Samsung Galaxy S7 Edge Cepat Panas, Berikut Cara Mengatasinya

S7 Edge Cepat Panas, Cara Mengatasi S7 Edge Cepat Panas -- Meskipun normal bagi smartphone mengeluarkan panas dari waktu ke waktu, itu benar-benar mengkhawatirkan jika perangkat Anda, dalam hal ini #Samsung #Galaxy S7 Edge (#S7Edge) cepat panas hingga titik itu terlalu panas. Baca juga: Cara Update / Upgrade Android 8.0 Oreo di Samsung Galaxy S7 / S7 Edge.

Cara Mengatasi S7 Edge Cepat Panas

#Overheating adalah salah satu kasus terburuk yang akan terjadi pada ponsel Anda karena kesalahan penanganan dan penyalahgunaan. Misalnya, jika Anda memainkan permainan intensif CPU (dan mengatur pada resolusi yang sangat tinggi) saat mengisi daya, ponsel mungkin akan terlalu panas terutama jika Anda menggunakannya seperti itu selama satu jam atau lebih. Untungnya, smartphone memiliki prosedur fail-safe untuk mencegah perangkat kerasnya rusak parah. Mereka secara otomatis mati untuk mendinginkan.

Lebih jauh lagi, jika ponsel dicelupkan ke dalam air dan Anda menemukan air di dalamnya, perangkat mungkin juga terlalu panas karena arus pendek. Kasus ini lebih buruk daripada yang pertama karena tergantung pada seberapa serius masalahnya, ponsel mungkin masih terlalu panas bahkan saat dimatikan. Jika arus pendek ada di suatu tempat di dekat terminal baterai, ada kemungkinan baterai akan meledak, yang akan menyebabkan masalah serius pada perangkat keras, belum lagi peluang untuk memecahkan atau merusak layar.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy S7 Edge Cepat Panas (Overheating)

Sangat penting bagi Anda memecahkan masalah atau meluangkan waktu untuk memeriksa ponsel Anda setelah Anda menyadari bahwa itu terlalu cepat panas atau pada titik di mana Anda merasa tidak nyaman menyentuhnya. Overheating sering kali disertai dengan shutup acak dan masalah layar berkedip tetapi tidak menunggu gejala-gejala ini terjadi. Yang mengatakan, inilah hal-hal yang dapat Anda lakukan jika Galaxy S7 Edge Anda Agak Panas / Terlalu Panas.

Langkah 1: Verifikasi LDI (Liquid Damage Indicator) Tidak Bermasalah
Sangat penting bahwa sebelum Anda pergi ke prosedur pemecahan masalah lainnya, Anda harus memverifikasi apakah penyebab memanas atau terlalu panas tersebut. Jika penyebabnya liquid damage maka JANGAN terus memecahkan masalah perangkat Anda. Karena itu hampir tidak bisa dipecahkan.

Admin pribadi melihat baterai meledak karena pengisian yang berlebihan, arus pendek dan paparan panas dan api. Pada titik ini, admin benar-benar tidak tahu apa penyebab sebenarnya dari masalah cepat panas di perangkat Anda, tetapi sebagai bagian dari peringatan sebelum keamanan, segera periksa Liquid Damage Indicator jika itu bermasalah atau tidak.

Lepaskan SIM dan slot kartu microSD dari telepon Anda dan lihat ke port dan periksa LDI. Jika warnanya putih, mungkin itu bukan kerusakan liquid, tetapi jika stiker tampak ungu, merah muda atau merah, ada kemungkinan lebih besar bahwa itu benar-benar kerusakan liquid yang menyebabkan perangkat memanas. Dalam hal ini, JANGAN PERNAH mencoba menghidupkan telepon Anda (jika dimatikan) atau mengisi daya bahkan jika level baterai rendah. Melakukannya dapat menyebabkan lebih banyak masalah.

Dengan asumsi ponsel Anda menderita kerusakan liquid, jangan letakkan kartu SIM dan kartu SD kembali. Sebaliknya, letakkan ponsel di semangkuk nasi dalam posisi tegak untuk membiarkan butir menyerap kelembaban yang ada di dalam ponsel Anda. Setelah beberapa hari, cobalah menyalakannya dan mengisi daya selama beberapa menit. Jika masih memanas atau jika tidak menyala kembali, sudah saatnya Anda membiarkan teknisi memeriksanya untuk Anda.

Langkah 2: Boot S7 Edge Anda Dalam Safe Mode dan Amati
Anda hanya boleh mencoba ini jika Anda yakin 100% ponsel Anda tidak basah atau terendam dalam air. Admin sekarang mencoba mencari tahu apakah aplikasi Anda ada hubungannya dengan masalah tersebut. Seperti yang Anda ketahui, ada aplikasi atau game yang menggunakan terlalu banyak sumber daya (CPU dan RAM plus tampilan, dll.) Dan ini adalah jenis yang dapat menyebabkan ponsel memanas.

