Bagaimana Cara Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube? Ini Penjelasannya

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube -- Apakah Anda sudah tahu betul apakah itu mode terbatas Youtube? Jika belum maka Anda harus segera mempelajarinya. Mode terbatas Youtube akan sangat membantu Anda untuk memfilter konten yang berpotensi berisi materi dewasa yang mana tidak diinginkan oleh Anda sendiri atau keluarga Anda. Youtube telah membuat Panduan Komunitas yang bagus yang mana dapat membantu Anda mengaktifkan / menonaktifkan mode terbatas Youtube dengan berbagai sinyal misalnya dari judul video, deskripsi, metadata, ulasan Pedoman Komunitas, dan pembatasan usia. Ini semua dapat Anda pakai untuk menyaring semua konten / materi yang memiliki potensi menampilkan semua konten dewasa. Baca juga: Cara Memutar / Menonton Video Youtube di Background Android.

Cara Menonaktifkan Restricted Mode Youtube

Oleh karena itu jika Anda dalam beberapa hari ini menemukan pesan "video ini dibatasi. coba login dengan akun google apps" maka ada kemungkinan bahwa mode terbatas diaktifkan oleh admin jaringan Anda. Mode terbatas Youtube memang sulit untuk dipelajari namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya untuk menonaktifkan atau mengaktifkannya. Hal ini karena Mode terbatas Youtube tersedia dalam semua bahasa maka Anda sebagai Youtuber Indonesia jelas pasti sudah bisa melakukannya. Hal yang pasti sebelum Anda menonaktifkan mode terbatas ini ialah bahwa Anda harus menyadari tentang perbedaan norma dan sensitivitas budaya maka kualitas penyaringan dapat bervariasi tergantung itu semua. Saat mode terbatas youtube diaktifkan maka Anda tidak dapat melihat komentar di video yang sedang Anda lihat.

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube di Komputer, Android dan iPhone

Sebelum melangkah lebih jauh, Mode Terbatas bekerja pada level browser atau perangkat, jadi Anda dapat mengaktifkannya di setiap browser yang Anda gunakan. Apabila browser Anda mendukung untuk beberapa profil, maka Anda harus mengaktifkannya untuk masing-masing profil tersebut. Ini adalah syarat utamanya. Ingat, kalau panduan ini tidak bekerja pada akun Youtube Anda maka ada kemungkinan Anda masih memakai Youtube versi lama. Oleh karena itu sangat disarankan untuk update Youtube terbaru.

Di Komputer

Bagian pertama untuk menonaktifkan mode terbatas lewat komputer. Namun perlu diingat, disini admin akan menjelaskan dua hal yaitu dengan tampilan Youtube baru dan Youtube lama. Yang pertama, Langkah Cara Menonaktifkan/Mengaktifkan Mode Terbatas di Youtube Baru adalah sebagai berikut.
  • Di layar youtube.com yang terbuka, ketuk ikon avatar Anda di sebelah kanan atas.
  • Di bagian paling bawah Anda akan menemukan Mode Terbatas / Restricted Mode: OFF. Artinya mode terbatas sudah mati. Namun jika Anda mau mengaktifkannya silahkan ketuk.
  • Laman berikutnya akan muncul yang akan meminta Anda untuk menggeser slider ke kanan untuk mengaktifkan mode terbatas Youtube.
  • Kemudian, jangan lupa ketuk lagi Lock Restricted Mode in This Browser atau kunci mode terbatas di browser ini.
  • Anda harus memasukkan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Youtube/Google. Selesai.
Dengan cara di atas maka Anda sudah tahu bagaimana cara mematikan/menonaktifkan atau mengaktifkan/menyalakan mode terbatas Youtube lewat komputer dengan tampilan Youtube yang baru.

Berikutnya jika Anda menggunakan tampilan Youtube lama. Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Youtube.

Langkah Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Mode Terbatas Youtube Versi Lama:
Hampir sama dengan di atas namun dengan cara:
  • Di layar beranda Youtube geser ke bawah dan temukan tulisan Restricted Mode: On. Biasanya di kanan bawah.
  • Silahkan ketuk bagian ini maka drop down menu akan muncul yang bertuliskan On atau off.
  • Anda ketuk saja On artinya aktif dan off artinya nonaktif. Pilih yang Anda mau.
  • Klik Simpan/Save untuk mengunci preferensi Anda.
  • Ingat, meski Anda sudah logout maka mode terbatas akan terus aktif. Oleh karena itu, misal keluarga atau siapapun masuk ke Youtube lewat browser Anda, mode terbatas akan aktif secara otomatis.
  • Oleh karena itu, apabila Anda mau orang lain tidak dapat merubah sama sekali setelan yang sudah Anda buat di komputer yang sama, maka admin sarankan untuk mengunci Mode Terbatas dan logout dari akun Anda seperti langkah-langkah di atas.
Nah, kini Anda sudah mengetahui tata cara menonaktifkan mode terbatas Youtube di Komputer / Laptop dengan mode tampilan Youtube baru dan lama. Kini saatnya untuk masuk di bagian Android.

