Tidak Bisa Memulai Kamera Samsung Galaxy S7, Begini Solusinya

Solusi Tidak Bisa Memulai Kamera Samsung Galaxy S7 -- Samsung dengan bangga berbicara tentang kamera ketika mereka meluncurkan Galaxy S7. Tidak diragukan lagi, banyak dari Anda yang membeli telepon berharap untuk mengambil foto selfie yang bagus dan merekam video-video hebat. Tapi itu bisa membuat frustasi ketika Anda ingin mengabadikan momen dan semua yang tersisa adalah pesan di layar yang mengatakan "Peringatan: Kamera gagal" atau “Warning: Camera failed”. Baca juga: Cara Menghapus Cache di Hp Samsung Semua Tipe.

cara mengatasi tidak bisa memulai kamera galaxy s7

Sekarang Anda tidak memiliki pilihan untuk melakukan apa pun selain menutup kamera dan mencoba membukanya kembali dengan harapan kesalahan itu akan hilang dengan sendirinya. Sementara peringatan datang sepanjang waktu untuk beberapa pengguna, pengguna lain telah memperhatikan bahwa kesalahan itu terputus-putus.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memulai Kamera Samsung Galaxy S7

Ada beberapa solusi mengatasi jika kamera Galaxy S7 tidak bisa dimulai atau gagal terus-menerus. Silahkan coba tips dan trik Galaxy S7 di bawah ini:

Solusi 1: Mulai Ulang / Restart Kamera

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menyadari masalah ini muncul, maka ini adalah hal pertama yang harus Anda coba. Nyalakan kembali kamera Anda dan semoga peringatan telah pergi.

Solusi 2: Nonaktifkan Smart Stay dan Nyalakan Ulang Hp Anda

Jika memulai ulang kamera tidak menyelesaikan masalah, restart telepon Anda untuk memperbaiki masalah. Terkadang menyalakan ulang ponsel dapat membantu memperbaiki masalah. Namun sebelum memulai ulang ponsel, nonaktifkan fitur smart stay. Karena smart stay juga menggunakan kamera untuk mendeteksi wajah pengguna, ketika Anda mencoba menggunakan kamera depan ponsel, Anda mungkin berakhir dengan peringatan. Untuk menonaktifkan smart stay, ketuk ikon Aplikasi dari layar Utama dan cari “Settings” dan ketuk di atasnya. Sekarang ketuk "Display" dan ketuk "Smart Stay". Matikan itu dengan menyentuh tombol dan kemudian restart telepon Anda. Baca juga: Baterai Samsung Galaxy S9 Tidak Bisa Dicharge, Ini Solusinya.

Solusi 3: Bersihkan Cache dan Data untuk Kamera Serta Galeri

Cache dan data untuk kamera dan galeri tidak akan mempengaruhi foto yang disimpan ke perangkat Anda. Menghapus cache dan data untuk keduanya akan membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan kamera. Untuk menghapus cache dan data ikuti langkah berikut:
  • Pergi ke pengaturan.
  • Ketuk aplikasi dan kemudian pada manajer aplikasi.
  • Gesek ke tab yang menampilkan ‘Semua’ aplikasi.
  • Cari aplikasi Galeri dan Force Close.
  • Lalu sentuh Storage dan ketuk pada clear cache dan hapus data
  • Hapus cache dan data
Ikuti langkah yang sama untuk menghapus cache dan data untuk aplikasi Kamera juga.

Solusi 4: Bersihkan Partisi Cache

Jika langkah di atas tidak menyelesaikan masalah kamera Samsung Galaxy S7 yang gagal untuk Anda maka ada kemungkinan bahwa beberapa cache korup aplikasi lain dapat menyebabkan kesalahan. Untuk menghapus partisi cache sistem sehingga semua aplikasi dapat membuat file baru, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Matikan telepon.
  • Tekan dan tahan tombol Home dan Volume Up secara bersamaan dan kemudian tekan dan tahan tombol power.
  • Lepaskan tombol power ketika layar Samsung Galaxy S7 muncul tetapi tetap menahan tombol home dan volume
  • Setelah logo Android muncul di layar ponsel Anda, lepaskan semua tombol. Diperlukan waktu 30 detik hingga satu menit agar telepon Anda menampilkan layar berikutnya dengan opsi tersebut.
  • Gunakan tombol volume untuk menavigasi ke opsi yang menyoroti "hapus partisi cache"
  • Tekan tombol power untuk memilih opsi dan gunakan tombol volume lagi untuk menyorot ya dan tekan tombol power untuk memilihnya
  • Setelah ini selesai, pilih "Reboot system now" dan tekan tombol power untuk me-restart telepon Anda
  • Ponsel membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya untuk reboot.
Jika menghapus partisi cache tidak memperbaiki masalah, maka disarankan untuk membawa telepon Anda ke toko tempat Anda membelinya, atau hubungi operator Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai tidak bisa memulai kamera Galaxy S7. Semoga saja Anda bisa mengatasinya. Jangan lupa Anda baca artikel terkait lainnya karena admin masih punya banyak artikel relevan lainnya. Baca juga: Tips dan Trik Fitur Tersembunyi Galaxy J7 Duo.