat menentukan waktu di mana Anda ingin Poco F1 Anda untuk mematikan dirinya sendiri dan kemudian hidupkan kembali secara otomatis. Anda bahkan dapat mengatur jadwal untuk mengulang sendiri hari-hari tertentu dalam seminggu.

Rekam Panggilan

MIUI dan Poco untuk MIUI adalah beberapa skin OEM yang sangat sedikit di pasar untuk menawarkan fungsi perekaman panggilan asli. Meskipun Anda dapat merekam panggilan secara manual di Poco F1 dari layar panggilan, Anda dapat secara otomatis mengatur perangkat untuk merekam semua panggilan masuk dan keluar. Baca juga: Cara Mengganti Tulisan di Hp Xiaomi Redmi 5A.

Untuk ini, buka Settings -> System Apps -> Call settings dan aktifkan opsi Record Calls secara otomatis dari dalam Call Recording. Anda bahkan dapat merekam panggilan hanya dari kontak yang dipilih jika Anda mau.

Membalikkan Silence Incoming Calls

Anda dapat dengan cepat membungkam panggilan masuk di Poco F1 hanya dengan membalik layar ke permukaan tabel. Namun, pertama-tama Anda harus mengaktifkan gerakan ini secara default. Ini dapat dilakukan dari Settings -> System Apps -> Call settings -> Incoming call settings. Pastikan untuk mengaktifkan opsi Flip to silence ringer dari sini.

Gunakan Pemindai Sidik Jari sebagai Tombol Rana

Seperti halnya perangkat MIUI lainnya, Anda dapat menggunakan pemindai sidik jari di Poco F1 sebagai tombol rana. Fitur ini dapat berguna saat mengambil foto selfie karena jauh lebih mudah untuk hanya mengetuk pemindai sidik jari bila dibandingkan dengan menekan tombol volume. Aktifkan opsi Fingerprint shutter pada Poco F1 dari pengaturan aplikasi Kamera.

Ubah Video Encoder

Poco F1 dapat merekam video dalam 4K serta resolusi Full HD. Selain itu, ia menawarkan pengguna opsi untuk menggunakan codec H.264 atau H.265 saat merekam video. Yang pertama lebih populer tetapi kurang efisien yang berarti video yang direkam dengan codec H.264 akan mengambil lebih banyak ruang. Video yang direkam dengan H.265 akan memiliki footprint yang lebih kecil tetapi beberapa perangkat dan PC yang lebih tua mungkin tidak dapat memutar ulang video dengan benar. Anda dapat mengubah encoder video di Poco F1 dari pengaturan aplikasi Kamera. Pastikan untuk beralih ke mode Video sebelum masuk ke pengaturan aplikasi Kamera.

Game Speed ​​Booster

Poco F1 ditujukan untuk pengguna daya dan gamer berat yang menginginkan kinerja terbaik dari perangkat mereka. Untuk memastikan bahwa pengalaman bermain game Anda di Poco F1 tidak terganggu dengan cara apa pun, Xiaomi menyertakan aplikasi Game Speed booster yang berguna di Poco untuk MIUI.

Ini mengoptimalkan kinerja sistem dan kecepatan koneksi untuk memberikan kinerja permainan terbaik. Ini juga memblokir semua gangguan yang tidak perlu dan memblokir semua tombol perangkat keras untuk memastikan pengalaman bermain Anda tidak rusak oleh penekanan tombol yang tidak disengaja. Anda dapat mengakses opsi Game Speed booster di Poco F1 dari dalam folder Keamanan.

Demikianlah penjelasan admin terkait 20 tips dan trik fitur tersembunyi di Poco F1. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar. Baca juga: Cara Root Xiaomi Mi A2 / Mi A2 Lite Tanpa PC.