Di Android

Ada beberapa macam produk Android yang dikeluarkan oleh Google misalnya, aplikasi Youtube Android, situs seluler dan Android TV. Untuk aplikasi dan situs seluler kurang lebih langkahnya sama saja untuk menonaktifkan mode terbatas Youtube. Namun sedikit berbeda di Android TV. Mari kita coba terlebih dahulu.

Menonaktifkan Mode Terbatas di Aplikasi Android:
  • Masuk ke akun Youtube Anda.
  • Di kanan atas ketuk tanda titik tiga.
  • Ketuk Setelan > Umum.
  • Berikutnya, aktifkan atau nonaktifkan mode terbatas Youtube Anda.
Menonaktifkan Mode Terbatas di Situs Android:
  • Masuk ke akun Youtube Anda.
  • Di kanan atas ketuk tanda titik tiga.
  • Ketuk Setelan.
  • Ketuk mode terbatas Youtube Anda untuk menonaktifkan atau mengaktifkannya.
Itu merupakan tata cara yang hampir mirip, hanya beda di langkah ketiga saja. Namun secara garis besar sama saja. Sekarang mari coba cek kalau di Android TV.

Menonaktifkan Mode Terbatas di Android TV:
Tutorial ini hanya untuk atau berlaku dalam mengontrol mode terbatas pada Android TV Anda saja bukan yang lainnya.
  • Masuk ke akun Youtube Anda.
  • Di bagian Beranda Youtube, scroll ke bawah hingga ke baris Aplikasi.
  • Lalu, ketuk YouTube.
  • Geser ke bawah dan tap Setelan.
  • Ketuk Mode Terbatas / Mode Perlindungan.
  • Ketuk Diaktifkan atau Dinonaktifkan.
Itu saja maka Anda sudah berhasil menonaktifkan mode terbatas Youtube di Android. Selanjutnya kita akan mempelajari di iPhone dan iPad.

Di iPhone dan iPad

Sebenarnya, baik di Android atau di iOS iPhone / iPad. Langkah-langkah menonaktifkan Mode Terbatas Youtube sama saja. Hanya saja istilah dalam setelan yang berbeda. Kali ini, Anda akan mempelajari mematikan mode terbatas di dua tempat yaitu aplikasi Youtube iOS dan Situs Seluler. Silahkan cek di bawah.

Menonaktifkan Mode Terbatas di Aplikasi iOS:
  • Ketuk ikon akun di kanan atas.
  • Selanjutnya tap Setelan.
  • Pilih Permfilteran Mode Terbatas.
  • Ikuti dengan melakukan Aktifkan atau nonaktifkan Mode Terbatas. Ada dua hal yang harus Anda pelajari yaitu, Jangan filter: Mode Terbatas akan nonaktif di Aplikasi iOS. dan Ketat: Mode Terbatas akan aktif di Aplikasi iOS.
Menonaktifkan Mode Terbatas di Situs Seluler iOS iPhone dan iPad:
  • Ketuk tanda titik tiga di kanan atas.
  • Tap pada Setelan.
  • Ketuk di Mode Terbatas agar dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya pada situs seluler.
Namun apakah Anda tidak bisa menonaktifkan Mode Terbatas meskipun telah mencobanya berkali-kali? Jika Mode Terbatas tetap aktif meski Anda sudah sign in dengan username dan password yang benar, maka cobalah hubungi administrator sistem dan meminta bantuan tambahan terkait masalah ini.

Catatan:
Apabila Anda memakai YouTube di komputer perpustakaan, universitas, dan lembaga umum lainnya, maka ada kemungkinan bahwa Mode Terbatas telah diaktifkan oleh administrator sistem. Jadi kesimpulannya, apabila Anda memakai komputer umum dan tidak dapat menonaktifkan Mode Terbatas Youtube, sangat disarankan untuk menghubungi administrator sistem untuk mengatasi masalah tersebut.

Demikianlah penjelasan admin terkait dengan cara menonaktifkan mode terbatas Youtube di Laptop, Android dan iOS iPhone / iPad. Semoga saja ilmu ini bermanfaat untuk Anda. Jangan langsung pergi dan menutup artikel ini karena admin masih punya banyak konten menarik lainnya. Silahkan dinikmati. Jika artikel ini membantu Anda silahkan bagikan di media sosial. Sekian. Baca juga: Kenapa Video Youtube Tidak Bisa DiDownload Secara Offline? Ini Solusinya.