Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri?

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri -- Biasanya sedih mendengar kasus seperti foto yang dihapus dari hp tanpa memiliki cadangan. Orang sering frustrasi dalam belajar bahwa tidak ada cara lain selain meninggalkannya seperti itu. Namun, admin ingin mengatur perbedaannya. Baca juga: Cara Menghapus Akun Google di Hp Vivo.

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus di Galeri

Hari ini, admin akan memberi tahu Anda cara mengembalikan/memulihkan foto yang terhapus dari galeri hp Android. Ada cara efektif untuk memulihkan / mengembalikan foto yang dihapus dari galeri hp Android apa pun. Foto sering menjadi korban utama kehilangan data karena sangat mudah ditangkap namun sulit untuk dipulihkan.

Ada banyak opsi cadangan yang ditawarkan oleh hampir semua merek Android di pasar tetapi hanya beberapa pengguna yang meluangkan waktu dan mengikuti ini. Konsekuensi dari tidak memiliki cadangan sangat menyakitkan terutama ketika Anda menyadari bahwa Anda telah tertinggal. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan bagaimana foto disimpan secara default di perangkat Android dan banyak cara untuk mengembalikannya jika Anda kehilangannya.

Begini Cara Backup Foto Di Galeri ke Akun Google

Manfaatkan hp Android Anda dan gunakan akun Google yang berafiliasi dengan perangkat. Untuk referensi di masa mendatang, Anda dapat dengan mudah mencadangkan galeri Anda ke Google dan secara otomatis akan menyimpan semua konten media dari perangkat Android. Dalam banyak kasus kehilangan data, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya dari Akun Google. Baca juga: Cara Update Android 8.0 Oreo di Galaxy J2 Prime.

Untuk mempelajari cara mengaktifkan sinkronisasi cadangan Google Foto, periksa di bawah ini:
  1. Di ponsel Android, luncurkan aplikasi Google Foto.
  2. Masuk ke Akun Google Anda.
  3. Di bagian atas, ketuk tombol Menu.
  4. Pilih Pengaturan lalu Back up & sync.
  5. Ketuk "Back up & sync" aktif atau nonaktif.
Untuk memverifikasi apakah foto di galeri benar-benar dicadangkan ke Google:
  1. Di ponsel Android Anda, luncurkan aplikasi Google Foto.
  2. Masuk dengan Akun Google Anda.
  3. Temukan dan Ketuk Foto.
  4. Di bagian atas, Anda akan melihat apakah galeri Anda dicadangkan, atau masih pending.
Ingat Anda hanya mendapatkan 15 GB penyimpanan Google gratis. Jika Anda melebihi ruang kosong, Anda dapat memilih untuk meningkatkan atau menyesuaikan ukuran unggahan konten media.

Cara Backup Galeri Ke Komputer/Laptop/PC Manual

Anda juga dapat mem-backup galeri secara manual ke komputer untuk benar-benar yakin Anda masih mendapatkan semua foto Anda. Ini adalah cara tradisional menyimpan foto Anda jika Anda telah menghapusnya di hp. Baca juga: Cara Menghapus Iklan di Hp Android.

Pelajari cara menyimpan foto di bawah ini:
  1. Di komputer Anda, hubungkan ponsel Android menggunakan kabel USB.
  2. Buka File Explorer atau buka Start> File Explorer.
  3. Temukan Nama Android Anda di sisi kiri File Explorer.
  4. Pergi ke folder Media / DCIM untuk membuka semua isi galeri.
  5. Pilih semua gambar dan video yang diinginkan yang ingin Anda cadangkan. Tekan CTRL + foto jika Anda ingin memilih lebih banyak foto.
  6. Buat folder baru di komputer dengan nama file yang Anda pilih sendiri dan paste gambar.
Sekarang dengan semua opsi cadangan yang diberikan, Anda pasti akan merasa mudah untuk memulihkan foto yang dihapus tanpa sakit kepala. Sayangnya jika Anda belum mengambil cadangan yang tepat maka Anda akan menemukan waktu yang sulit untuk memulihkannya.

Satu-satunya opsi yang tersisa untuk memulihkannya sekarang adalah menggunakan program pemulihan pihak ketiga yang dapat memindai dan mengambil foto untuk Anda. Satu-satunya hal yang harus Anda pertimbangkan saat ini adalah menemukan program pemulihan terbaik yang benar-benar dapat melakukan pekerjaan sulit untuk Anda.