Mem-boot ponsel Anda dalam safe mode akan secara sementara menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga. Ini akan segera memberi Anda wawasan apakah itu aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah atau yang telah dipasang sebelumnya bergantung pada hasilnya. Namun perhatikan bahwa booting dalam safe mode tidak memperbaiki apa pun. Anda melakukan ini untuk mengamati kinerja perangkat Anda. Inilah cara Anda mem-boot Galaxy S7 Edge Anda dalam safe mode:
  1. Tekan dan tahan tombol Power.
  2. Segera setelah Anda dapat melihat 'Samsung Galaxy S7 Edge' pada layar, lepaskan tombol Power dan segera tahan tombol Volume Turun.
  3. Terus tahan tombol Volume Turun hingga perangkat selesai boot ulang.
  4. Anda dapat merilisnya saat Anda dapat melihat ‘Safe Mode’ di sudut kiri bawah layar.
Setelah dalam keadaan ini dan ponsel masih memanas, maka masalahnya mungkin disebabkan oleh aplikasi yang sudah dipasang sebelumnya atau firmware itu sendiri. Jika tidak, Anda hanya perlu mencari aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyebabkan masalah dan mencoba menonaktifkan atau mencopot pemasangannya. Anda juga dapat mencoba menginstal ulang mereka untuk melihat apakah itu membuat perbedaan. Jika ini masalahnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang ponsel Anda karena baik-baik saja.

Langkah 3: Lakukan Master Reset untuk Mengesampingkan Masalah Firmware
Anda hanya perlu melakukan ini jika ponsel Anda masih memanas saat dalam safe mode, yaitu, tentu saja, jika perangkat masih dilengkapi dengan baterai yang cukup. Tujuan dari prosedur ini sederhana; untuk mengesampingkan kemungkinan bahwa satu atau beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya atau firmware itu sendiri yang menyebabkan masalah. Seperti yang Anda ketahui, reset akan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik atau menyatakan di mana semuanya bekerja dengan baik.

Namun, Anda harus mencadangkan setiap file dan data yang tidak ingin hilang karena mereka akan dihapus selama proses dan tidak dapat diambil jika itu terjadi. Itu juga alasan mengapa prosedur ini harus datang terakhir.
  1. Matikan Samsung Galaxy S7 Edge Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Home dan Volume UP, lalu tekan dan tahan tombol Power. CATATAN: Tidak masalah berapa lama Anda menekan dan menahan tombol Home dan Volume Up, itu tidak akan memengaruhi ponsel tetapi pada saat Anda menekan dan menahan tombol Power, saat itulah ponsel mulai merespons.
  3. Ketika Samsung Galaxy S7 Edge muncul di layar, lepaskan tombol Power tetapi terus menahan tombol Home dan Volume Up.
  4. Saat logo Android ditampilkan, Anda dapat melepas kedua tombol dan meninggalkan ponsel selama sekitar 30 hingga 60 detik. CATATAN: Pesan "Menginstal pembaruan sistem" mungkin muncul di layar selama beberapa detik sebelum menampilkan menu pemulihan sistem Android. Ini hanyalah fase pertama dari keseluruhan proses.
  5. Dengan menggunakan tombol Volume Turun, navigasikan melalui opsi dan soroti ‘wipe data / factory reset.’
  6. Setelah disorot, Anda dapat menekan tombol Power untuk memilihnya.
  7. Sekarang sorot opsi 'Ya - hapus semua data pengguna' menggunakan tombol Volume Turun dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  8. Tunggu hingga ponsel Anda selesai melakukan Master Reset. Setelah selesai, sorot 'Reboot system now' dan tekan tombol Power.
  9. Ponsel sekarang akan reboot lebih lama dari biasanya.
Panduan pemecahan masalah langkah ke-3 ini untuk unit yang memanas tetapi masih dapat dinyalakan atau dihidupkan dengan sukses.

Masalah Overheating Galaxy S7 Edge lainnya
  • Untuk unit yang hanya memanas saat mengisi daya, coba isi daya saat dimatikan. Jika mereka masih memanas hingga tidak nyaman memegangnya, segera kirim mereka untuk diperbaiki.
  • Bagi S7 Edge yang memanas ketika digunakan atau bermain game, penyetelan ulang diperlukan untuk memperbaiki masalah terutama jika perangkat tidak memanas selama beberapa minggu pertama menggunakan aplikasi.
  • Unit yang jatuh di permukaan yang keras dan mulai memanas setelah itu, jelas kerusakan fisik dan Anda memerlukan teknisi untuk itu.
  • Jika telepon Anda mulai memanas tanpa alasan yang jelas, buat cadangan data Anda dan atur ulang. Jika masalah berlanjut, segera hubungi teknisi.
Sekian panduan admin terkait dengan solusi masalah Samsung Galaxy S7 Edge Cepat Panas. Semoga dengan paparan ini Anda kian paham saat hp S7 Edge Anda sudah mulai memanas. Baca juga: Tidak Bisa Memulai Kamera Samsung Galaxy S7 / S7 Edge, Berikut Solusinya.