7 Cara Screenshot Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus

Cara Screenshot Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus -- Bagaimana cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus? Memiliki banyak cara screenshot merupakan opsi yang sangat menguntungkan jika Anda mengalami kendala dengan salah satu cara screenshot yang pernah Anda ketahui. Namun jika Anda sudah menguasai sedikit cara screenshot terhadap hp Android jangan sampai Anda melupakannya. Baca juga: Cara Root Samsung Galaxy J6 Tanpa PC.

Cara Screenshot di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus

Lalu, Bagaimana Cara Screenshot di Samsung Galaxy S10 jika Anda masih belum mengetahuinya. Sebelum kita membahasnya lebih jauh ada baiknya Anda mengenal  tentang Samsung Galaxy S10 terlebih dahulu. Samsung Galaxy S10 hadir dengan aspek rasio layar 18:9 dengan SUPER AMOLED q HD Resolution. Anda bisa mengambil foto meski berada langsung di bawah cahaya matahari. Hal ini karena Samsung Galaxy S10 akan meningkatkan Brightness layar secara otomatis. Meski fitur tersebut sudah ada di Samsung Galaxy Note 9 namun di Galaxy S10 itu nampak lebih berbeda. 

Trend layar 18:9 sebenarnya sudah Samsung mulai di Galaxy S8 dan S8 Plus lalu mengusungnya di Galaxy S9 dan S9 Plus beberapa bulan lalu. Dari kesemuanya berdampak pada layar yang nyaris tanpa bezzel. Bahkan Flagship Samsung tersebut juga merombak dan menghapus tombol capacitive touch navigation. Dengan begitu maka lokasi Fingerprint Scanner dipindahkan ke belakang ponsel.

Itulah sedikit mengenai Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus. Daripada pembahasan berada di luar topik maka langsung saja segera baca tutorial cara screenshot Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus seperti berikut ini.

Cara Screenshot di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus dengan Tombol

Ini merupakan cara tradisional mengambil screenshot di Galaxy S10. Anda dapat melakukan cara screenshot ini sebenarnya hampir di semua hp Android. Anda hanya harus menekan tombol power dan tombol volume turun selama beberapa detik dan bersamaan. Ketika layar berkedip maka screenshot di Galaxy S10 dan S10 Plus sudah berhasil. Anda bisa melihat hasil screenshot ini di galeri hp. Baca juga: 13 Tips dan Trik Menggunakan Kamera Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Cara Scroll Screenshot / Screenshot Panjang di Galaxy S10 dan S10 Plus

Samsung Galaxy S10 memiliki fitur tambahan kecil untuk menangkap layar. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengambil screenshot panjang di Galaxy S10. Misalnya saat Anda ingin menangkap layar panjang saat melakukan percakapan atau membaca situs website. Fitur ini bernama Scroll Capture.

Scroll Screenshot di Galaxy S10 akan membantu Anda untuk menangkap informasi yang cukup panjang dan menjadikannya satu gambar saja. Nah bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya berikut penjelasannya.
  • Ketuk tombol power dan volume turun.
  • Selanjutnya ketuk Scroll Capture. Terus tekan bagian tersebut hingga bagian layar terakhir.
Nah begitulah cara screenshot panjang di Galaxy S10 dan S10 Plus.

Cara Mengaktifkan Smart Capture di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus

Fitur scroll capture dapat Anda pakai untuk edit dan draw pada hasil tangkapan layar, memotong pada tangkapan layar dan fitur berbagi hanya dapat terlihat jika Anda mengaktifkan Smart Capture. Yang merupakan salah satu fitur tercanggih dari Samsung S10. Untuk mengaktifkannya caranya adalah:
  • Untuk Mengaktifkan Smart Capture: Tarik ke bawah Notification Bar dan buka Pengaturan.
  • Kemudian Ketuk Advanced Features >> Smart Capture >> Enable Smart Capture.
Nah kita lanjut tutorial selanjutnya. Baca juga: Masalah Umum di Samsung Galaxy S9 dan S9+.

Cara Screenshot Samsung Galaxy S10 dengan Gesture

Kini Flagship Samsung memang sudah sangat canggih, Anda dapat menangkap layar Galaxy S10 hanya dengan gerakan tangan Anda. Untuk melakukannya yang harus Anda lakukan hanyalah menggeser tepi telapak tangan dari kanan ke tepi kiri hp Anda. Dengan begitu maka screenshot layar Galaxy S10 dapat dilakukan dengan gesture screenshot.

Namun ingat ini sangat berbeda dengan scroll capture. Jadi jangan screenshot S10 dengan gesture jika berada di laman sebuah situs dan Anda mau menangkapnya secara utuh. Anda hanya dapat melakukan normal screenshot dengan cara ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Palm Swipe di Galaxy S10

Untuk mengaktifkan palm swipe untuk screenshot layar Samsung S10 caranya adalah masuk >> Advanced Features >> Palm Swipe to  Capture >> Enable. Ingat, Anda tidak dapat menggunakan palm swipe ini saat keyboard layar menyala sehingga jika Anda berada di dalam pesan teks dan keyboard Anda muncul di sana maka fitur ini tidak akan dapat berfungsi untuk mengambil screenshot Galaxy S10.

Cara Screenshot di Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus dengan Bixby

Anda kini dapat melakukan screenshot Samsung Galaxy S10 dengan bantuan tombol Bixby. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa tekan dan tahan Tombol Bixby agar dapat memunculkan perintah melalui Bixby dan katakan "ambil screenshot". Jika memakai bahasa Inggris katakan Take Screenshot.

Cara Screenshot Galaxy S10 dengan Smart Select

Anda dapat mengambil tangkapan layar Samsung Galaxy S10 dengan bantuan Edge Panel. Edge Panel ini memiliki satu bagian yang bernama Smart Select. Nah dari sana Anda akan menemukan banyak opsi screenshot layar Galaxy S10.
  • Gesek dari tepi Layar untuk Membuat Edge Panel Terlihat. 
  • Sekarang geser ke kanan atau ke kiri sampai Anda melihat Menu Smart Select. 
  • Anda bisa memilih model screenshot berbeda dari sini, ada rectangle screenshot, oval screenshot, atau Animation GIF.
Demikian semua hal mengenai cara screenshot Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus. Semoga saja Anda siap menghadapi kehebatan flagship Samsung terbaru ini. Sekian. Baca juga: Cara Screenshot Layar Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Nrimo ing Pandum. Ngabekti maring Gusti. Tumindak ala bakal oleh Piwalese. Amin