13 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di ASUS Zenfone 5Z

Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di ASUS Zenfone 5Z -- Asus Zenfone 5Z adalah salah satu ponsel mid-range paling kompetitif yang tersedia di Indonesia seperti yang sekarang. Untuk harga awal 6,3 juta, ASUS 5Z menawarkan chipset Snapdragon 845 octa-core, sejumlah besar RAM berkualitas baik dan penyimpanan, perangkat lunak intuitif, dan kinerja kamera yang cukup baik. Baca juga: Cara Screenshot ASUS Zenfone 5Z.

Fitur Trik Tersembunyi di ASUS Zenfone 5Z

Tetapi Anda mungkin tahu semua itu sekarang. Jika Anda berencana membeli Asus Flagship baru atau telah membelinya, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan Zenfone 5Z. Silahkan simak semua tips dan trik fitur tersembunyi di ASUS Zenfone 5 berikut ini.

Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di ASUS Zenfone 5Z (Zen UI 5.0)

Ada 13 tips dan trik ASUS Zenfone 5Z yang dapat Anda maksimalkan agar mendapatkan sejumlah fitur menarik di Zenfone 5z. Adapun semua tips dan trik fitur tersembunyi tersebut adalah seperti di bawah ini. Baca juga: Tips dan Trik Pengaturan Kamera ASUS Zenfone 5Z.

Kustomisasi Display Zenfone 5z

Ada banyak opsi penyesuaian tampilan yang tersedia di ZenUI 5.0.

Pilih Display Gamut: Buka Settings>>Display>> Splendid. Dari sini, Anda dapat memilih gamut Wide Color dalam ‘Color Mode’ jika Anda lebih memilih warna dan standar yang cerah dan jenuh jika Anda ingin warna yang tersembunyi.

Auto color temperature: Meskipun sudah cukup puas dengan titik putih default pada layar Zenfone 5Z, Anda juga dapat mengaktifkan opsi 'Auto color temperature' untuk lebih memastikan bahwa tampilan lampu pada mata Anda dengan perubahan dalam kondisi pencahayaan sekitar tidak mengganggu Anda.

Hide Notch: Jika Notch bukan masalah Anda, Anda dapat pergi ke settings>>display dan ‘Hide the notch’.

Aktifkan Smart Screen: Smart Screen adalah fitur AI yang membuat layar tetap terjaga saat Anda melihatnya, bahkan jika Anda belum menyentuh atau berinteraksi dengan layar untuk waktu tidur yang disetel.

Gunakan Face Unlock Untuk Melihat Notifikasi di Lock Screen

Selain Membuka kunci ponsel Anda, Anda dapat menempatkan Face Unlock pada Zenfone 5Z untuk penggunaan lain yang lebih baik. Pada sebagian besar ponsel Android, Anda harus memilih antara menampilkan pemberitahuan Anda di layar kunci atau tidak (atau menyembunyikan informasi sensitif). Dengan Zenfone 5Z, Anda dapat mengaktifkan opsi untuk menampilkan pemberitahuan hanya ketika ponsel mendeteksi wajah Anda. Ini nyaman dan aman pada saat yang bersamaan.

Ketuk Pada Status Bar Untuk Memperluasnya

Zenfone 5z memiliki kedudukan yang lebar, yang berarti ada ruang yang lebih kecil untuk melihat sistem dan pemberitahuan aplikasi. Juga, bilah status dan ikon sistem diletakkan secara acak di ruang yang tersedia. Untuk memeriksa pengaturan sistem penting atau ikon Aplikasi yang mendorong pemberitahuan, Anda cukup mengetuk di mana saja pada bilah Status untuk Menguraikannya. Anda juga dapat menggesek ke bawah pada sensor sidik jari di bagian belakang untuk menurunkan bayangan pemberitahuan.

Pengaturan Kamera ASUS Zenfone 5Z

Ada beberapa trik menggunakan kamera Zenfone 5Z seperti di bawah ini.

Portrait Mode: Zenfone 5Z memiliki mode potret yang sangat baik untuk kamera depan dan belakang. Anda dapat membuka mode potret dengan mengetuk ikon di bar bagian atas untuk mengambil foto dalam mode bokeh di ASUS Zenfone 5z.

Pin a Mode: Sebagian besar dari kita memotret dalam mode Auto. Namun, jika Anda sering beralih ke mode pemotretan lain seperti mode Pro, Mode Beauty, atau mode GIF, Anda dapat menyematkannya ke jendela bidik Anda dengan menekan lama ikon mode.

Beautify in Video Calls: Cukup buka aplikasi Selfie Master di laci aplikasi dan Anda dapat menggunakan percantik langsung dalam panggilan video dan video langsung yang Anda buat di aplikasi pihak ketiga populer seperti YouTube, Facebook, dan Whatsapp.

Make a GIF: Asus Zenfone 5Z juga memiliki mode GIF yang dapat Anda gunakan untuk memotret GIF ekspresif. Anda dapat menyeret berbagai mode keluar dengan menggesekkan di tepi kiri jendela bidik.

Jalankan Dual Apps di Zenfone 5Z

Seperti kebanyakan antarmuka khusus saat ini, ZenUI 5.0 juga memiliki opsi untuk menjalankan aplikasi ganda. Buka saja Settings>> Advanced>> Twin Apps. Hanya beralih pada aplikasi yang ingin Anda gunakan dengan dua akun terpisah dan ikon terpisah akan ditambahkan untuk hal yang sama.