FoneDog Toolkit-Android Data Recovery adalah mitra pemulihan Android terbaik di dunia yang mampu memulihkan foto yang dihapus dari galeri ponsel dan tablet Android. Anda juga dapat download aplikasi pihak ketiga yang menawarkan cadangan ke foto dan konten ponsel lainnya. Namun, Anda perlu mencari aplikasi terbaik dan aman yang akan mengurus data pribadi Anda. Jika tidak, Anda dapat menggunakan opsi yang diberikan di atas untuk cadangan bebas khawatir.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Galeri Tanpa Backup

Seperti yang Admin sebutkan di atas FoneDog Toolkit-Android Data Recovery adalah alat terbaik yang digunakan untuk mengembalikan file-file media yang terhapus itu kembali. Dapat memulihkan hampir semua file ponsel seperti foto, video, musik, kontak, pesan teks, dokumen, dan banyak lagi.

Tetapi bagaimana Anda menggunakan perangkat lunak ini? Pertama, Anda harus memahami bagaimana program akan melakukan pemulihan. Seperti yang kita semua tahu, galeri sering disimpan dalam memori telepon internal atau eksternal perangkat. Ketika Anda menghapus foto, misalnya, data masih disimpan di dalam perangkat tetapi hanya disembunyikan kecuali akan diganti atau ditimpa. Baca juga: Cara Menghapus History Maps Google Sekaligus di hp Android.

Semua foto yang dihapus tetap berada di dalam perangkat sampai Anda mengambil foto baru dan itu akan menimpa ruang konten yang dihapus. Yang berarti bahwa ketika Anda menemukan bahwa foto-foto itu hilang, berhenti melakukan aktivitas apa pun di perangkat sampai pemulihan selesai.

Ini hanya untuk menghindari timpa data. Mulai mencari pemulihan data yang paling andal yaitu FoneDog Toolkit-Android Data Recovery dan mulai prosesnya. Pertama, Anda harus download dan menginstal FoneDog Toolkit-Android Data Recovery segera dan ikuti langkah-langkah untuk memulihkan foto yang dihapus dari galeri di bawah ini:

Langkah 1. Luncurkan Aplikasi di Komputer dan Sambungkan Android
Pertama, Anda perlu download dan menginstal program FoneDog Toolkit-Android Data Recovery dan kemudian meluncurkan perangkat lunak dan menghubungkan ponsel Android menggunakan kabel USB.

Tunggu hingga perangkat lunak mendeteksi koneksi secara otomatis. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menghubungkan ponsel ke komputer, Anda mungkin perlu menginstal driver tertentu yang diperlukan sebelum memulai pemulihan. Anda dapat mengikuti petunjuk tentang cara melakukannya.

Langkah 2. Aktifkan USB Debugging di Android
Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan USB debugging pada ponsel Android dengan mengacu pada versi perangkat lunak perangkat Anda. USB Debugging hanya melakukan koneksi stabil antara dua perangkat (Komputer dan ponsel Android).

Untuk mengaktifkan USB debugging pada Android 4.2 dan di atasnya.
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Buka Tentang Ponsel.
  • Ketuk Nomor Build Tujuh kali atau hingga Anda melihat pesan ‘Anda Seorang Pengembang’.
  • Kembali ke Pengaturan.
  • Ketuk Opsi Pengembang.
  • Aktifkan USB Debugging.
Untuk versi Android yang berjalan pada 4.1 dan lebih rendah:
  • Luncurkan Pengaturan di perangkat Android.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Opsi Pengembang.
  • Aktifkan USB Debugging.
  • Ketuk OK pada layar komputer untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
Berikutnya lanjut ke tahap ketiga di bawah ini. Baca juga: Cara Update Android 9.0 Pie di Xiaomi Mi A1.

Langkah 3. Pilih Jenis File Galeri untuk Dipulihkan di Android
Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih file yang ingin Anda pindai dan dikembalikan. Temukan galeri di bawah kategori Media dan tandai semua file yang diinginkan. Klik ‘Next’ untuk melanjutkan.

Langkah 4. Pindai, Pratinjau, dan Pulihkan Galeri
Seluruh pemindaian akan memakan waktu cukup lama tergantung pada jumlah total data yang dipulihkan oleh FoneDog Toolkit-Android Data Recovery.

Ini akan menampilkan kemajuan pemindaian di layar untuk menjaga ponsel Anda tetap terhubung dan harus memiliki masa pakai baterai yang cukup untuk mendukung. Setelah berhenti, Anda sekarang dapat melihat tampilan semua kategori di sisi kiri layar program sementara Anda dapat melihat item yang dipulihkan di sebelah kanan.

Anda dapat memfilter penelusuran dengan beralih pada ‘only display deleted item/s’. Tandai item galeri yang Anda butuhkan untuk pemulihan selektif atau Anda dapat memilih untuk memilih semua item yang dipulihkan dan mengunduhnya.

Buat tujuan folder di komputer Anda untuk semua item yang dipulihkan lalu klik tombol "Recover" di bagian bawah layar.

Sekian informasi yang dapat Admin sampaikan mengenai tata cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri. Semoga dengan ini Anda bisa menemukan foto yang terhapus di Android Anda. Baca juga: Daftar Hp OPPO Yang Mendapatkan Update Android 9.0 Pie.