One Hand Mode di Zenfone 5Z

Untuk mengoperasikan Zenfone 5Z dengan nyaman hanya dengan satu tangan, Anda juga dapat mengaktifkan 'One Hand Mode'. Untuk melakukannya, buka Settings>>Additional Features  dan gulir ke bawah ke 'One Hand Mode' dan hidupkan. Setelah diaktifkan, Anda cukup mengetuk tombol beranda dua kali untuk beralih ke mode satu tangan. Anda kemudian dapat mengubah ukurannya dan menyeretnya ke kiri atau tepi kanan (dengan menggunakan bilah judul). Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan ubin pengaturan cepat untuk beralih ke mode satu tangan.

Gesture di Zenfone 5Z

Untuk mengakses gerakan pada Zenfone 5Z, Anda dapat mengakses Zenmotions dari Settings>>Additional settings. Anda juga akan menemukan opsi fingerprint gesture di menu yang sama. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk membangunkan dan mematikan layar dengan double dan swipe, dan Anda juga dapat mengaktifkan opsi untuk menggambar huruf di layar kunci untuk membangunkan dan meluncurkan aplikasi tertentu secara langsung. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan ‘Draw‘ C ’untuk meluncurkan kamera’ dan langsung melompat ke gambar pemotretan (bahkan tanpa membuka kunci ponsel).

Tombol Recent Apps Untuk Multi-Tasking dan Screenshot Layar Zenfone 5z

Dengan ZenUI 5.0, Anda dapat menggunakan recent apps key untuk meluncurkan multi-window atau untuk menangkap screenshot layar juga. Pilihannya tersembunyi jauh di dalam pengaturan. Buka Settings>>Advanced dan cari opsi ‘Screenshot’ di bawah ‘Quick Actions’. Sekarang ketuk 'Recent Apps Key' dan putuskan apa yang perlu Anda lakukan.

Fitur AI Beauty

AI saat ini adalah salah satu frasa yang paling sering digunakan dalam domain teknologi dan Asus juga membundelkan banyak fitur AI dalam ZenUI 5.0. Sekarang, kepatutan terkait penggunaan frase 'AI' masih bisa diperdebatkan, tetapi beberapa fitur ini cukup berguna.

Anda dapat mengakses semua fitur AI di satu tempat dari Settings>>Advanced>>AI features. Anda dapat menggunakan opsi Optiflex untuk memprogram aplikasi tertentu, aplikasi yang sering Anda gunakan, untuk membuka lebih cepat. Pengisian daya AI dapat digunakan untuk pengisian dalam semalam yang lebih aman dan untuk pengisian yang lebih aman dan lebih lambat saat baterai Anda sudah memiliki cukup daya di dalam baterai.

Akses Profil Baterai

Asus Zenfone 5Z hadir dengan profil baterai berbeda yang dapat Anda gunakan dengan cerdas untuk memperpanjang jarak tempuh Anda. Jika Anda tanpa sadar beralih ke profil hemat daya dan mengalami jaringan yang dinonaktifkan setelah layar ponsel tidur, Anda dapat memperbaikinya dari sini dengan beralih ke profil 'Normal'.

Untuk mengelola kinerja baterai dengan lebih baik, buka Settings>> Battery>> Power Master. Dari sini, Anda dapat mengakses mode baterai. Anda juga dapat mengakses mode baterai dari pengaturan cepat.

Zenmoji

Dan ya, Asus Zenfone 5Z juga memiliki Zenimoji, yang merupakan versi animoji atau emoji AR dari Asus. Anda dapat mengakses Zenimoji dari aplikasi terpisah. Mereka tidak berfungsi dengan baik, tetapi Anda masih dapat menggunakannya untuk membuat stiker animasi pilihan Anda yang nantinya dapat digunakan di berbagai pesan dan aplikasi lain. Anda juga dapat menambahkan Zenimoji ke latar belakang alas tombol telepon (Buka Phone app>> Settings>> personalization).

Call Recording di Zenfone 5Z

Anda dapat merekam panggilan dari layar dial pada Zenfone 5Z. Dan untuk mengakses panggilan yang direkam ini, buka aplikasi Telepon (dialer). Sekarang ketuk pada menu tiga kali lipat di kanan atas dan pilih rekaman panggilan.

Mode Game di Zenfone 5z

Jika Anda menyukai game, ZenUI 5.0 juga memiliki mode permainan yang rumit. Dari sini, Anda dapat memutuskan aplikasi di mana Anda ingin menggunakan bilah alat game, aplikasi tempat Anda ingin menyiarkan langsung permainan Anda dan banyak lagi.

Bilah alat game meluas dari tombol di bilah navigasi dan memiliki beberapa opsi praktis. Anda dapat mengaktifkan dan mengelola Game Genie dari Settings>> Advanced..

Ini adalah beberapa fitur ZenUI 5.0 terbaik yang harus Anda ketahui. ZenUI baru cukup mudah untuk dinavigasi dan Anda tidak akan kesulitan menemukan opsi khusus yang Anda cari. Demikianlah semua paparan mengenai tips dan trik fitur tersembunyi di ASUS Zenfone 5Z Terbaru. Baca juga: Cara Hard Reset ASUS Zenfone 5Z.